Kelebihan Dan Kekurangan Sutet Beserta Cara Mengatasinya

Kelebihan dan kekurangan sutet – Adanya SUTET PLN dapat menyalurkan energi listrik dari pusat pembangkit menuju pusat beban  (pelanggan) yang jarak Ratusan kolimeter dengan efisien. Apa itu SUTET ? SUTET adalah singkatan dari Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi dengan kekuatan 500 kV yang ditujukan untuk menyalurkan energi listrik dari pusat-pusat pembangkit yang jaraknya jauh menuju pusat-pusat beban sehingga energi listrik bisa disalurkan dengan efisien.
Kelebihan Dan Kekurangan Sutet Beserta Cara Mengatasinya

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jarman menjelaskan, bahwa ada banyak bahaya yang bisa ditimbulkan bila berada terlalu dekat dengan menara atau pun kabel SUTET, salah satunya ancaman tersengat listrik bertegangan tinggi.‎ Wilayah yang layak untuk dibangun saluran listrik ini sebenarnya sudah ditentukan. Sehingga ada istilah "Jarak Bebas Minimum", dimana tidak ada penduduk yang menetap atau tinggal di sekitar area tersebut.

Kelebihan Dan Kekurangan Sutet


Fungsi SUTET adalah untuk menyalurkan energi listrik dari pusat pusat pembangkit listrik menuju pusat pusat Beban atau Konsumen dengan cara yang Efisien. Isu bahaya menghuni rumah dekat Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) memang sudah lama diperbincangkan. Pemerintah sudah beberapa kali mengeluarkan peraturan terkait hal ini. Peraturan terkait jarak bebas minimum SUTET yang terakhir adalah Peraturan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Nomor 18 Tahun 2015. 

Secara umum dapat disimpulkan bahwa paparan medan elektromagnetik yang berasal dari SUTET 500 kV berisiko menimbulkan gangguan kesehatan pada penduduk, yaitu sekumpulan gejala hipersensitivitas yang dikenal dengan electrical sensitivity berupa keluhan sakit kepala (headache), pening (dizziness), dan keletihan menahun (chronic fatigue syndrome).

Alhasil pada saat ini, besarnya gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh SUTET telah membuat banyak orang yang ingin memiliki rumah tinggal yang sehat dan aman menghindari untuk membeli rumah atau bangun rumah dekat sutet apalagi yang berlokasi tepat di bawah SUTET. 

Bagaimana kelebihan dan kekurangan SUTET ?,Berikut penjelasannya, antara lain :

Kelebihan dari Sutet yaitu, dapat menurunkan tegangan yang tinggi menjadi rendah dan mempunyai ukaran yang tidak telalu besar sihingga dapat di ganti dengan yang baru di gardu induk. Sedangkan kekurangannya, yaitu hasil penelitian yang sangat memengaruhi pandangan masyarakat dunia tentang hubungan kanker otak pada anak dengan paparan (radiasi)  medan elektromagnetik adalah hasil penelitian Wertheimer dan Leper tahun 1979, yang sempat menggoncangkan dunia karena risiko negatif yang dilaporkannya.

Ada pula sebuah studi terkait dengan lokasi suatu bangun rumah dekat sutet yang dilakukan oleh Dr. Gerald Draper dan koleganya dari Chilhood Cancer Research Group di Oxford University dan Dr. John Swanson, penasehat sains di National Grid Transco, menemukan bahwa anak-anak yang tinggal kurang dari 200 meter dari jalur tegangan tinggi, saat dilahirkan memiliki risiko menderita leukimia sebesar 70 persen daripada yang tinggal dari jarak 600 meter atau lebih.

Lalu bagaimana cara mengatasi dampak dari Sutet ? Berikut cara mengatasi dampak Sutet, antara lain:

1. Plafon dan Atap


Pastikan rumah memiliki plafon untuk mmengurangi dampak radiasi elektromagnetik dari SUTET. Sedangkan untuk material atap, jangan gunakan bahan logam karena material ini termasuk penghantar listrik. Sebaiknya gunakan genteng keramik, asbes, PVC, bitumen atau sirap. Meletakkan antena dan talang yang terbuat dari seng juga sebaiknya dihindari.

2. Hindari Penggunaan Logam


Bahan logam pada jemuran juga sebaiknya diganti dengan material lain yang lebih aman. Pilih material tali atau kayu yang tidak menghantarkan listrik. Jika menggunakan jemuran berbahan logam, letakkan dibawah pohon untuk mereduksi risiko radiasi.

3. Sistem Grounding


Jika penggunaan atap berbahan logam dan peletakan antena di atap tidak terhindarkan, maka perlu dibuat sistem pertanahan (grounding). Secara sederhana, sistem grounding dibuat dengan menambahkan kabel menuju ke dalam tanah. Hal ini bertujuan untuk menetralkan kembali gelombang elektromagnetik yang dihantarkan benda logam.

4. Penghijauan


Perbanyak tanaman hijau terutama yang berupa pohon di sekitar rumah dekat SUTET. Pohon ini akan membantu mengurangi risiko radiasi gelombang elektromagnetik.

Baca Juga Proses Penyampaian Energi Listrik

5. Hindari Risiko


Hindari keluar rumah pada malam hari karena saat itu aliran listrik yang mengalir pada kawat SUTET mengalir lebih tinggi dibanding saat siang hari.

Kesimpulan : 


Demikian yang dapat kami bagikan tentang Kelebihan dan kekurangan sutet, dimana Kelebihan dari Sutet yaitu, dapat menurunkan tegangan yang tinggi menjadi rendah dan mempunyai ukaran yang tidak telalu besar sihingga dapat di ganti dengan yang baru di gardu induk. Sedangkan kekurangannya, yaitu hasil penelitian yang sangat memengaruhi pandangan masyarakat dunia tentang hubungan kanker otak pada anak dengan paparan (radiasi)  medan elektromagnetik adalah hasil penelitian Wertheimer dan Leper tahun 1979, yang sempat menggoncangkan dunia karena risiko negatif yang dilaporkannya. Semoga bermanfaat.

Sunday, November 11, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar