Mengenal Timer Listrik Theben dan Cara Settingnya Secara Lengkap

Mengenal Timer Listrik Theben danCara Setting - Mungkin untuk anda yang sebagian sudah tau apa kegunaan timer dan bagaimana cara kerjanya, Sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu timer theben, Sebenernya timer theben ini sama seperti timer-timer yang lainnya cuman ada perbedaan sedikit di kontaknya dan yang pasti berbeda dengan timer merk lainnya, karena timer (theben) ini lebih praktis cara settingnya untuk menyalakan dan mematikan otomatis di satu timer.

Bagi anda yang sudah sering menggunakan timer dan sudah tau cara kerjanya pasti lebih mengerti dan lebih tau bila menggunakan timer ini, karena lebih mudah dan lebih praktis untuk anda yang belom pernah menggunakan timer akan kami jelaskan cara settingnya.

Mengenal Timer (theben)


Anda bisa melihat bentuk timernya di gambar yang berada di bawah ini, agar anda bisa lebih mudah untuk belajar lebih lanjut untuk cara setting timer ini.
Mengenal Timer Listrik Theben dan Cara Settingnya Secara Lengkap
Seperti di atas contoh gambar timer theben tersebut, langsung saja kita ke cara settingnya sebagai contoh berikut.

Bila anda mempunyai lampu taman dan ingin membuat nyala dan mati otomatis seumpama jam nyala Jam 17:00 dan ingin mati secara otomatis di jam 07:00, coba anda perhatikan lagi ke gambar timer tersebut.

  • Angka 2 dan 3 menunjukan bahwa timer masih standar antara kontak No dan NC Nya
  • Angka 4 adalah sirip untuk menyeting timer
  • Angka 1 Sesuakan dengan keadaanya
  • Angka 2 dan 5 adalah untuk menyetel waktu yang sebenarnya
  • Angka 6 Untuk setting timernya  On / Off

Cara Setting Timer (Theben)


1. Tekan sirip ke dalam posisi sirip di angka no 4 dari angka 17 sampai angka 7 itu cara setting nyalanya lampu dari jam 17:00 sampai jam 07:00 
2. Menyesuikan jam sebenarnya dengan cara memutar seperti arah jam di gambar nomer 5 dan ada jarum kecil berwarna hitam dan cocokkan sama persis di saat anda menyeting timer
3. Bila anda ingin mematikan timer bisa langsung merubah On/off yang berada di gambar nomer 6

Berikut contoh untuk menyeting timer cukup mudahkan lebih mudah dan praktis di bandingkan dengan timer merk lain.

Baca Juga Rangkaian Dasar - dasar PLC

Penting !!! bila anda ingin menyeting timer anda harus melihat dulu beban arus lampunya bila terlalu besar anda bisa menggunakan relay atau kontrakror atau menggunakan alat lainnya biar timer lebih awet


Akhir kata


Demikian lah cara untuk menyeting timer (theben) anda bisa praktekan sendiri dan semoga penjelasan kami di atas cukup dan bermanfaat untuk anda yang membutuhkan cara untuk menyeting timer, bila ada yang kurang di mengerti bisa anda tanyakan langsung di kolom komentar di bawah ini.

Wednesday, November 14, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar