Ini Dia Tips Memakai Rice Cooker Tetap Hemat Listrik



Ini dia tips memakai rice cooker tetap hemat listrik. Rice cooker memang sudah menjadi kebutuhan yang penting dalam kehidupan rumah tangga, ya. Dengan alat yang satu ini, nasi bisa selalu dalam keadaan hangat sehingga lebih nikmat. Namun, pemakaian rice cooker juga tidak bisa terhindar dari penggunaan listrik. Bahkan alat ini merupakan salah satu barang elektronik yang bisa dibilang boros listrik alih-alih hemat.

Ini Dia Tips Memakai Rice Cooker Tetap Hemat Listrik

Namun, Anda bisa tetap memakai rice cooker dengan hemat listrik pula. Hal ini memang agak susah dipercaya mengingat daya untuk rice cooker saja bisa mencapai 300-500 watt. Rupanya, ada tips tertentu yang bisa diterapkan untuk berhemat listrik meski rice cooker Anda tetap menyala. Bagaimanakah tips tersebut? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Pilihlah yang Sesuai dengan Kebutuhan


Pertama, Anda tentu harus memilih rice cooker sesuai dengan kebutuhan keluarga. Jika hidup berdua saja dengan pasangan, maka pilihlah rice cooker berukuran kecil saja. Hal ini berpengaruh pada daya listrik yang digunakan. Semakin besar kapasitas rice cooker yang digunakan, maka daya listriknya pun juga semakin besar pula. Jadi, memilih rice cooker yang sesuai dengan kebutuhan Anda adalah keputusan yang tepat. Jika Anda memang mempunyai sebuah keluarga besar, ya tidak masalah menggunakan rice cooker berukuran besar pula.

Jangan Mencolokkan 24 Jam Non Stop


Cara kedua untuk hemat listrik meski menggunakan rice cooker adalah dengan tidak mencolokkannya 24 jam non stop. Memang, alat ini punya banyak fungsi selain untuk menanak nasi. Bisa juga untuk menjaga nasi supaya tetap hangat dan tidak basi. Tahukah Anda bahwa selalu mencolokkan rice cooker akan memakan daya listrik yang cukup besar? Memang, dayanya lebih kecil dibandingkan saat menanak nasi. 

Namun, coba saja dikalikan berapa jam Anda mencolokkan rice cooker dan tidak melepasnya. Hasilnya, daya yang digunakan sangat banyak dan membuat tagihan listrik Anda melonjak drastis. Untuk menyiasatinya, Anda bisa memperkirakan untuk menanak nasi sekali habis saja supaya tidak perlu menghangatkannya. Pada jam makan selanjutnya, Anda harus menanak nasi lagi. Ini akan lebih efektif untuk menghemat listrik. 

Gunakanlah Air Panas Untuk Menanak Nasi


Langkah selanjutnya sebagai upaya hemat listrik namun tetap bisa memakai rice cooker adalah dengan cara yang satu ini. Saat menanak nasi menggunakan rice cooker, ada baiknya jika Anda menggunakan air panas. Kenapa? Karena air panas membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk menanak nasi dibandingkan air biasa. Hasilnya, rice cooker pun tidak butuh waktu lama untuk membuat nasi Anda matang. Ini tentu efektif untuk mengurangi penggunaan daya dan sebagai cara menghemat listrik yang sederhana. 

Ada juga cara lain yang bisa digunakan untuk menanak nasi ini. Jika Anda menggunakan air biasa, maka diamkan dulu selama 30 menit dan jangan nyalakan dulu rice cookernya. Ini akan membuat beras yang direndam akan mengembang secara alami dan waktu menanak dengan rice cooker pun bisa dipersingkat dengan cara ini. Bagaimana, mudah bukan?

Lakukan Banyak Hal Dalam Satu Waktu


Rice cooker punya banyak fungsi, tak hanya untuk menanak nasi. Alat ini juga bisa digunakan untuk mengukus misalnya pisang, ubi, bahkan bisa juga digunakan untuk merebus telur. Nah, untuk hemat listrik, Anda bisa juga menggunakan tips yang satu ini dengan rice cooker. Jika Anda ingin merebus telur atau yang lainnya, lakukan saja sekaligus saat Anda menanak nasi. Hal ini akan banyak menghemat daya listrik karena melakukan setali tiga uang sambil menanak nasi. Selain itu, gas elpiji pun bisa dihemat juga karena Anda sudah mengukusnya di rice cooker. Bermanfaat sekali, ya.

Baca Juga 

Itu dia tips yang bisa digunakan untuk hemat listrik dan menekan pengeluaran untuk membayar tagihan listrik rumah Anda. Coba saja terapkan terus hal di atas secara kontinyu, dan lihatlah perbedaannya. Jika konsisten, pasti pengeluaran Anda untuk listrik bisa semakin hemat.

 Anda bisa juga menghemat listrik dengan bijak menggunakan alat elektronik lainnya. Misalnya saja mengatur suhu kulkas tidak terlalu dingin supaya tidak makan banyak daya, mengatur pemakaian AC, juga dispenser. 

Dari hal yang paling sederhana seperti menggunakan penerangan lampu dengan waktu yang terbatas pun bisa digunakan untuk menyiasati hal ini. Jangan lupa untuk mencabut semua barang yang tidak lagi digunakan dari sakelar. Jangan meninggalkan charger tetap tercolok di sana karena itu juga akan memakan daya yang banyak.

Penutup 


Nah, itu dia beberapa tips hemat listrik menggunakan rice cooker setiap hari. Jika dengan melakukan langkah-langkah sederhana seperti itu saja bisa menekan pengeluaran untuk menghemat listrik, kenapa tidak dilakukan? Demikian, semoga bermanfaat!

Friday, May 03, 2019 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar