Tips Tepat Menghemat Listrik Agar Pengeluaran Anda Menjadi Teratur

Tips Tepat Menghemat Listrik Agar Pengeluaran Anda Menjadi Teratur

Penggunaan listrik saat ini sudah hal yang lazim ditemukan. Walaupun memang masih ada sebagian tempat yang wilayahnya belum teraliri oleh listrik. Penggunaan listrik di zaman modern saat ini juga dapat menimbulkan masalah tersendiri bagi penggunanya apabila berlebihan dalam menanggapinya.
Tagihan listrik yang meningkat seharusnya membuat anda semakin selektif dalam menggunakan sumber daya ini. Bagaimana tidak? Penggunaan yang berlebih dan tidak teratur akan membuat budget keuangan anda dapat bermasalah.

Apalagi, tarif dasar listrik selama setahun atau “PDL” akan melonjak naik setiap saat. Belum lagi beberapa item atau alat yang juga mengkonsumsi listrik secara berlebih. Membuat rancangan keuangan anda menjadi membludak.

Tips dan Trik Mengatur Keuangan Dengan Menjaga dan Mengelola Penggunaan Listrik!
Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki atau meminimalisir tagihan listrik yang anda miliki. Untuk mengurangi pengeluaran anda selama penggunaan listrik berlangsung, berikut penulis memberikan solusi ala pribadi penulis.


Tips Tepat Menghemat Listrik Agar Pengeluaran Anda Menjadi Teratur.

1. Menggunakan Listrik Saat Diperlukan.

 

Saat anda menggunakan listrik. Penting untuk anda menjaga dan mengatur penggunaan listrik dirumah anda atau dikantor anda dengan bijak. Karena agar pembayaran listrik anda tidak meningkat. Sudah banyak cara serta panduan tepat dalam mengurangi tagihan listrik yang dapat anda baca di Google.

Dan salah satu solusinya adalah dengan menggunakan listrik sesuai keadaan dan kondisi yang tepat. Terlebih banyak orang yang menggunakan listrik dengan kondisi yang tidak sesuai, seperti menyalahkan lampu saat disiang hari ataupun menggunakan televisi tetapi tidak menontonya.
Hal seperti ini akan berdampak buruk bagi kesehatan dompet anda!

2. Biasakan Melepas Colokan Kabel Jika Tidak Digunakan.

 

Terlebih barang-barang elektronik yang menguras daya listrik secara besar. Seperti televisi, komputer ataupun alat-alat lainnya. Walaupun tidak digunakan apabila colokannya masih menyambung dengan listrik maka ini akan membuat daya listrik anda terkuras tanpa digunakan.
Perlu anda ketahui bahwa kalau media tertentu yang terhubung dengan aliran listrik walaupun sedang tidak digunakan. Tetap saja akan mengkonsumsi listrik. Walaupun tidak besar! Selama masih terhubung dengan aliran listrik, konsumsi akan terus berjalan.

3. Menggunakan AC Secukupnya.


Penggunaan AC dalam jangka waktu yang panjang dapat meningkatkan penggunaan listrik anda selanjutnya. Hal ini yang membuat tanggungan listrik kian hari kian membengkak. Karena penggunaan daya listrik yang tinggi membuat penggunaanya sangat boros.
Jadi gunakanlah Air Conditioners “ AC “ secara bijak. Anda dapat menggunakan angin alam jika ingin memberikan hawa sejuk didalam rumah anda. Tips ini selain menghemat listrik juga memberikan efek positif bagi kesehatan anda pribadi.

4. Ganti Lampu Rumah Anda Dengan Lampu LED!

 

Gunakan lampu LED “ Light Emitting Dioda “ karena, lampu jenis ini dapat menghemat energi, tidak cepat panas dan menghasilkan warna yang terang. Artinya, Lampu jenis ini rendah dalam menggunakan daya listrik.
Walaupun murah, bukan berarti lampunya murahan bukan? Lampu ini cocok untuk tempat yang tidak begitu luas dan pas untuk kantong anda.

5. Hindari Penggunaan Listrik! Alihkan Dengan Sumber Daya Alam!


Untuk menghemat keuangan anda, anda dapat mencoba beralih dari penggunaan energi listrik ke sumber daya alam. Bukan tanpa sebab, hal ini dapat cenderung membuat anda untuk belajar dalam mensyukuri alam ini dan juga menghemat penggunaan listrik.
Agar hemat dalam penggunaan listrik!
Kesimpulan.

Tips, trik, panduan serta solusi ini adalah murni dari sudut pandang penulis. Bagaimana dengan anda? Hal mana kah yang menguras penggunaan listrik dirumah tangga anda / kantor anda?

Thursday, December 28, 2017 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar