Cara Paralel Antara Stop Kontak

 Selamat datang Di Blog Tukang-Listrik.com - Kali ini kita akan membahas cara Paralel Antara stop kontak, ini mungkin cara yang sangat sederhana yang bisa anda lakukan sendiri di rumah anda atau di kantor, mungkin bagi anda sudah tidak asing lagi dengan spot kontak atau orang biasa bilang colokan.

Cara Paralel Antara Stop Kontak

Penjabaran "Paralel Antar Stop Kontak" merupakan menghubungkan alias menyambung dari stop kontak ke stop kontak lainnya, ada juga yg menyebut nya dengan istilah jumper stop kontak ke stop kontak (jumper stop contact to stop contact). Teknik instalasi semacam ini tak jarang dilakukan pada ruangan khusus yg memperlukan tak sedikit stop kontak, tetapi yg paling tak jarang di temukan dalam sebuah instalasi merupakan jumper stop kontak ke saklar (switch).

Sebenar-nya apabila pada instalasi baru kita dapat saja memakai stop kontak ganda (double stop contact) alias apabila sangat di perlukan kita dapat memakai multi stop kontak. Tapi pada instalasi penambahan, akan lebih mudah memakai teknik paralel antar stop kontak ini.

Jika kamu bukan elektrikal propesional sebaik nya matikan terlebih dahulu MCB yg ada pada meteran listrik anda. ini di perbuat untuk menjaga diri supaya tak ter-setrum. Selanjut nya ikuti petunjuk foto di bawah ini, saya sudah menyiapkan sebuah diagram paralel (jumper) stop kontak ke stop kontak.
 Baca Juga Pengenalan Rangkaian Dasar Listrik 

Cara Paralel Antara Stop Kontak

Keterangan Gambar:

  •  Stop kontak ini merupakan tipe stop kontak 3 kaki (Three pin socket) biasa juga di sebut dengan type "G".
  • Pada setiap pembelian stop kontak 3 kaki semacam ini umum nya telah di lengkapi dengan symbol L,N serta Ground (⏚).
  • Warna kabel dapat saja berbeda dengan yg ada pada rumah anda, pastikan dengan terperinci kamu mengenal Phase=Api (Arus listrik positif) dengan mengujinya memakai testpen.
  • Kemudian ikuti pemasanga kabel stop kontak semacam yg terkesan pada contoh foto diatas.
  • Input Phase ke stop kontak 1 kemudian di jumper ke stop kontak 2 begitu juga dengan Netral serta kabel Grounding-nya.

Selesai, demikian saja penjelasan tentang tutorial menghubungkan (paralel) stop kontak ke stop kontak. saya kira dengan menonton foto diagram di atas telah lumayan untuk memahami-nya. Hanya tinggal menjaga sfty (keselamatan kerja) saja. Jika kamu takut meng-koneksi nya dalam kondisi listrik menyala jadi sebaik nya putus dulu ajaran listrik dengan mematikan MCB

Saturday, January 06, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar