Ketahui Jarak Aman Bangun Rumah Dekat Sutet

Jarak Aman Bangun Rumah Dekat Sutet - Di Indonesia, SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi) didefinisikan sebagai saluran atau hantaran udara untuk mentransmisikan daya elektrik pada tegangan 500.000 Volt (500 kV). Tegangan setinggi ini diperlukan untuk menekan susut daya dan susut tegangan di saluran transmisi yang panjang. Tegangan ekstra tinggi 500 kV banyak dipakai di Eropa dan Asia. Tegangan ultra tinggi 765 kV dan 1.100 kV dipakai di Amerika dan Rusia. Pada tegangan yang sangat tinggi ini, saluran udara dipilih karena biaya konstruksinya jauh lebih murah dibanding bila menggunakan kabel bawah tanah.
Ketahui Jarak Aman Bangun Rumah Dekat Sutet

Kehadiran medan listrik dan medan magnet di sekitar kehidupan manusia tidak dapat dirasakan oleh indera manusia, kecuali jika intensitasnya cukup besar dan terasa hanya bagi orang yang hipersensitif saja. Medan listrik dan medan magnet termasuk kelompok radiasi non-pengion. Radiasi ini relatif tidak berbahaya, berbeda sama sekali dengan radiasi jenis pengion seperti radiasi nuklir atau radiasi sinar rontgen.

Berdasarkan hasil penelitian dari Wertheimer dan Leper pada tahun 1979 yang sempat mengejutkan dunia bahwa ada hubungan antara kanker otak pada anak dengan paparan medan elektrokmagnetik. Besarnya gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh SUTET membuat banyak orang yang menghindari untuk membeli rumah yang dekat dengan SUTET.

Medan Listrik di bawah jaringan dapat menimbulkan beberapa hal, antara lain :
  1. Menimbulkan suara/bunyi mendesis akibat ionisasi pada permukaan penghantar (konduktor) yang kadang disertai cahaya keunguan,
  2. Bulu/rambut berdiri pada bagian badan yang terpajan akibat gaya tarik medan listrik yang kecil,
  3. Lampu neon dan tes-pen dapat menyala tetapi redup, akibat mudahnya gas neon di dalam tabung lampu dan tes-pen terionisasi,
  4. Kejutan lemah pada sentuhan pertama terhadap benda-benda yang mudah menghantar listrik (seperti atap seng, pagar besi, kawat jemuran dan badan mobil).


Jarak Aman Bangun Rumah Dekat Sutet 


Direktorat Jenderal Ketenagalitrikan Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) menerbitkan Peraturan Menteri Nomor 18/2015 menggantikan aturan sebelumnya, yakni Peraturan Menteri ESDM Nomor 01.P/47/M.PE/1992 tentang ruang bebas dan jarak bebas minimum pada SUTET.

Ruang bebas yang dimaksud adalah area dengan jarak atau radius tertentu yang diukur dari tapak tiang SUTET yang harus terbebas dari bangunan apapun. SNI mempunyai pendapat yang berbeda dengan kepmen ESDM di atas mengenai jarak runag aman, yang dapat kita lihat dibawah ini :
Jarak bebas umum Vertikal dari konduktor dengan bangunan, yaitu 9 meter untuk SUTET.
Jarak bebas minimum horizontal dari sumbu menara, yaitu :
  1. 22 meter untuk SUTET 500 KV sirkit tunggal.
  2. 17 meter untuk SUTET 500 KV sirkit ganda.

Mendirikan bangunan dekat SUTET di luar radius zona bebas bangunan, yang diatur sebagai berikut:
  1. SUTT 55 KV jenis tiang baja memiliki ruang bebas 4 meter
  2. SUTT 66 KV jenis tiang beton memiliki ruang bebas 4 meter
  3. SUTT 66 KV jenis menara memiliki ruang bebas 7 meter
  4. SUTT 150 KV jenis tiang baja memiliki ruang bebas 7 meter
  5. SUTT 150 KV jenis tiang baja memiliki ruang bebas‎ 6 meter
  6. SUTT 150 KV jenis tiang beton memiliki ruang bebas 5 meter
  7. SUTT 150 KV jenis menara memiliki ruang bebas 10 meter
  8. SUTET 275 KV jenis Sirkit Ganda memiliki ruang bebas 13 meter
  9. SUTET 500 KV jenis Sirkit Tunggal memiliki ruang bebas 22 meter
  10. SUTET ‎500 KV jenis Sirkit Ganda memiliki ruang bebas 17 meter
  11. SUTTAS 250 KV memiliki ruang bebas 14 meter
  12. SUTTAS 500 KV memiliki ruang bebas 18 meter.

Baca Juga Fungsi Sutet Pada Sistem Transmisi Energi

Setiap aliran arus/tegangan listrik akan menimbulkan medan magnet/ listrik yang bila sangat besar dapat membahayakan.  Bahaya tersebut bisa berdampak bagi kesehatan maupun bagi lingkungan.
Berikut cara mengatasi bahaya radiasi SUTET, antara lain:

  1. Pasang langit-langit (plafon) di bawah atap rumah. 
  2. Hindari membangun rumah dekat area jaringan listrik tinggi. Jaga kesehatan keluarga anda, apalagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. 
  3. Gunakan lembaran logam sebagai atap rumah, sehingga terhubung dengan tanah.
  4. Hindari berada di luar rumah saat malam hari. 
  5. Tanam berbagai jenis bunga sebanyak mungkin di sekitar rumah.  Pepohonan hijau juga baik untuk mengurangi dampak buruk dari radiasi SUTET. 
  6. Tanamlah daun lidah mertua (sansivieria).  Selain mampu menyerap 107 polutan, radiasi yang berasal dari gelombang elektro magnetik pun dapat diserap olehnya.


Kesimpulan


Demikian yang dapat kami bagikan tentang Jarak Aman Bangun Rumah Dekat Sutet. Dimana jarak bebasa minimum horizontal dari sumbu menara, antara lain 22 meter untuk SUTET 500 KV sirkit tunggal dan 17 meter untuk SUTET 500 KV sirkit ganda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


Friday, January 04, 2019 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar