Penyebab Listrik di rumah Naik Turun dan Solusinya - Apa sebetulnya yg menyebabkan Listrik dirumah tak stabil (Naik Turun), serta bagaimana tutorial memperbaikinya?
Penyebab Listrik di rumah Naik Turun serta tutorial mengatasinya
Salah satu Masalah Listrik di rumah yg tak jarang kita alamiah merupakan Tegangan listriknya tak stabil alias Naik turun, Tegangan Listrik yg tak stabil (Naik Turun) akan menyebabkan beberapa kerugian serta kerusakan pada peralatan listrik yg kita gunakan.
Saat Lampu di rumah tiba-tiba redup, serta kemudian jelas kembali, ini menunjukan adanya gangguan yg menyebabkan tegangan listrik kerumah kita menjadi tak stabil (Naik turun).
Tegangan Listrik tak Stabil alias Naik Turun, ada yg terjadi pada seluruh instalasi listrik di rumah, serta ada juga yg terjadi hanya pada salah satu tahap peralatan listrik saja.

Lalu, apa saja penyebab listrik di rumah kita sehingga tak stabil alias Naik Turun?

Beberapa Penyebab Listrik di rumah Naik Turun, serta cara mengatasinya

Penyebab Listrik di rumah Naik Turun dan Solusinya


 Ada berbagai penyebab terjadinya Listrik di rumah Naik turun,antara lain:

Terjadi Gangguan pada jaringan listrik PLN


Jika Tegangan Listrik tak Stabil (naik turun) dialami pada seluruh Instalasi Listrik yg ada di rumah, ini mampu dikarenakan sebab adanya gangguan pada jaringan sumber listrik PLN.

Misalnya:
Adanya Gangguan pada Kabel-kabel, Longgar, kabel terkena benda lain (Bocor), Beban melebihi performa pembangkit (Genset) yg ada, dan lainnya.
Jika faktor ini terjadi, pasti perbaikannya hanya mampu dilakukan oleh Pihak PLN sendiri, kita lumayan melapor dan menantikan hingga pembetulan dilakukan.
Selain itu, untuk mengantisipasi Hal ini terjadi, dan untuk mencegah terjadinya Tegangan Listrik di rumah kita tak stabil (Naik turun), jadi kita mampu menambahkan alat Penstabil Tegangan (Stabilizer Voltage) di Sumber mutlak Instalasi Listrik di rumah kita.

Terjadi Gangguan pada Instalasi Listrik di rumah


Tegangan Listrik tak stabil (Naik Turun) mampu juga dikarenakan sebab adanya gangguan pada instalasi Listrik di rumah kita sendiri.
Misalnya:
Kabel yg terpasang pada MCB Utama Longgar/kendur, jadi Aliran listrik menjadi tak maksimal, dan apabila ini terjadi jadi Tegangan pada seluruh instalasi Listrik dirumah menjadi tak stabil.
Solusinya: periksa MCB dan kabel-kabelnya, Jika terkesan kendur, Gosong, berpijar, alias suhu tak normal, segera perbaiki alias Ganti MCB dengan yg baru.
Selain itu, apabila Tegangan Listrik tak stabil (Naik Turun), pada salah satu alias sebagian peralatan listrik, kemungkinan penyebabnya, antara lain:
Kabel pada terminal Saklar, Fiting, Stop kontak, Steker dalam kondisi kendur/longgar, berpijar, Short alias Bocor (terkelupas dan menyentuh benda lain), gosong, suhu panas dan sebagainya.
Solusinya: periksa peralatan listrik yg ada, dan segera perbaiki apabila tersedia kondisi tak normal tersebut diatas.

Demikianlah berbagai penyebab terjadinya tegangan listrik naik turun (tidak stabil) pada instalasi listrik di rumah kita, dan bagaimana tutorial mengatasinya.

Ingat: Jika kalian merasa tak lebih yakin dengan performa dan pengetahuan kalian tentang Listrik, sebaiknya Minta bantuan Teknisi listrik yg telah berpengalaman untuk melakukan pembetulan Listrik tersebut anda bisa menghubungi kami untuk perbaikan jaringan instalasi listrik

ARTIKEL TERKAIT

Jadilah komentator pertama!

Kebijakan Komentar
Emoticon
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
}D
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
$-)
(y)
x-)
(l)
Penggunaan Tag & Gambar di Komentar
Menggunakan PRE (block element)
[pre] ... [/pre]

Menggunakan CODE (block element)
[code] ... [/code]

Memasukkan IMG (gambar)
[img src='...'/]

Catatan:
  • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
  • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
  • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
HTML Parser
Input:
Output: