Listrik Korslet? Kenali Penyebabnya Agar Tidak Terulang


Listrik Korslet? Kenali Penyebabnya Agar Tidak Terulang – Tidak bisa dipungkiri bahwa listrik memang sangat dibutuhkan dalam setiap aspek kehidupan. Pekerjaan apapun bisa saja terhenti ketika aliran listrik padam. Jangan bayangkan berapa banyak kerugian yang akhirnya didapat. Namun terkadang kejadian tersebut memang tidak bisa dihindari.

Listrik Korslet? Kenali Penyebabnya Agar Tidak Terulang

Sementara hal lain yang juga kerap berkaitan dengan penggunaan listrik adalah, terjadinya korsleting atau korslet listrik. Banyak efek buruk yang akan ditimbulkan oleh kejadian tersebut. Lantas apa sajakah yang menjadi penyebab dari korsleting listrik, berikut ini beberapa alasannya.

Stop Kontak 


Tidak jarang, dalam satu stop kontak kerap digunakan secara berlebih. Ditambah dengan colokan beberapa cabang, kemudian ditambah lagi dengan terminal T atau T-steker ternyata sangatlah berbahaya. Karena bila terlalu banyak atau bertumpuk, bisa menimbulkan panas pada terminal serta kabel yang digunakan. Dan akhirnya listrik korslet pun tidak bisa dihindari.

Dan untuk mencegah terjadinya korsleting. Anda bisa menggunakan MCB atau Mini Circuit Breaker. Di mana MCB akan bekerja secara otomatis bila diketahui instalasi listrik digunakan secara berlebihan. Listrik pun akan padam dan sebaiknya Anda segera mencabut kabel-kabel yang terpasang secara berlebih pada stop kontak.

Kabel


Kabel yang mengalirkan listrik sebaiknya memang selalu dalam keadaan baik. Kabel yang sudah rusak akan menjadi penyebab listrik korslet. Banyak yang menyebabkan kabel rusak, yang paling sering terjadi adalah digigit oleh tikus. Tidak saja disebabkan oleh gigitan binatang, kabel juga bisa rusak karena keropos atau dimakan usia.

Segera ganti kabel bila diketahui telah rusak, sebaiknya Anda memilih kabel berstandar SNI. Pastikan juga kapasitas kabelnya sesuai dengan kebutuhan. Anda juga bisa meletakkan paralon yang dibuat khusus untuk kabel agar terhindar dari gigitan binatang.

Untuk Anda ketahui, pada kabel yang tidak memiliki standar SNI, biasanya memiliki kualitas yang kurang bagus. Begitu juga dengan daya hantarnya yang lemah yang bisa menyebabkan listrik korslet. Karena bila beban dayanya besar akan menyebabkan kabelnya menjadi lebih cepat panas.

Penggunaan kabel yang tidak sesuai


Penyebab korsleting juga bisa disebabkan karena salahnya penggunaan kabel. Kabel yang berukuran kecil akan menjadi lebih cepat panas, pada saat arus yang besar melewatinya, hingga korsleting pun bisa saja terjadi.

Bagi Anda yang tidak paham mengenai kelistrikan, sebaiknya menggunakan jasa ahli listrik. Hal ini tentunya untuk meminimalisir terjadinya kesalahan-kesalahan pada saat instalasi dan agar terhindar dari listrik korslet.

Pemakaian listrik secara ilegal


Untuk menghindari sejumlah tagihan yang dibebankan kepada pengguna listik PLN, tidak sedikit orang berbuat curang. Salah satunya adalah dengan melakukan pencurian listrik. Tindakan ini jelas merugikan. Tidak saja bagi PLNnya tapi juga bagi pelaku dan orang yang tinggal di dalamnya.

Selain pelakunya bisa dikenakan pidana, pencurian listrik yang kerap dibuat ala kadarnya, bisa menyebabkan listrik korslet hingga kebakaranpun tidak bisa dihindari.

Alat listrik


Baca Juga
Penggunaan alat-alat listrik yang tidak standar juga bisa menyebabkan korsleting. Selain kabel, pastikan saklar, stop kontak, lampu hingga charger handphone sekalipun memiliki label SNI, LMK atau Lembaga Masalah Kelistrikan atau SPLN atau Standar PLN.

Meskipun harga barang-barang tidak berlabel tersebut cenderung lebih murah, namun Anda harus ingat risiko yang bisa saja terjadi karenanya. Begitu juga ketika Anda sudah selesai menggunakannya. Misalnya pada charger handphone atau laptop. Segera cabut charger setelah baterai handphone penuh agar tidak terjadi korsleting.

Jangan biarkan kabel menancap terus menerus di dalam stop kontak padahal dalam kondisi tidak digunakan. Dan sebaiknya, setiap rumah juga memiliki alat pemadam api ringan. Hal tersebut tentunya untuk berjaga-jaga bila terjadi sesuatu.

Jauhkan benda yang mudah terbakar


Dan ini adalah tips terakhir untuk menghindari listrik korslet yang bisa terjadi di mana saja. Yaitu, jauhkan semua benda yang mudah terbakar dari instalasi listrik. Kertas, plastik, tabung gas merupakan beberapa contoh benda yang bisa mudah terbakar.

Jauhkan juga juga peralatan listrik dari jangkauan anak-anak. Kenalkan mereka bahayanya memainkan listrik dan untuk saran terbaik, tutup colokan listrik yang mudah terjangkau oleh anak-anak. Sehingga tidak mudah bagi mereka untuk memasukkan benda atau jari ke dalamnya.

Perhatikan juga bila colokan atau steker listrik bila sudah terlihat berwarna hitam atau aus. Segera ganti untuk menghindari kebakaran. Pada musim kemarau, sebaiknya Anda juga jauh lebih waspada. Karena biasanya benda-benda elektronik akan menjadi lebih cepat panas dan bisa menyebabkan kebakaran. Lakukan juga perawatan peralatan kelistrikan secara berkala dan setidaknya instalasi listrik juga diperbaharui setiap 5 tahun sekali. 

Penutup


Nah itulah beberapa tips yang perlu Anda ketahui agar listrik korslet tidak terjadi di rumah dan sekitar Anda. Waspada jauh lebih baik agar terhindar dari ledakan dan kebakaran, yang tentunya tidak diinginkan oleh siapapun. Memilih bantuan ahli kelistrikan untuk mengecek instalasi lisrik di rumah Anda juga sebaiknya dilakukan.

Wednesday, August 14, 2019 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar