Cara Memasang Intalasi Listrik Rumah yang Benar – Sekarang tiap rumah tentu sangat membutuhkan aliran listrik. Mengapa demikian? karena listrik bagi sebuah rumah adalah kebutuhan mendasar karena listrik sebagai penerangan dimalam hari. Kegunaan listrik untuk menyalakan perlengkapan rumah tangga yang berupa barang elektronik, yang dengan peralatan tersebut bisa membantu pekerjaan manusia. Di bawah ini langkah-langkah memasang instalasi listrik rumah dengan dasar, antara lain :
Cara Memasang Intalasi Listrik Rumah yang Benar


1. Pelajari Denah Rumah

Pertama yang kita lakukan dalam mempersiapkan pemasangan instalasi listrik adalah Anda harus mengetahui denah rumah. Maksud denah rumah untuk mengetahui dimana tempat atau kemungkinan dimana Cara Memasang Meteran Listrik box sekring atau box MCB, letak penempatan lampu, letak penempatan sakelar serta letak stop kontak (SC). 

Tahap ini Anda akan mendapatkan gambaran saluran instalasi listrik yang akan Anda buat. Cara ini bertujuan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kesalahan yang akan terjadi saat melakukan pemasangan instalasi listrik, dan tidak akan terlalu banyak membuang-buang waktu untuk memperbaiki kembali kesalahan saluran instalasi tersebut.

2. Menyiapkan Peralatan Instalasi

Siapkan peralatan instalasi yang bagus, meskipun harganya agak mahal, tapi demi keamanan dan kenyamanan listrik dalam rumah Anda. Selain itu, siapkan juga meteran listrik, kabel, steker, colokan dll.

Baca Juga Instalasi Dasar Listrik pada Rumah

Seain di atas, yang perlu Anda siapkan obeng, beberapa jenis tang, silet atau pisau, gunting kecil, gergaji besi, tape rol, hingga betel dan palu. Sebaiknya juga kita menyiapkan test pen. Mengetes alat instalasi yang terpasang alat ini sangat berguna, atau pada saat memperbaiki instalasi listrik. Untuk pengamanan diri, maka Anda juga sebaiknya menyiapkan sarung tangan.

3. Memilih Pengaman

Instalasi listrik pasti dan harus ada pengamannya, maka pengaman itu sendiri dapat berupa sekering atau MCB. Pengaman ini masing-masing juga mempunyai box sendiri-sendiri yaitu box sekering atau box MCB. Sekering dan MCB (sirkuit pemutus) memiliki fungsi mengamankan arus listrik apabila terjadi permasalah listrik pada rumah Anda. Pengaman pertama sekering bekerja lebih cepat memutuskan listrik bila terjadi gelombang listrik yang bermasalah.

Kelemahan sekering adalah dengan mengetahui cara kerjanya, fungsi sekering akan melelehnya potongan logam didalamnya sehingga dapat memutuskan listrik, menyebabkan sekering tersebut hanya bisa digunakan sekali. Ketika logam dalam sekering sudah terputus, maka harus diganti dengan sekering baru. Sehingga hal ini sedikit dapat membuat lebih boros.

4. Menyiapkan Kabel NYM Dan Kabel BC

Kabel ini sangat penting sekali yaitu kabel NYM 3×4 mm2 dan kabel BC 6 mm2. Kabel NYM sendiri berfungsi untuk menghubungkan KWH meter (sumber listrik). Hampir rata-rata, kita tidak menempatkan kotak pengaman dan sumber listrik secara berjauhan. 

Baca Juga Dasar-Dasar Instalasi Listrik

Kondisi ini kemungkinan disebabkan karena harga kabel ini yang terbilang mahal. Selain kabel NYM terdapat juga kabel BC. Fungsi kabel ini menghubungkan sumber listrik dengan batang arde. Antara sumber listrik dan batang arde sendiri juga biasanya diletakkan berdekatan. Kemungkinan juga disebabkan karena harga kabel yang juga mahal.

5. Memahami Warna Kabel Dalam Instalasi Listrik

Mengetahui cara yang benar menyambung kabel listrik dengan berbagai warna kabel sangat membantu pada proses pengerjaan intalasi listrik dengan baik. Tujuannya untuk mengurangi kemungkinan kesalahan pemasangan kabel dalam Cara menyambung Kabel Listrik. Kadang ini seperti hal yang sepele. 

Tapi, tujuan memahami serta menyeragamkan pemasangan kabel sesuai warna agar bagi pemsang instalasi, cara tersebut menjadi patokan mendasar. Jadi apabila setelah Anda menyambung kabel instalasi listrik dengan anjuran warna yang benar, maka ketika ada orang lain yang kebetulan melakukan perbaikan pada instalasi tersebut, dirinya juga akan dengan mudah memahami pasangan dari kabel tersebut.

6. .Menyiapkan Pipa Conduit

Pipa conduit merupakan pipa pelindung yang digunakan untuk melindungi kabel yang digunakan dalam memasang instalasi listrik. Pemasangan pipa tersebut bertujuan untuk pengamanan apabila terjadi kecelakaan, supaya tidak terjadi konsleting ketika pembungkus kabel terkelupas. Pipa ini juga melindungi kabel dari tikus, karena biasanya hewan pengerat ini suka sekali mengerat pembungkus kabel. Dengan adanya pipa ini kabel jadi terlindungi. Kelebihan lainnya, pipa ini sangat membantu Anda dalam melihat jalur instalasi serta melindungi diri Anda terhadap kecelakaan kerja.

7. Pemasangan Kabel Instalasi

Pemasangan kabel merupakan bagian terpenting dalam sebuah instalasi listrik. Sebaiknya pemasangan kabel ini dilakukan oleh orang yang berpengalaman atau ahlinya. Biasanya cara pemasangan kabel ini dilakukan mulai dari hal- hal yang sederhana, kemudian baru pemasangan kabel yang rumit. Sebuah instalasi listrik dirumah bila pemasangannya benar, bisa menjadikan Anda aman dan nyaman dalam memakai listik dirumah.

Kesimpulan : Demikian yang dapat kami bagikan tentang Cara Memasang Intalasi Listrik Rumah yang Benar. Dalam memasang instalasi listrik pada rumah tentunya tidak sekedarnya saja. Instalasi listirk rumah jika pemasangannya tidak benar akan berpengaruh pada arus listrik dalam rumah yang dengan itu bisa berpengaruh pada tagihan listrik yang harus nda keluarkan tiap bulannya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

ARTIKEL TERKAIT

Jadilah komentator pertama!

Kebijakan Komentar
Emoticon
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
}D
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
$-)
(y)
x-)
(l)
Penggunaan Tag & Gambar di Komentar
Menggunakan PRE (block element)
[pre] ... [/pre]

Menggunakan CODE (block element)
[code] ... [/code]

Memasukkan IMG (gambar)
[img src='...'/]

Catatan:
  • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
  • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
  • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
HTML Parser
Input:
Output: