Bahaya Sutet Dekat Rumah

Bahaya Sutet Dekat Rumah - SUTET merupakan singkatan dari Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi dengan kekuatan 500 kV yang ditujukan untuk menyalurkan energi listrik dari pusat-pusat pembangkit yang jaraknya jauh menuju pusat-pusat beban sehingga energi listrik bisa disalurkan dengan efisien. Rumah dekat menara SUTET memang menggiurkan karena harganya yang terjangkau. Namun terdapat risiko kesehatan dan legalitas yang mengancam. 
Bahaya Sutet Dekat Rumah

Bahaya Sutet Kalau Dekat Rumah 


Isu bahaya menghuni rumah dekat Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) memang sudah lama diperbincangkan. Pemerintah sudah beberapa kali mengeluarkan peraturan terkait hal ini. Peraturan terkait jarak bebas minimum SUTET yang terakhir adalah Peraturan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Nomor 18 Tahun 2015. 

Risiko gangguan kesehatan dan kecelakaan jika menara SUTET rubuh adalah dua hal utama yang membuat tinggal dekat menara SUTET sebaiknya dihindari. Dari segi legalitas pertanahan pun, masyarakat yang menghuni bangunan dekat SUTET juga dirugikan. 

Jika sudah terlanjur, rumah Anda dekat SUTET bisa Anda lakukan cara ini. Cara untuk mengatasi bahaya radiasi SUTET, yakni :

1.Pasang langit-langit (plafon) di bawah atap rumah. 

Pastikan rumah memiliki plafon untuk mmengurangi dampak radiasi elektromagnetik dari SUTET. Sedangkan untuk material atap, jangan gunakan bahan logam karena material ini termasuk penghantar listrik. Sebaiknya gunakan genteng keramik, asbes, PVC, bitumen atau sirap. Meletakkan antena dan talang yang terbuat dari seng juga sebaiknya dihindari.

2.Hindari membangun rumah dekat area jaringan listrik tinggi. Jaga kesehatan keluarga anda, apalagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. 

3.Gunakan lembaran logam sebagai atap rumah, sehingga terhubung dengan tanah.

Bahan logam pada jemuran juga sebaiknya diganti dengan material lain yang lebih aman. Pilih material tali atau kayu yang tidak menghantarkan listrik. Jika menggunakan jemuran berbahan logam, letakkan dibawah pohon untuk mereduksi risiko radiasi.

4.Hindari berada di luar rumah saat malam hari. 
5.Tanam berbagai jenis bunga sebanyak mungkin di sekitar rumah.  Pepohonan hijau juga baik untuk mengurangi dampak buruk dari radiasi SUTET. 
6.Tanamlah daun lidah mertua (sansivieria).  Selain mampu menyerap 107 polutan, radiasi yang berasal dari gelombang elektro magnetik pun dapat diserap olehnya.
Baca Juga Kelebihan Dan Kekurangan Sutet Beserta Cara Mengatasinya
Patut diketahui juga, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) telah menerbitkan Peraturan Menteri Nomor 18/2015 menggantikan aturan sebelumnya, yakni Peraturan Menteri ESDM Nomor 01.P/47/M.PE/1992 tentang ruang bebas dan jarak bebas minimum pada SUTET. Berikut adalah rincian jarak amannya.

  1. SUTT 55 KV jenis tiang baja memiliki ruang bebas 4 meter
  2. SUTT 66 KV jenis tiang beton memiliki ruang bebas 4 meter
  3. SUTT 66 KV jenis menara memiliki ruang bebas 7 meter
  4. SUTT 150 KV jenis tiang baja memiliki ruang bebas 7 meter
  5. SUTT 150 KV jenis tiang baja memiliki ruang bebas‎ 6 meter
  6. SUTT 150 KV jenis tiang beton memiliki ruang bebas 5 meter
  7. SUTT 150 KV jenis menara memiliki ruang bebas 10 meter
  8. SUTET 275 KV jenis Sirkit Ganda memiliki ruang bebas 13 meter
  9. SUTET 500 KV jenis Sirkit Tunggal memiliki ruang bebas 22 meter
  10. SUTET ‎500 KV jenis Sirkit Ganda memiliki ruang bebas 17 meter
  11. SUTTAS 250 KV memiliki ruang bebas 14 meter
  12. SUTTAS 500 KV memiliki ruang bebas 18 meter.


Kesimpulan


Demikian yang dapat kami bagikan tentang Bahaya SUTET Dekat Rumah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sunday, January 20, 2019 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar