Instalasi Tenaga Listrik - Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik. Ada dua jenis muatan listrik, yaitu muatan listrik negatif dan positif. Suatu benda bermuatan listrik negatif jika kelebihan elektron, dan bermuatan listrik positif jika kekurangan elektron. Instalasi tenaga listrik ialah pemasangan komponen-komponen peralatan listrik untuk melayani perubahan energi listrik menjadi tenaga mekanis dan kimia.

Instalasi Tenaga Listrik

Berikut syarat-syarat instalasi tenaga listrik, antara lain:
  1. Syarat ekonomis instalasi listrik tenaga harus dibuat sedemikian rupa sehingga harga dari keseluruhan instalasi itu, ongkos pemasangan, dan ongkos pemeliharaannya semurah mungkin. Rugi tegangan maksimal 5 % dari tegangan sumber. Rugi daya listrik yang hilang harus sekecil mungkin,
  2. Syarat keandalan menyatakan bahwa kelangsungan pemberian/pengaliran arus listrik kepada beban/konsumen pemakai listrik harus terjamin secara baik. Instalasi tenaga listrik harus memang direncanakan sedemikian rupa sehingga kemungkinan/terhentinya aliran listrik adalah sangat kecil.
  3. Syarat keamanan instalasi listrik tenaga harus dibuat sedemikian rupa sehingga kemung-kinan timbul kecelakaan sangat kecil. Yang dimaksud dengan aman berarti tidak membahayakan keselamatan jiwa manusia, terjaminnya peralatan dan benda-benda di sekitarnya dari kerusakan akibat adanya gangguan seperti, gangguan hubung singkat, gangguan beban lebih, gangguan tegangan lebih, dan sebagainya.
Selain itu, klasifikasi keandalan beban instalasi tenaga listrik, antara lain:
  1. Beban dengan keandalan biasa, apabila aliran listrik terhenti tidak begitu membahayakan dan merugikan.
  2. Gampang diperluas, bahwa instalasi listrik harus direncanakan pula perluasan beban agar tidak begitu sukar jika diperlukan.
  3. Beban yang memerlukan keandalan sangat tinggi, karena terhentinya aliran listrik mungkin dapat menyebabkan kematian atau kecelakaan.
  4. Beban yang memerlukan keandalan tinggi, dimana jika aliran listrik berhenti tidak menyebabkan kematian manusia, tetapi menyebabkan kerusakan pada beban atau menyebabkan kerugian yang sangat besar.
  5. Mutu terjamin, yang dalam hal ini berarti bahwa konsumen mendapat aliran listrik sesuai dengan ukuran normal dari beban.
Arti khusus tujuan program keahlian teknik instalasi tenaga listrik ialah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten. Program keahlian teknik instalasi tenaga listrik bertujuan secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menjelaskan bahwa, pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.

Penerapan Teknik Tenaga Listrik

Menurut Zein Hermagasantos 1995, tenaga listrik sudah lazim digunakan oleh manusia semenjak listrik ditemukan. Saat ini dan masa yang akan datang tidak mungkin orang meninggalkan listrik. Dibawah ini adalah contoh penggunaan listrik, yaitu:

Baca Juga  Dasar-Dasar Instalasi Listrik

a. Lampu : untuk rumah, jalan, taman, projektor, flash, dan lain-lain.
b. Panas: masak, strika, dan lain-lain.
c. Komunikasi: radio, telepon, TV, komputer, dan lain-lain.
d. Tenaga listrik: pembangkit, blower, crene, transportasi, eskalator, lift, dan lain-lain.

Yang harus diperhatikan dalam menggunakan tenaga listrik ratting besaran-besaran listrik, seperti tegangan, frek, phasa untuk bolak-balik, dan tegang serta fakrot ripper untuk arus searah. Frekuensi umumnya digunakan di Indonesia (PLN) adalah 50 Hz, sehingga peralatan-peralatan yang ada harus disesuaikan dengan frek tersebut.

Kesimpulan

Demikian yang dapat kami jelaskan tentang Instalasi Tenaga Listrik. Instalasi Tenaga Listrik ialah pemasangan komponen-komponen peralatan listrik untuk melayani perubahan energi listrik menjadi tenaga mekanis dan kimia. Semoga bermanfaat.

RELATED POSTS

Be the first comentator!

Comment Policy
Emoticon
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
}D
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
$-)
(y)
x-)
(l)
Use of Tag & Image in Comments
Menggunakan PRE (block element)
[pre] ... [/pre]

Menggunakan CODE (block element)
[code] ... [/code]

Memasukkan IMG (gambar)
[img src='...'/]

Catatan:
  • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
  • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
  • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
HTML Parser
Input:
Output: