12 Jenis-Jenis Kabel Listrik Beserta Gambarnya

Secara umum kabel merupakan suatu komponen yang tidak bisa lepas dari elemen kehidupan. Bagaimana tidak, kabel hanya mempunyai satu fungsi utama, yaitu sebagai penghantar listrik. Tetapi dari satu fungsi utama itu banyak sekali kegunaannya dalam keseharian kita.

Coba bayangkan seandainya tidak ada kabel, rumah-rumah tidak akan dapat menikmati energi listrik yang bisa menyalakan berbagai peralatan elektronik rumah tangga. Disamping sebagai penghantar listrik umum, kabel juga berguna sebagai penghantar radio frekuensi sebelum dipancarkan melalui antena. Tanpa adanya kabel penghantar radio frekuensi, mungkin kita tidak akan bisa menikmati siaran televisi ataupun parabola.

Jenis-Jenis Kabel Listrik


Agar lebih memahami tentang kabel listrik, berikut penjelasan jenis-jenis kabel listrik yang beredar dimasyarakat.

1.  Kabel NYA


12 Jenis-Jenis Kabel Listrik Beserta Gambarnya
Kabel NYA merupakan salah satu jenis-jenis kabel listrik tunggal yang kini banyak digunakan pada instalasi listrik rumah. Kabel NYA rata-rata memiliki diameter 1,5mm atau 2,5mm dan dilapisi isolator berbahan PVC. Untuk isolatornya sendiri memiliki kode warna yang menunjukan bahan dari isolator itu sendiri, kode warna untuk isolator pada kabel NYA adalah warna merah, biru, kuning dan hitam.

2.  Kabel NYM


12 Jenis-Jenis Kabel Listrik Beserta Gambarnya
 Kabel jenis ini merupakan salah satu jenis kabel yang memiliki inti lebih dari satu, yang mana biasanya kabel jenis ini di gunakan untuk instalasi listrik bangunan atau gedung yang langsung tertanam pada dinding. Inti dari kabel NYM berjumlah 2, 3 atau 4 inti. Masing-masing inti kabel NYM dilapisi dengan isolator. Bahan terluar dari kabel ini dilapisi dengan isolasi PVC. Pada dasarnya cable jenis NYM memiliki keamanan yang lebih baik terutama untuk instalasi listrik, karena setiap dan keseluruhan kabel inti masing-masing sudah dilindungi dengan isolator.

3. Kabel NYY


12 Jenis-Jenis Kabel Listrik Beserta Gambarnya
Berbeda dengan kabel jenis NYM, kabel NYY dirancang untuk penggunaan didalam tanah, maupun berbagai kondisi seperti outdoor, kering dan lembab. Tapi untuk lebih amannya kabel ini sangat direkomendasikan memakai perlindungan lagi seperti pipa PVC maupun pipa besi. Terutama pada aliran listrik tegangan tinggi. Kabel jenis NYY mempunyai inti lebih dari satu, yaitu 2, 3, atau 4 inti.

4. Kabel NYAF



12 Jenis-Jenis Kabel Listrik Beserta Gambarnya
Kabel NYAF adalah salah satu jenis kabel listrik serabut yang terbuat dari bahan tembaga murni atau campuran yang dilapisi dengan isolasi PVC berkualitas menengah. Kabel jenis NYAF ini sangat flexibel sehingga begitu cocok untuk dipasang pada jalur-jalur dengan banyak belokan- belokan tajam. 

5. Kabel NYFGbY/NYRGbY/NYBY 


12 Jenis-Jenis Kabel Listrik Beserta Gambarnya
KAbel jenis ini mempunyai lapisan-lapisan isolator yang kuat dan tahan lama. Pada pemakaiannya, kabel ini dapat ditanam didalam tanah tanpa diperlukan perlindungan tambahan lagi. Tetapi demikian tetap saja jika kabel ini akan menyebrangi jalan raya tetap direkomendasikan menggunakan perlindungan lagi, setidaknya memakai pipa PVC. Spesifikasinya, kabel jenis NYFGbY/NYRGbY/NYBY dapat ditanam didalam tanah hingga kedalaman 0,8 meter saja.

6. Kabel NYCY


12 Jenis-Jenis Kabel Listrik Beserta Gambarnya
Kabel jenis NCYC merupakan jenis kabel yang dirancang untuk penggunaan didalam ruangan, didalam tanah, ataupun alam terbuka. Yang mana kabel ini terdiri dari penghantar konsentris yang dilapisi dengan pelindung pita CU kabel. Kabel jenis NCYC dikenal dengan jenis kabel yang tahan dengan berbagai dengan kondisi cuaca. 


7. Kabel BC


12 Jenis-Jenis Kabel Listrik Beserta Gambarnya
Kabel jenis ini memiliki sistem konduktansi yang unik, dimana penghantarnya terdiri dari pilinan kabel yang dicampur sehingga menghasilkan konstruksi kabel yang kuat dan tidak gampang putus. Ukuran kabel ini pada umumnya antara 6 mm sampai 500 mm. 

8. Kabel AAAC


12 Jenis-Jenis Kabel Listrik Beserta Gambarnya
Kabel jenis AAAC merupakan jenis kabel yang terdiri dari pilinan kabel berbahan alumunium- silikon - magnesium yang merupakan bahan logam campuran. Kabel jenis ini dibuat sebagai kabel yang memiliki konstruksi yang kuat, anti karat dan untuk penggunaan jangka waktu sangat lama. Kabel jenis AAAC juga bagus untuk digunakan sebagai penghantar dari penangkal petir.

9. Kabel ACSR



12 Jenis-Jenis Kabel Listrik Beserta Gambarnya
Kabel jenis ACSR adalah salah satu jenis kabel yang banyak digunakan untuk saluran translasi pada tegangan tinggi, dimana kabel ini umumnya melintang tanpa isolasi diantar dua tiang menara distribusi. Kabel ACSR terdiri dari bahan alumunium denga inti kawat baja. Jenis-jenis kabel listrik tipe ACSR sangat cocok untuk digunakan pada saluran arus dan tegangan tinggi.

10. Kabel ACAR


12 Jenis-Jenis Kabel Listrik Beserta Gambarnya
Mirip kabel ACSR, kabel jenis ACAR juga memiliki fungsi yang hampir sama dengan kabel ACSR namun kabel jenis ACAR mempunyai kualitas yang lebih bagus karena bahan kabelnya diperkuat lagi dengan bahan logam campuran sehingga menghasilkan kabel yang sangat kuat dan kokoh.

11. Kabel NYMHYO


12 Jenis-Jenis Kabel Listrik Beserta Gambarnya

Kabel jenis NYMHYO merupakan salah satu kabel yang mamiliki dua kabel serabut atau lebih. Kabel jenis yang satu ini sering digunakan pada peralatan elektronik rumah tangga atau peralatan elektronika lainnya yang memerlukan arus rendah. Letak kabel ini biasanya terdapat pada soundsystem, kabel Audio-video, kabel loudspeaker, rangkaian elektronika dan lain-lain.

12. Kabel NYMHY/NYYHY 


12 Jenis-Jenis Kabel Listrik Beserta Gambarnya

Jenis kabel NYMHY/NYYHY sering digunakan untuk keperluan listrik rumah tangga kelas kecil yang pemasangannya diatap dan pada dinding ruangan. Kabel jenis ini terdiri beberapa kabel inti serabut yang dilapisi dengan isolasi PVC. Umumnya penggunaan kabel ini hanya untuk listrik rumah tangga yang berdaya 900 Watt kebawah. 

Sunday, May 13, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar