Sejarah listrik, Penemu dan Perkembangannya

Sejarah listrik, Penemu dan Perkembangannya - Banyak sekali kegunaan dan manfaat yang bisa kita dapatkan dengan adanya listrik seperti adanya cahaya di malam hari, Adanya televisi, adanya komputer, dan hampir semua peralatan di era teknologi seperti sekarang ini tidak terlepas dari yang namanya listrik. Sekarang penggunaan listrik sangatlah melekat pada masyarakat, bahkan listrik seolah menjadi bagian yang penting untuk kehidupan, rasanya sangatlah mengesalkan dan sangatlah terganggu bila alus listrik sedang terjadi gangguan, bahkan bila ditiadakannya lsitrik akan terjadi protes keras.

Sejarah listrik, Penemu dan Perkembangannya


Listrik adalah sebuah penemuan yang paling berguna buat kehidupan manusia, bayangkan jika sampai saat ini tidak ada penemuan listrik. pasti hidup kita tidak berbeda dengan kehidupan beberapa abad silam.

Menurut catatan sejarah, listrik mulai ada ketika dibangunnya pembangkit listrik komersial di Indonesia adalah di Gambir-Jakarta dan disusul kota - kota besar lainnya seperti Medan tahun1899, Surakarta tahun 1902, Bandung tahun1906, Surabaya tahun 1912, dan Banjarmasin tahun1922. Dan semua pembangkit listrik ini umumnya menggunakan tenaga thermis.

Perkembangan listrik komersial di Indonesia dari waktu ke waktu semakin pesat, yang mulanya menggunakan tenaga thermis, kemudian dibangunlah  pembangkit - pembangkit listrik tenaga air, mengingat kondisi alam Indonesia yang banyak sungai -sungai dengan debit air yang cukup besar, sehingga secara berangsur - angsur pembangkit listrik tenaga thermis beralih ke tenaga air.

Adapun pembangkit listrik yang menggunakan tenaga air telah dioperasikan tahun 1917 yaitu di Giringan - Madiun, kemudian PLTA Tes di Bengkulu pada tahun 1920, PLTA Plengan di Priangan atau Jawa Barat pada tahun 1922, dan PLTA Bengkok serta PLTA Dago kedua - duanya berada di Bandung Utara tahun 1923.

Mengetahui Sejarah listrik, Penemu dan Perkembangannya


Nama penemu listrik menurut sejarah dan orang yang pantas mendapat julukan sebagai "bapak listrik" adalah Michael Faraday Anda bisa melihat siapa beliau seperti yang di terangkan di wikipedia, karena usaha dan penemuannya menjadi sangat berguna dan membawa kebaikan dan kemudian mempengaruhi kehidupan semua orang yang ada didunia. 

Dulu Michael Faraday bekerja hanya sebagai pencuci botol saja, tetapi karena gigihnya dalam belajar dalam waktu singkat Faraday berhasil membuat sebuah penemuan baru hasil kreasi sendiri. Penemuannya itu berupa dua senyawa kloro-karbon dan membuat gas klorin seta gas lainnya menjadi cair.  Karena kepintaran nya itu, Faraday bisa berhubungan dengan ahli-ahli ternama lain seperti Andre Marie Ampere. 
Baca Juga Cara Mengetahui Daya Listrik Serta Ilmu Kelistrikan
Ia juga diajak oleh Davy untuk keliling Eropa bersama-sama, ia mulai meningkatkan ilmu pengetahuan teori dan praktis. Yang memiliki pengaruh besar pada pemikiran-pemikiran Faraday yang menghasilkan penemuan listrik ialah Humphry Davy.  Oersted sudah memecahkan bahwa jarum dari kompas magnet umumnya bisa beralih bila aliran listrik mengalir dikawat yang tidak saling menjauhi selama 2 tahun,. Sebuah doktrin temuannya, bila magnet di dekatkan, yang berjalan adalah kawat, dimana kawat bakal secara berkelanjutan memutar berapit dengan magnet selama aliran listrik masih mengalir di kawat. 

Motor listrik Faraday diciptakan yang pertama didunia, yaitu sebuah rangkaian pertama yang memakai aliran listrik sebagai sumber penggerak benda. Pertama kali 1821 temuan Michael Faraday yang merupakan seorang ilmuwan otodidak, mulai dikenal namanya. Dilewatinya sebuah magnet oleh potongan kawat, maka aliran listrik masuk ke kawat, yang kemudian magnet nya berjalan pada tahun 1831. Adanya temuannya tersebut telah diakui menjadi gerbang utama menuju era modern kelistrikan. Kondisi tersebut dinamai Pengaruh elektromagnetik. temuannya ini diberi nama “Hukum Faraday”. 

Temuannya merupakan sebuah temuan yang penting dan awal mula sejarah penemuan listrik. karena Hukum Faraday mempunyai makna besar dengan pemahaman teoritis tentang elektromagnetik. dan elektromagnetik dipakai oleh fararaday ketika membuat dinamo listrik untuk pertama kalinya. 

Era perkembangan listrik, ketika terjadi perang dunia II berlangsung perkembangan listrik, perusahaan-perusahaan listrik tersebut dikuasai oleh Jepang dan setelah kemerdekaan Indonesia, tanggal 17 Agustus 1945, perusahaan-perusahaan listrik tersebut direbut oleh pemuda-pemuda Indonesia pada bulan 09- 1945 dan diserahkan kepada Pemerintah Republik Indonesia.  Presiden Soekarno pada Oktober 27 tahun 1945 membentuk Jawatan Listrik dan Gas, dengan kapasitas pembangkit tenaga listrik saat itu sebesar 157,5 MW. Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang mengelola tenaga listrik dan Perusahaan Gas Negara (PGN) yang mengelola gas dengan kapasitas pembangkit tenaga listrik PLN sebesar 300 MW, yang dulunya BPU-PLN

Pada tanggal 1 Januari tahun 1961 gas dan listrik dipindahkan ke BPU-PLN (Badan Pimpinan Umum Perusahaan Listrik Negara) yang bergerak di bidang listrik, gas dan kokas. Perusahaan Listrik Negara sebagai Perusahaan Umum Listrik Negara (PLN), Pemerintah Indonesia pun statusnya ditetapkan pada tahun 1972. PLN ditetapkan sebagai pemegang kuasa usaha ketenagalistrikan melalui peraturan Pemerintah No.17 tahun 1990. Adanya kewenangan pemerintah kepada sektor swasta untuk bergerak dalam bisnis penyediaan tenaga listrik pada tahun 1992. Bulan Juni 1994 status PLN dialihkan dari Perusahaan Umum menjadi Perusahaan Perseroan (Persero).

Penutup


Demikian penjelasan mengenai sejarah listrik yang mencakup mulai dari penemu listrik hingga perkembangan listrik hingga sekarang ini. Serta sejarah perkembangan listrik di Negara tercinta Indonesia. 
Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda mengenai Sejarah listrik, Penemu dan Perkembangannya dan semoga dapat menambah wawasan Anda. Jangan lupa share artikel ini kalau dianggap bermanfaat. 

Thursday, February 15, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar