Cara Menghitung Kapasitas Dan Pemakaian Daya - Ada perbedaan pengertian antara kapasitas listrik terpasang dengan jumlah pemakaian listrik. Jumlah pemakaian listrik di sebuah rumah, tidak harus mencerminkan besar kapasitas listrik terpasang di rumah. Demikian juga sebaliknya karena keduanya berhubungan erat dengan besaran daya yang dibutuhkan perangkat elektronik, seringkali Anda keliru mengartikan perbedaan antara keduanya. Berikut pembahasan mengenai pemakaian daya listrik.

Cara Menghitung Kapasitas Dan Pemakaian Daya Listrik Di Rumah

Kapasitas Listrik Terpasang vs Pemakaian Daya


Kapasitas Listrik Terpasang, bisa diumpamakan sebagai satu hotel. Sedangkan, Pemakaian Daya (listrik) merupakan rombongan tamu yang datang menginap selama jangka waktu tertentu.
Misalnya, satu hotel memiliki daya tampung 1300 tamu untuk menginap.

Pagi hari, kedatangan rombongan wisatawan pertama berjumlah 350 orang yang hendak menginap selama 8 hari. Siangnya, rombongan wisatawan kedua berjumlah 500 orang datang menginap selama 3 hari, sorenya rombongan wisatawan ketiga berjumlah 600 orang menginap selama 5 hari.

Jumlah orang dari rombongan pertama dan kedua adalah 850 orang. Dengan sisa tempat untuk tamu menginap tinggal 450 orang. Karena rombongan ketiga memiliki jumlah anggota sebanyak 600 orang, sedangkan tempat yang tersisa untuk tamu menginap hanya 450 orang, maka rombongan ini tidak dapat diterima menginap di hotel.

Jadi, untuk selanjutnya, hotel hanya bisa menerima rombongan tamu untuk menginap berjumlah maksimum 450 orang saja. Kira-kira, seperti itulah analogi hubungan kapasitas listrik terpasang dengan pemakaian daya.

Kapasitas listrik terpasang hanya berfungsi menampung besar daya (jumlah orang) dari perangkat elektronik (rombongan) untuk menyala selama jangka waktu tertentu (lama waktu menginap). Berapa pun besar daya dari perangkat elektronik yang hendak dinyalakan, tidak akan menambah atau mengurangi nilai dari kapasitas listrik terpasang.

Sedangkan pemakaian daya adalah besar daya (jumlah orang) dari perangkat elektronik (rombongan) yang bisa dinyalakan (menginap di hotel). Nilainya akan terus bertambah mengikuti lama waktu kondisi perangkat menyala (lama waktu menginap). Seandainya nilai daya perangkat elektronik sebesar 350 Watt dan menyala selama waktu 8 jam, maka pemakaian daya yang telah terjadi adalah sebesar 8 x 350 = 2.800 Watt.

Pemahaman Kapasitas Listrik Terpasang pada Umumnya


Anda sering mendengar / membaca tentang istilah “listrik 450VA”, “listrik 1300VA”, “listrik 2200VA” dst. Istilah itu mengartikan nilai batas besaran listrik yang bisa dipakai di satu rumah. Seandainya listrik di rumah Anda saat ini nilainya 1300VA, maka total input listrik dari semua perangkat elektronik yang ada dan menyala di rumah saat ini “tidak bisa” melebihi nilai 1300VA. Bukan berarti Anda tidak boleh memiliki perangkat elektronik dalam jumlah lebih banyak. Selama input daya perangkat elektronik yang “menyala” masih dalam batas 1300VA, tidak ada masalah.

Ada beberapa cara untuk Anda mengetahui besaran kapasitas listrik yang saat ini terpasang di rumah. Bisa dengan melihatnya pada kategori pelanggan yang tertera di resi pembelian / pembayaran biaya listrik bulanan. Bisa juga dengan mencari keberadaan tulisan berupa angka yang diakhiri dengan rangkaian huruf VA pada MCB di meteran.

Memperkirakan Kebenaran Nilai Kapasitas Listrik Terpasang


Besaran listrik bernilai 1300VA sama dengan besaran listrik bernilai 1.040 Watt (1300VA x 0,8 = 1.040 Watt). Nilai 0,8 merupakan nilai Faktor Daya dan sudah menjadi ketentuan dari PLN. Hal tersebut juga berlaku pada kapasitas listrik yang bukan 1300VA. Seperti: 900VA = 720 Watt, 2200VA = 1.760 Watt, dst.

Dengan demikian, batas nilai pemakaian listrik yang sebenarnya menjadi lebih jelas. Kapasitas listrik terpasang 2200VA bukan berarti Anda bisa menggunakan pemakaian listrik sebesar 2.200 Watt. Melainkan hanya sebesar 1.760 Watt.

Dari kedua nilai total daya (1.074 Watt dan 1.373 Watt) yang diperlukan untuk menyalakan perangkat elektronik dari kedua waktu (siang dan malam) tersebut adalah nilai terbesar yang dijadikan acuan dalam menentukan besar kapasitas listrik terpasang, yaitu1.373 Watt.

Karena, kapasitas listrik terpasang sebesar 1300VA adalah sama dengan 1300 x 0,8 = 1.040 Watt, maka tidak cukup untuk mendukung nyala dari semua perangkat elektronik yang sebesar 1.373 Watt. Jadi, nilai kapasitas listrik yang saat ini terpasang di rumah adalah 2200VA atau sama dengan 2200 x 0,8 = 1.760 Watt.

Kalau nilai kapasitas listrik terpasang lebih kecil dari nilai total input daya perangkat elektronik, maka hanya ada dua kemungkinan:
  1. Ada kesalahan dalam perhitungan yang anda kerjakan.
  2. Jeroan MCB yang terpasang di meteran telah dimodifikasi (MCB siluman).

Kesimpulan


Demikian artikel tentang Cara Menghitung Kapasitas dan Pemakaian Daya Listrik di Rumah. Cara memulai terbaik sebelum memutuskan untuk menurunkan nilai kapasitas listrik terpasang adalah dengan menahan nilai kapasitas listrik yang saat ini agar tidak dinaikkan. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Jadilah komentator pertama!

Kebijakan Komentar
Emoticon
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
}D
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
$-)
(y)
x-)
(l)
Penggunaan Tag & Gambar di Komentar
Menggunakan PRE (block element)
[pre] ... [/pre]

Menggunakan CODE (block element)
[code] ... [/code]

Memasukkan IMG (gambar)
[img src='...'/]

Catatan:
  • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
  • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
  • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
HTML Parser
Input:
Output: