Fakta dan Manfaat Listrik Bagi Kehidupan Manusia Sehari-hari

Fakta dan Manfaat Listrik - Sumber energi listrik merupakan energi yang paling mudah untuk diubah menjadi energi lain. Oleh karena itu, energi ini paling banyak digunakan oleh manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, listrik telah menjadi kebutuhan dan kehidupan manusia. Bahkan saat ini, semua hampir bergantung dengan listrik untuk penggunaan listrik dalam kehidupan sehari-hari. bahkan tidak hanya memberikan energi untuk kehidupan, ternyata listrik juga mempunyai beberapa fakta unik. 

Fakta dan Manfaat Listrik Bagi Kehidupan Manusia Sehari-hari


Sumber arus listrik tentu memiliki banyak manfaat bagi kehidupan, bayangkan saja ketika tidak ada manfaat enegri listrik yang mengalir di suatu tempat. Pasti tempat itu akan mengalami kesulitan. Era seperti sekarang ini sangat penting adanya arus listrik. 

Fakta dan Manfaat Listrik Dalam Kehidupan Sehari-Hari 


Lalu, apa saja fakta listrik di Indonesia dari fungsi listrik tersebut? Dan apa saja manfaat listrik? Simak penjelasan dibawah ini.


A. Fakta Energi Listrik


Berikut fakta unik listrik, yakni: 
  • Dikatakan bahwa Thomas Alfa Edison yang menemukan energy listrik, namun perlu diketahui sebenarnya Benjamin franklin lah yang pertama kali menemukannya. Hanya saja, Benjamin tidak mampu mengkonversi litrik menjadi energy. Thomas Alfa Edison membangun power plant pertama kali pada tahun 1882 di New York.
  • Benjamin Franklin melakukan penelitian listrsik di abad ke 18 dan kemudian menciptakan alat penangkal petir. Cara kerja penangkal perit yaitu mengalirkan arus petir ke grounding.
  • Di tahun 1880'an terjadi "pertarungan" antara Thomas Edison (penemu arus DC) dan Nikola Tesla (penemu arus AC). Mereka ingin penemuan mereka diaplikasikan pada penggunaan listrik yang lebih luas, dan "pertarungan" ini dimenangkan oleh Thomas Edison, karena terbukit arus DC jauh aman dan dapat digunakan pada jarak yang lebih jauh.
  • Pada tahun 1896  Listrik diperkenalkan di Ethiopia setelah Kaisar Menelik II memesan dua kursi listrik yang baru untuk hukuman mati dan setelah kursi tersebut datang. Namun lucunya, ia baru sadar ternyata kursi itu tidak ada gunanya karena belum ada listrik di negaranya.
  • Slavisa Pajkic adalah manusia listrik dari Serbia. Ia juga pemilik rekor Guinness World dua kali. Seorang pajkic tubuhnya bisa menjadi isolator, konduktor dan akumulator listrik. Tidak itu saja, dia juga manusia pemanas. Pajkic dapat menahan tegangan tinggi tanpa merasa kesetrum seperti layaknya manusia biasa. Dalam sebuah video YouTube, ia menunjukkan kemampuannya menyalakan bola lampu dengan tubuhnya. Dia bahkan memasak sosis dengan menggunakan energi yang tersimpan dalam tubuhnya.
  • Mengacu pada data Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia/Indonesian Coal Mining Association (www.apbi-icma.org), dari 1,2 miliar orang di dunia yang belum mendapatkan akses listrik 49 Juta dari Indonesia. Akibatnya, konsumsi listrik perkapita Indonesia hanya 0,8 MWh, dan ini termasuk yang terendah di ASEAN dan sekitarnya, dibanding Thailand 2,3 MWh, Malaysia 4,4 MWh, dan Singapura 8,1 MWh.
  • Ternyata sudah ada Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang ramah lingkungan. Salah satunya PLTU Cirebon Power yang telah menggunakan Clean Coal Technology (CCT) alias teknologi batu bara bersih yang mampu menekan emisi, dengan konsumsi batubara menjadi sumber energi. Bahkan CCT ini bisa dikatakan sebagai masa depan kelistrikan Indonesia.
  • Biaya operasi PLTU batubara 30 lebih rendah dibandingkan sistim pembangkit listrik yang lain. Nah, di negara kita sendiri sebagai salah satu penghasil batubara dunia, Indonesia memiliki cadangan batubara hingga 32,3 milyar ton. Dengan cadangan sebesar itu, tentu bisa menjadi andalan tambahan energi yang sangat vital untuk negara kita.
 Baca Juga Cara Menghubungi Call canter PLN

B. Manfaat Sumber Arus Listrik Bagi Kehidupan Manusia


Adapun manfaat listrik, yakni:
  • Sebagai penerangan
Tersedianya sumber arus listrik maka penerangan akan di dapatkan. Penerangan seperti lampu tentu membutuhkan sumber arus listrik sehingga penerangan atau lampu bisa menyala. Berhubung adanya penerangan atau lampu tentu dalam melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari akan lebih mudah. hampir sama dengan manfaat matahari 

Sumber energi

Selain berfungsi sebagai penerangan, arus listrik juga berfungsi sebagai sumber energi. Karena listrik sangat penting bagi kehidupan manusia untuk menunjang akvitas sehari-hari.

Membantu fungsi alat elektronik

Kalau tidak ada adanya arus listrik maka alat elektronik tidak dapat berfungsi dengan maksimal, kecuali alat elektronik yang menggunakan energi baterai. Namun, untuk mengisi energi baterai pun tetap membutuhkan sumber arus listrik untuk tetap bertahan. Untuk itu sumber arus listrik memang sangat memiliki manfaat yang banyak untuk kehidupan sehari-hari. Bagaimana segala sesuatu yang berkaitan dengan manfaat sosial media.

Penghasil gerak

Arus listrik dapat menghasilkan gerak. Seperti layaknya kipas angin, kipas angin tidak akan dapat bergerak tanpa adanya aliran arus listrik. Dengan adanya listrik maka kipas dapat bergerak. Inilah mengapa salah satu manfaat sumber arus listrik disebutkan sebagai penghasil gerak. 

Penghasil panas

Sama halnya dengan ilustrasi dari kipas. Berkat adanya arus listrik, maka panas dapat dimunculkan, seperti fungsi oven, magic com, magicjer, dan lain sebagainya yang membutuhkan fungsi sumber arus listrik sebagai penghantar panas. Karena demikian alat elektronik yang semacam itu akan dapat digunakan dengan baik dan sebagaimana mestinya.

Membantu aktivitas

Dalam melakukan aktivitas keseharian tentu tidak dengan mudah terlepas dari benda-benda elektronik. Sebagai ilustrasi saja, ketika ingin menghubungi seseorang membutuhkan handphone untuk melakukan panggilan jarak jauh tersebut, namun jika kondisi handphone habis baterainya dan tidak ada sumber arus listrik maka kegiatan yang semacam itu tidak dapat berjalan. Hal inilah dibutuhkan sumber arus listrik untuk memperlancar dan membantu aktivitas-aktivitas dalam kehidupan sehari-hari sehingga aktivitas itu akan lebih mudah dilakukan dan lebih efektif serta efisien.

Penutup


Itulah penjelasan tentang fakta dan manfaat listrik dalam kehidupan sehari-hari. Fakta energi listrik dan manfaat sumber energi listrik untuk menunjang berbagai akvitas anda seperti penggunaan alat-alat rumah tangga, kantor, serta gadget.

Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan Anda mengenai fakta dan manfaat listrik. Jangan lupa share dan komnetar kalau artikel ini dianggap bermanfaat.


Tuesday, February 20, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar