5 Tips Aman Menggunakan Android, 100% Anti Hack dan Malware!

android
Kecanggihan smartphone dan gadget lainnya kini memang sangat membantu para penggunanya. Ditunjang dengan sistem operasi mutakhir seperti Android, plus dibekali beragam aplikasi segala fungsi, kehidupan manusia kini jauh lebih mudah dan praktis.

Namun, satu hal penting kerap diabaikan para pengguna Android. Keamanan. Ya. Selama ini para pengguna seakan terlena dengan berbagai kemudahan dan keseruan yang ditawarkan Android. Mayoritas dari mereka baru akan menyadari pentingnya keamanan ketika sudah jadi korban hacking atau saat perangkatnya terjangkit virus.

Google selaku perusahaan pencipta dan pengembang Android sedang fokus mengupayakan keamanan para penggunanya, baik itu segala bentuk data maupun perangkat yang dimiliki. Lewat sebuah konferensi video di kantor Google Indonesia, Andrew Ludwig (Direktur Teknik untuk keamanan Android di Google) menyampaikan hal-hal penting terkait keamanan, hingga beberapa tips menggunakan Android dengan aman.

5 Tips Aman Menggunakan Android Langsung dari Google
 Ludwig menambahkan, status Android sebagai mobile platform terpopuler di dunia belum diimbangi dengan kesadaran penggunanya akan keamanan. Untuk itu, Ludwig menjelaskan mengenai tiga pilar kunci yang Google gunakan sebagai keamanan Android yaitu Robust Platform (pembersihan aktivitas mencurigakan), Comprehensive Services (menggunakan Google Play Protect) dan Ecosystem Guidance (update berkala).

Ludwig juga membagikan **lima tips penting untuk para pengguna Android agar aman **dalam menggunakannya dan terlepas dari risiko terkena hack dan malware. Berikut lima tipsnya:

1. Gunakan fitur Lockscreen
 Tips sederhana yang pasti kamu sudah tahu kegunaannya. Tapi tak jarang, masih banyak pengguna Android malas menggunakan fitur keamanan satu ini karena dirasa buang-buang waktu. Padahal, fitur lockscreen bisa dibilang gerbang pertama yang menghalangi niat jahat orang asing yang memegang smartphone kamu.

2. Pastikan Backup Data
 Makin jagonya skill yang dimiliki hacker sekarang pasti membuat kamu harus waspada karena data kamu bisa saja hilang dicuri kapan pun. Untuk itu, pastikan kamu selalu melakukan backup data yang kamu miliki ke perangkat atau media penyimpanan lain.

3. Download Aplikasi Hanya dari Store Resmi (Play Store)
 Kamu sering merasa aplikasi yang ditawarkan di Play Store kurang? Memang kamu bebas mencari alternatif lain untuk mencari berbagai aplikasi, tapi jangan salah, mendownload aplikasi dari sembarang tempat nyatanya sangat tidak aman untuk perangkat Androidmu. Risiko terjangkit virus pastinya jauh meningkat.

4. Aktifkan Google Play Protect dan Find My Device
 Menjadi satu fitur atau layanan yang diciptakan Ludwig dan timnya untuk meningkatkan keamanan para pengguna Android. Kamu patut mengaktifkan Google Play Protect dan Find My Device. Keduanya akan melakukan pengawasan (scanning) secara terus-menerus terhadap aplikasi smartphonemu. Jadi, akan langsung terdeteksi jika ada masalah atau gejala virus mencurigakan.

Selain itu, layanan Google Play Protect juga selalu mengupdate sistem keamanan terbaru untuk Android kamu, bahkan di setiap harinya. Kamu tak perlu lagi takut sistem keamanan kamu usang karena Google Play Protect akan memastikan kamu selalu mendapat sistem keamanan terbaru.

5. Aktifkan Verifikasi 2 Langkah

Terakhir, selalu lakukan verifikasi dua langkah untuk semua layanan Google yang kamu gunakan. Selain bisa memastikan bahwa kamu yang benar-benar melakukan login dan registrasi, verifikasi dua langkah tentu akan menyulitkan hacker untuk meretas akunmu.

Akhir Kata

Itulah lima tips aman menggunakan Android agar tak menjadi korban hacking atau virus malware, yang diberikan langsung oleh Direktur Keamanan Android di Google. Kamu para pengguna Android, Jaka sarankan untuk segera terapkan lima tips di atas ya.

Sumber : https://jalantikus.com/tips/tips-aman-menggunakan-android/

Thursday, October 12, 2017 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar