Pengenalan Rangkaian dasar Listrik

Tukang-Listrik.com - Pengenalan Rangkaian Dasar Listrik, Sebenernya untuk kita yang masih awam dalam bidang kelistrikan pasti juga masih bingung bagai mana mumbuat jaringan listrik, kali ini kami akan membahas tentang Rangkaian listrik, Diagram Klistrikan menggambarkan suatu prinsip kerja dari suatu peralatan dengan melihat hubungan pengawatannya yang disertai dengan simbol-simbol, ukuran yang jelas serta dapat juga menunjukkan lokasi dimana peralatan tersebut dipasang. Membaca dan menulis diagram kelistrikan ada dua cara yaitu Penulisan secara Vertikal dan Penulisan secara Horizontal.


Contoh Rangkaian Listrik secara Vertikal:









Contoh Rangkaian Listrik secara Horisontal:







Baca Juga Penggunaan Kabel serabut dan kabel tunggal sesuai PUIL

Rangkaian Dasar Kelistrikan :


Ada beberapa rangkaian dasar rangkaian listrik yang umum dipakai oleh para teknisi atau perancang rangkaian rangkaian listrik.

1. Rangkaian ON / OFF Rangkaian ini adalah yang paling dasar sekali dalam pengoperasian power on atau power off (switch off atau switch on).


2. Rangkaian AND dan OR
Rangkaian dasar kontrol yang paling sederhana adalah rangkaian rangkaian seri (AND) dan rangkaian rangkaian paralel (OR).
3. Rangkaian Pengunci
Jika tombol ON di tekan, akan menyebabkan coli relay (CR) aktif. Dengan aktifnya relay (CR) akan menyebabkan kontak relay (CR) terhubung, dengan terhubungnya kontak relay (CR) akan menyebabkan aliran listrik ke koil relay dipertahankan.
4. Rangkaian Pengunci
Jika tombol ON di tekan, akan menyebabkan coli relay (CR) aktif. Dengan aktifnya relay (CR) akan menyebabkan kontak relay (CR) terhubung, dengan terhubungnya kontak relay (CR) akan menyebabkan aliran listrik ke koil relay dipertahankan.


7. Rangkaian Interlock (bergantian)
Rangkaian ini berfungsi jika tombol PB_1 ditekan maka R1 akan aktif dan R2 tidak bisa aktif. Begitu juga sebaliknnya bilamana tombol PB_2 ditekan maka R2 akan aktif dan R2 tidak bisa aktif. Dalam hal ini mana yang terlebih dahulu mengaktifkan (tombol PB_1 atau PB_2) akan terjadi balapan mana yang lebih dahulu menekan tombol.


Beberapa Contoh Rangkaian Listrik yang sering di pakai Teknisi Listrik

Menurut saya sendiri yang belum terlalu mengenal apa itu kelistrikan akan lebih baik kita bener-bener menjaga dan harus teliti dalam instalasi jaringan listrik, karena dampaknya pun sangatlah berbahaya, bagi kita dan sodara kita, sebelum kita instalasi lebih baiknya kita cari kabel yang mempunyai standar jangan sampai kita salah pilih kabel untuk instalasi listrik karena daya listrik yang besar bisa membakar kabel yang kurang memenuhi standarnya.

Sumber : http://605ta.blogspot.co.id

Thursday, January 04, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar