GAS INSULATED SWITCHGEAR (GIS)

Apa itu Gas Insulated Substasion (GIS)? GIS merupakan sebagai rangkaian beberapa peralatan yang terpasang didalam sebuah metal enclouser dan diisolasi oleh gas bertekanan. GIS saat ini banyak di gunakan karena memberikan keandalan serta keamanan yang tinggi,di samping itu GIS membutuhkan ruang yang lebih kecil di bandingkan dengan switctgear yang konvensional. Pada umumnya gas bertekanan yang digunakan adalah sulfur hexaflouride (SF6).

GAS INSULATED SWITCHGEAR (GIS)

GIS memiliki keandalan yang tinggi karena bagian-bagian yang bertegangan (konduktor) di dalam sebuah lapisan metal yang di isolasi oleh gas SF6 yang memiliki kekuatan dielektrik hampir 2,3 kali udara yaitu sebesar 8,9 KV / mm.

GIS menggunakan Gas SF6 ( Sulfur Hexafluoride )sebagai media isolasi, menjadikannya sebagai sebuah teknologi yang maju dan telah banyak dipakai di banyak gardu untuk melayani kebutuhan listrik dimulai tahun 1960. Kemudian pada tahun 1930-an, digunakanlah gas untuk pertama kalinya sebagai media isolasi , dimana Freon merupakan gas pertama yang dipakai saat itu . 

Pemasangan gardu 550 kV GIS di Kanada dengan kapasitas pemutusan tertinggi yang pernah dicapai senilai 100 kA itulah dasar sejarah yang kemudian membuat semakin berkembangnya teknologi GIS. Maka adanya gardu 765 kV GIS di Afrika Selatan dan bahkan baru – baru ini adanya gardu 1000 kV GIS di Jepang. Maka digunakanlah gas SF6 sebagai media untuk mengisolasi sistem tegangan tinggi pada GIS, ketika bermunculan teknologi untuk menghasilkan Gas SF6, yang kemudian mulai diperkenalkan ke pasaran pada tahun 1968 sebagai pemadam busur api dan media isolasi.

Berdasarkan hasil kajian PLN dan mengacu pada hasil kajian Konwledge Sharing and Research (KSANDR) Belanda, GIS dibagi menjadi 5 subsistem berdasarkan fungsinya, yaitu : 

a. Subsistem Primary
Subsistem primary yaitu untuk menyalurkan energi listrik dengan nilai losses yang masih diijinkan.
b. Subsistem Secondary
Subsistem secondary berfungsi men-trigger subsistem driving untuk mengaktifkan subsistem mechanical pada waktu tepat.
c. Subsistem Dielectric
Subsistem dielectric berfungsi untuk memadamkan busur api dan mengisolasikan active part.
d.Subsistem Driving mechanism
Subsistem driving mechanism adalah mekanik penggerak yang menyimpan energi untuk menggerakkan kontak utama (PMT, PMS) pada waktu yang diperlukan. Macam-macam driving mechanism terdiri dari :
  1. Pneumatic Merupakan penggerak yang menggunakan tenaga udara bertekanan.
  2. Hydraulic Merupakan penggerak yang menggunakan tenaga minyak hidrolik bertekanan.
  3. Spring Merupakan penggerak yang menggunakan energi yang disimpan oleh pegas. 

e.    Subsistem Mechanical

Subsistem mechanical merupakan peralatan penggerak yang menghubungkan subsistem driving mechanism dengan kontak utama peralatan PMT dan PMS untuk mentransfer driving energy menjadi gerakan pada waktu yang diperlukan
Pada saat sekarang ini dimana penilaian terhadap modal sebuah proyek didasarkan pada biaya total dari keseluruhan umur peralatan, menjadikan GIS bisa menjadi solusi yang lebih baik jika dibandingkan dengan AIS (Air Insulated Switchgear).

Komponen-Komponen GIS


GIS memiliki berbagai macam komponen dimana komponen-komponen tersebut memiliki fungsi dan tugas masing-masing dalam kerja GIS. Beberapa komponen umum yang ada pada GIS antara lain adalah :
  1. Pemutus Tenaga Adalah alat pemutus arus listrik pada rangkaian yang dibuat untuk melindungi sistem dari kerusakan akibat beban lebih ataupun hubung singkat.
  2. Saklar Pemisah (Disconnecting switch) Adalah alat pengamanan yang digunakan untuk memisahkan peralatan yang ada di gardu dari arus dan tegangan yang ada pada jaringan listrik, sehingga dapat dilakukan pemeriksaan atau perawatan pada gardu oleh operator dalam keadaan aman, dimana saklar pemisah baru dapat dioperasikan setelah pemutus tenaga pada kondisi terbuka, seperti yang ditunjukkan
  3. Trafo arus (Current transformer ) ialah peralatan yang digunakan untuk mengukur arus pada jaringan listrik gardu dimana Trafo Arus dapat digunakan sebagai peralatan pengukuran maupun proteksi
  4. Saklar Pembumian (Earthing switch) Adalah alat pengaman yang digunakan untuk membumikan peralatan – peralatan gardu induk selama proses perbaikan atau perawatan sehingga arus sisa yang masih ada di dalam alat-alat gardu disalurkan ke bumi untuk menjaga keselamatan operator.
  5. Trafo Tegangan (Voltage transformer ) Merupakan peralatan yang digunakan untuk mengukur tegangan pada jaringan listrik gardu dimana Trafo Tegangan dapat digunakan untuk pengukuran dan proteksi serta digunakan sebagai penyuplai tegangan pada peralatan relay proteksi yang ada pada gardu
  6. Rel Daya (Busbar) Merupakan bagian dari GIS sebagai titik pertemuan atau penghubung dengan transformator-transformator tenaga.
  7. Sambungan kabel
  8. Panel control 

Kesimpulan


Itulah penjelasan tentang Gas Insulated Switchgear (Gis). Pada beberapa klasifikasi umum GIS dapat dibedakan yaitu: berdasarkan jumlah fasa per tabung, berdasarkan lokasi instalasi, dan berdasarkan jenis penggerak yaitu penggerak motor, hydraulic, pneumatic, dan spring. Sekian dan terima kasih.

Friday, April 06, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar