Instalasi Penerangan Listrik

Instalasi Penerangan Listrik - Instalasi penerangan adalah suatu rangkaian beberapa komponen listrik dari sumber ke beban yang saling berhubungan satu sama lainnya secara listrik, yang terletak pada suatu tempat atau ruangan tertentu. Instalasi ini berupa titik cahaya sehingga terbentuklah suatu sistem yang mempunyai fungsi. Adapun fungsi dari sistem ini adalah untuk penerangan. 

Instalasi Penerangan Listrik


Komponen Instalasi Penerangan Listrik


Rangkaian instalasi penerangan terdiri dari beberapa komponen listrik yang saling terhubung dari sumber listrik ke beban yang terletak pada suatu tempat ataupun ruangan tertentu. Instalasi penerangan umumnya di rangkai dari beberapa titik cahaya sehingga dapat terbentuk suatu sistem yang mempunyai fungsi untuk menerangi suatu tempat. Berikut komponen-komponen instlasi penerangan listrik, antara lain :

1. MCB(Miniature Circuit Breaker)

Alat pengaman arus lebih adalah pemutus sirkit mini yang selanjutnya disebut MCB. MCB ini memproteksi arus lebih yang disebabkan terjadinya beban lebih dan arus lebih karena adanya hubungan pendek. Begitu juga prinsip dasar bekerjanya yaitu untuk pemutusan hubungan yang disebabkan beban lebih dengan relai arus lebih seketika digunakan electromagnet.

2. Fitting lampu

Fitting lampu adalah komponen listrik yang berfungsi untuk menempatkan lampu dengan kawat hantaran instlasi secara aman.

3. Stop kontak

Stop kontak adalah suatu piranti dalam instalasi listrik sebagai alat penghubung beban dengan sumber listrik. Jenis stop kontak di pasaran ada 2 jenis, yaitu stop kontak 1 fasa dan stop kontak 3 fasa.

4. Sakelar

Fungsi sakelar sebagai piranti untuk menghubung atau memutuskan arus listrik dari sumber ke pemakai(beban).

5. Steker atau staker

Steker atau staker atau sering disebut juga colokan listrik/tusuk kontak, karena memang berupa dua buah colokan berbahan logam dan merupakan alat listrik yang berfungsi untuk menghubung alat listrik dengan aliran listrik,ditancap pada kenal stp kontak sehingga alat listrik itu dapat digunakan.

6. Kotak sekering

Kotak sekering merupakan bagian awal dari suatu instalasi rumah/bangunan, sebab mulai dari bagian inilah yang menjadi tanggung jawab pemborong instalasi(Biro Teknik Listrik).Fungsi kotak sekering adalah sebagai tempat pembagi listrik disamping sebagai pengaman dalam instalasi rumah/bangunan.

7. Pipa

Manfaat pipa pada instalasi adalah untuk melindungi pemasangan kawat penghantar dengan pemasangan pipa akan diperoleh bentuk instalasi yang baik dan rapih. Jenis Pipa Pelindung :
  • Pipa UNION
  • Pipa PVC atau Paralon
  • Pipa fleksibel

8. Kabel

Yang berada dipasaran, kabel memiliki isolasi baik dari karet maupun dari plastik. Dengan berbagai bentuk dan ukuran. Selain isolasi juga dilengkapi semacam perisai sebagai pengamanan terhadap tekanan mekanis. Jenis penghantar yang sering dipergunakan pada jaringan instalasi rumah tinggal, kantor dan bangunan sejenisnya dengan pasangan tetap. Diantaranya :

a. Kabel NYA
  • Pemasangan harus dalam pipa pelindung.
  • Tidak boleh dipasang langsung menempel pada plesteran atau kayu, ditanam langsung kedalam tanah, harus dilindungi dengan pipa pelindung.
  • Kabel NGA dan NYA, boleh digunakan didalam perlengkapan hubung bagi peralatan listrik ( PHB).
  • Tidak boleh dipasang diruang basah. Dialam terbuka.serta ditempat dengan resiko kebakaran.
  • Boleh dipasang dengan menggunakan isolator, cara pemasangannya diusahakan ada jarak bebas minimum 1 cm terhadap dinding dan bagian lain dari bangunan konstruksi.
Baca Juga Fakta dan Manfaat Listrik Bagi Kehidupan Manusia Sehari-hari

b. Kabel NYM
Kabel NYM ini pada umumnya terdiri dari beberapa buah kabel yang banyak disesuaikan dengan kebutuhan misalnya berisi dua atau tiga kabel jenis NYA. Istilah NYM mempunyai arti sebagai berikut :
  • N : Normal artinya penghantar terbuat dari tembaga.
  • Y : Isolasi PVC. Yaitu Polyvynyl Chlorida.
  • M : Artinya selubung kabel terbuat dari PVC.
  • 3 x 2,5 mm2 : artinya kabel tersebut mempunyai 3 penghantar yang masing-masing berukuran 2,5 mm2.
c. Kabel NGA
  • Boleh dipasang langsung menempel pada tembok atau dinding lainnya juga di ruangan lembab serta ditempat dengan resiko bahaya kebakaran dengan menggunakan klem dan jarak 25 cm.
  • Boleh dipasang langsung pada bagian-bagian lain dari bangunan, asalkan cara pemasangannya tidak merusak selubung luar kabel.
  • Tidak boleh dipasang atau ditanam didalam tanah.
d. Kabel NYHGbY

Intensitas penerangan harus ditentukan di tempat dimana kerjanya dilakukan. Bidang kerja umumnya di ambil 80 cm diatas lantai. Bidang kerja ini mungkin sebuah meja atau bangku kerja, atau juga suatu bidang horizontal khayalan, 80 cm diatas lantai. Intensitas penerangan yang diperlukan ikut ditentukan oleh berat pekerjaan yang harus dilakukan. Juga panjangnya waktu kerja mempengaruhi intesitas penerangan yang diperlukan.

Kesimpulan


Demikian penjelasan tentang Instalasi Penerangan Listrik, dimana instalasi penerangan adalah suatu rangkaian beberapa komponen listrik dari sumber ke beban yang saling berhubungan satu sama lainnya secara listrik, yang terletak pada suatu tempat atau ruangan tertentu. Semoga bermanfaat.

Sunday, August 26, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar