Cara Menyambung Kabel Yang Benar Dan Jenisnya - Dalam melakukan instalasi listrik semacam Cara memasang meteran listirk sederhana pasti ada berbagai keterampilan yg butuh kita pahami terlebih dahulu. Tentu salah satunya merupakan tutorial menyambungkan kabel dengan cara sederhana. Tentu kita mungkin tahu serta sempat menonton tutorial menyambungkan kabel. Namun nyatanya tutorial penyambungan kabel mempunyai tutorial yg bermacam-macam. Hal terebut tak ada salahnya kita pelajari Cara Membuat Alat Penghemat Listrik , supaya dapat kita gunakan sesuai dengan impian kita. Hal ini juga pasti akan memudahkan diri kita dalam melakukan pemnyambungan kabel dengan cara mudah serta baik, Jenis - jenis kabel pun sangat banyak dan bermacam-macam.

Cara Mudah Menyambung Kabel Dan jenis-jenisnya


Sesudah anda mengetahuin jenis kabel yang pengen anda sambung, maka kita mampu mendalami berbagai teknik penyambungan kabel yg mampu kita terapkan dalam melakukan alias memasang instalasi sederhana di rumah sendiri.

  • Sambungan ekor (Pig Tail)


Cara Mudah Menyambung Kabel Yang Benar Dan Jenisnya
Sambungan ini ialah salah satu tipe sambungan kabel yg sederhana. Cara menyambung kabel dengan metode ini ialah yg paling mudah serta yg paling cepat.

Siapkan kedua kabel yg ingin disambung, lalu masing-masing kabel dikupas lapisan isolasinya sampai kurang lebih 2 alias 3 cm sampai hanya tampak tahap inti kabel. Cara menyambungkannya ialah dengan mempertemukan kedua inti kabel yg akan disambung, dipertemukan dengan cara menyilang.

Lalu ujung kedua inti kabel tersebut dipuntuir memutar sampai berbagai kali sampai kedua kabel yg terpisah tersebut menyatu serta susah terlpas seusai dipuntir. Akibat gerakan memutar yg melingkar, jadi menyebabkan kabel ini mempunyai bulat semacam ekor . sambungan ini ialah metode sambungan kabel yg paling tidak jarang dilakukan.

Sambungan bell hangers

Cara Mudah Menyambung Kabel Yang Benar Dan Jenisnya
Cara penyambungan ini juga adalah salah satu tutorial menyambung kabel dengan tutorial dipuntir. Pada tutorial ini, kita mengupas lapisan isolasi kabel agak panjang. Setelah dikupas, tahap inti dari kedua kabel yg akan disambung di bengkokkan sepanjang kira-kira 1,5 cm membentuk semacam huruf L. Setelah kedua kabel dibangun berbentuk huruf L, jadi kedua kabel tersebut saling dikaitkan dengan cara berlawanan. Lalu ujung kedua kabel dipuntir sampai selesai.

Sambungan ini juga tergolong sedikit sederhana, tetapi tetap jarang menjadi opsi ketika dipakai dibanding dengan sambungan ekor. Tapi sering juga yg memakai metode sambungan kabel ini dalam memasang instalasi alias ketika merepai instalasi listrik di rumah. Metode ini penyambungan kabel ini cenderung lebih memakan waktu sedikit dibanding penyambungan ekor.

  • Sambungan Western Union


Cara Mudah Menyambung Kabel Yang Benar Dan Jenisnya
Penyambungan kabel dengan tutorial western union pertama-tama kita mengupas lapisan isolasi sampai tampak tahap inti kabel agak panjang. Kira-kira kita mengupas kurang lebih 5 sampai 7 cm. Setelah itu kabel kita tempelkan dengan cara menyilang semacam simbol “tambah” dimana ujung salah satu kabel terletak kurang lebih 2 cm dari ujungnya (titik persilangan berbeda panjang).

Ujung kabel yg sepanjang 2 cm tadi kita puntir sendiri melingkari kabel satunya sampai berakhir serta membentuk semacam huruf Y. Lalu tahap kabel yg tersisi dari kedua yg berbentuk semacam huruf Y tersebut dipuntir bersamaan.
Baca Juga Pengertian Saklar Listrik dan Cara Kerjanya

Sambungan ini tergolong sederhana untuk dipelajari, tetapi mungkin pengerjaannya dala repair ataupun pemasangan instalasi, lumayan memakan waktu dalam pengerjaan, jadi tak lebih diminati mesikipun sederhana.

  • Sambungan Bolak Balik


Cara Mudah Menyambung Kabel Yang Benar Dan Jenisnya
Cara alias teknik penyambungak kabel metode sambungan bolak balik yaitu dengan tutorial mengupas kedua inti kabel dari lapisan isolasinya, dimana salah satu kabel dikupas kira-kira sepanjang 3 cm, serta kabel satunya lagi dikupas sepanjang 5 hingga 7 cm. Kedua buah ujung kabel yg telah dikupas siap kita sambungkan.

Pertama-tama kabel kita posisikan menyilang membentuk semacam huruf X dengan kedua ujung kabel dibangun sejajar sama panjang (sehingga kabel yg dikupas panjang akan lebih panjang didaerah pangkalnya yg dikupas). Setelah menyilang semacam huruf X, kedua ujungnya dipuntir bersamaan.

Setelah dipuntir, jadi akah tersisa tahap inti dari kabil yg panjang (bagian pangka) yg tetap belum terlilit. Maka tahap pangkal yg panjang tersebut kita bengkokkan dengan cara berlawanan kurang lebih 180 derajat hingga membentuk suatu garis lurus. Lalu tahap pangkal yg telah dibengkokkan berlawanan tersebut dipuntir lagi pada kedua ujung kabel yg telah dipuntir pertama tadi.

  • Sambungan Britania


Cara Mudah Menyambung Kabel Yang Benar Dan Jenisnya 
Metode Cara Memasang Kabel Listrik yaitu dengan penyambungan kabel Britania, umumnya dilakukan pada kabel dengan ukuran diamter yg lebih besar, dimana biasanya kita agak susah memuntir inti dari kabel yg akan kita sambung. Pertama-tama kedua kabel kita kuppas tahap isolasinya sampai tampak tahap intinya. Disisi lain kita menyiapkan potongan kabel kurang lebih berbagai sentimeter yg sudah dikupas sampai hanya tersisa intinya saja yg akan dipakai sebagai lilitan pengikat.

Pada kedua kabel yg akan disambungkan dibangun sedikit bengkok pada kedua ujungnya, lalu didempetkan dengan cara berlawanan, sampai tahap bengkoknya dengan cara berlawanan menghadap keluar. Lalu kita tempatkan inti kabel yg sebagai lilitan pengkiat tadi memuntir dengan cara berkeliling mengelilingi kabel yg didempetkan tadi.

Penutup 


Itulah beberapa cara dan jenis menyambung kabel yang benar dan sering di terapkan dalam instalasi listrik, semoga artikel ini bisa membantu kita untuk mengetahui jenis sambung kabel bila ada pertanyaan bisa di tanyakan di kolom komentar.

ARTIKEL TERKAIT

Jadilah komentator pertama!

Kebijakan Komentar
Emoticon
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
}D
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
$-)
(y)
x-)
(l)
Penggunaan Tag & Gambar di Komentar
Menggunakan PRE (block element)
[pre] ... [/pre]

Menggunakan CODE (block element)
[code] ... [/code]

Memasukkan IMG (gambar)
[img src='...'/]

Catatan:
  • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
  • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
  • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
HTML Parser
Input:
Output: