Mengenal Rangkaian Motor Listrik Secara Lengkap

Motor listrik
Motor atau motor listrik adalah perangkat yang membawa salah satu kemajuan terbesar di bidang teknik dan teknologi semenjak penemuan listrik. motor tidak lain hanyalah perangkat elektro mekanis yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanis. Its karena motor, kehidupan seperti sekarang ini di abad ke-21. Tanpa motor kita masih tinggal di Era Sir Thomas Edison dimana satu-satunya tujuan listrik adalah menyalakan lampu. Ada berbagai jenis motor yang telah dikembangkan untuk keperluan spesifik yang berbeda.
Dengan kata sederhana kita bisa mengatakan bahwa alat yang menghasilkan gaya rotasi adalah motor.Prinsip dasar berfungsinya motor listrik terletak pada kenyataan bahwa gaya dialami pada arah tegak lurus terhadap medan magnet dan arus, saat medan dan arus dibuat untuk berinteraksi satu sama lain.
Baca Juga pengertian listrik statis dan rumus
Sejak penemuan motor, banyak kemajuan telah terjadi dalam bidang teknik ini dan telah menjadi topik yang sangat penting bagi insinyur modern. halaman web khusus ini mempertimbangkan, fakta yang disebutkan di atas dan memberikan deskripsi rinci tentang semua motor listrik utama dan bagian otomotif yang digunakan di era sekarang.

Klasifikasi atau Jenis Motor
Klasifikasi utama motor atau jenis motor dapat ditabulasikan seperti ditunjukkan di bawah ini,
Rangkaian Motor listrik
Sejarah Motor
Pada tahun 1821 ilmuwan Inggris Michael Faraday menjelaskan konversi energi listrik menjadi energi mekanik dengan menempatkan konduktor arus yang ada di medan magnet yang mengakibatkan putaran konduktor akibat torsi yang dihasilkan oleh aksi saling arus listrik danbidang.

menjawab dgn tangkasberdasarkan prinsipal mesin yang paling primitif, mesin DC (Direct Current) dirancang oleh ilmuwan Inggris William Sturgeon lainnya pada tahun 1832. Namun, modelnya terlalu mahal dan tidak digunakan untuk tujuan praktis apapun. Kemudian pada tahun 1886 motor listrik pertama ditemukan oleh ilmuwan Frank Julian Sprague. Itu mampu berputar pada kecepatan konstan di bawah rentang beban yang bervariasi, dan dengan demikian berasal dari aksi mengemudi.

INDEKS

● Motor DC

● Motor sinkron

● 3 Induksi Induksi Motor

● 1 Motor Induksi Fasa

● Jenis Khusus Motor


Di antara empat klasifikasi dasar motor di atas motor DC seperti namanya, adalah satu-satunya yang didorong oleh arus searah. Ini adalah versi motor listrik yang paling primitif dimana torsi berputar dihasilkan karena aliran arus melalui konduktor di dalam medan magnet.
Semua sisanya adalah motor listrik AC, dan didorong oleh arus bolak-balik, misalnya motor sinkron, yang selalu berjalan pada kecepatan sinkron. Di sini rotor adalah magnet elektro yang secara magnetis dikunci dengan medan magnet stator yang berputar dan berputar dengannya. kecepatan mesin ini bervariasi dengan memvariasikan frekuensi (f) dan jumlah tiang (P), seperti Ns = 120 f / P.

Di motor AC tipe lain dimana medan magnet berputar memotong konduktor rotor, maka beredar arus yang diinduksi pada konduktor rotor arus pendek ini. Karena interaksi medan magnet dan arus sirkulasi ini, rotor mulai berputar dan melanjutkan rotasinya. Ini adalah motor induksi yang juga dikenal sebagai motor asinkron yang berjalan pada kecepatan yang lebih rendah daripada kecepatan sinkron, dan torsi yang berputar, dan kecepatan diatur oleh variasi slip yang memberi perbedaan antara kecepatan sinkron Ns, dan kecepatan kecepatan rotorNr,
rangkaian motor listrik

Ini berjalan yang mengatur prinsip induksi EMF karena kerapatan fluks yang bervariasi, maka nama mesin induksi datang. motor fase tunggal seperti fase 3, dijalankan oleh prinsip induksi emf karena fluks, namun satu-satunya perbedaannya adalah, ia berjalan pada suplai fasa tunggal dan metode awalnya diatur oleh dua teori yang mapan, yaitu teori medan Berganda Berganda dan Teori lapangan silang.

Terlepas dari empat tipe dasar motor yang disebutkan di atas, ada beberapa jenis motor listrik khusus seperti motor induksi linier (LIM), motor stepper, motor servo dll dengan fitur khusus yang telah dikembangkan sesuai kebutuhan industri atau untuk khususnya gadget tertentSeperti penggunaan motor histeresis di tangan jam tangan karena kekompakannya.
rangkaian motor listrik

Thursday, November 30, 2017 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar