Cara mengatasi alat elektronik yang nyetrum

Cara mengatasi alat elektronik nyetrum - Selamat malam untuk anda semua kali ini kita akan membahas tentang alat elektonik yang nyetrum, mungkin untuk anda semua sudah tidak asing lagi menggunakan alat elektronik seperti kulkas, komputer dll, Karena alat itulah yang sehari-hari kita gunakan, mungkin ada cukup pusing untuk menanganinya karena pasti takut dan bertanya-tanya kok bisa ya alat itu nyetrum? jangan bingung lagi, kali ini kita akan membahas kenapa dan bagaimana cara mengatasinya.
Cara mengatasi alat elektronik yang nyetrum
Dari sinilah kita harus bener-bener memeperhatikan instalasi jaringan rumah kita mungkin masih banyak orang di sana yang lalai atau memang tidak tau instalsi jadi terkadang kita asa-asalan menata dan menyabung instalasi secara ngawur atau malah bisa di bilang dengan cara pokoknya atau asal nyambung.

Penyebab Elektronik nyetrum


Sebenernya banyak sebab yang membuat body elektronik kita nyetrum antara lain:

1. Kebocoran Instalasi 

Untuk anda yang biasa meremehkan instalasi yang tidak memenuhi standar akan beresiko seperti ini, jadi lebih baik jika ada jaringan instalasi di rumah kita kalau kita tidak bisa memperbaikinya menggunakan jasa tukang listrik yang sudah ahli dalam bidang jaringan kelistrikan, karena dengan cara ini mungkin kita lebih tenang atau lebih nyaman untuk masalah instalasi.
2.Grounding

Grounding adalah pentanahan yg bertujuan untuk meniadakan beda potensial jadi apabila ada kebocoran tegangan arus, akan eksklusif di buang ke bumi, Dalam system elektronik ground berarti suatu refrensi umum  tegangan potensial sama dengan “tegangan nol”. Ground bersifat relatif, sebab bisa memilih titik dimana saja dalam sirkuit untuk di jadikan ground untuk merefrensi semua tegangan dalam rangkaian.

Ground juga bertujuan untuk menetralisir noise yg di sebabkan baik oleh daya yg tak lebih baik, alias nilai komponen yg tak standart. Sistem grounding pada peralatan kelistrikan serta elektronika merupakan untuk menunjukkan perlindungan pada seluruh sistem.

Mengatasi alat elektronik yang nyetrum


Biasanya yang sering kita temui dalam beberapa masalah kenapa body elektronik kita bisa nyetrum adalah masalah grouding, jadi anda bisa menambahkan grounding ke perangkat tersebut, dan inilah cara menambahkan ground :

1. Alat yang perlu untuk membuat grounding
  1. tang
  2. palu
  3. kabel
  4. paku
Baca Juga  Cara mudah menghitung tegangan listrik
2. selanjutnya kupas setiap ujung kabel jangan terlalu pajang seperlunya aja sekitar 10 cm
3. lilitkan tembaga kabel di paku, usahakan lilitanya yang kuat dan rapat
4. lalu gali tanah sekitar setengah meter atau lebih, lebih bagus kalau gali tanah di sebelah god air
5. masukan paku yang sudah kita lilit dengan kabel tadi ke dalam tanah dan pendam kembali
6. selanjutnya ujung kabel yang satunya lagi kita lilitkan ke perangkat elektonik yang nyetrum
7. selasai, sialahkan anda coba pegang pasti sudah tidak nyentrum lagi

Penutup


Demikilah cara untuk mengatasi alat elektronik yang nyetrum dengan cara menambahkan grounding ke alat itu, cukup mudahkan untuk membuat grounding itu sendiri karena kebanyakan sebab perangkat nyentrum karena tidak ada ground di jaringan instalasi listrik kita, bila menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan shared dan bila ada yang kurang faham silahkan anda tanyakan di kolom komentar di bawah ini, salam strom.

Friday, April 20, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar