Cara Mengatasi Tulisan Periksa Dalam Kode Meteran Listrik Prabayar

Cara Mengatasi Tulisan Periksa - Mungkin bagi semua orang sekarang sudah tidak asing lagi dengan Meteran Listrik Prabayar, Karena sekarang sudah banyak dan kebanyakan sudah memakai listrik meteran pulsa, Layanan ini di Keluarkan oleh PT PLN (Persero) untuk memudahkan pelangganya agar lebih mudah dalam pelayanan yang terbaik.


Cara Mengatasi Tulisan Periksa Dalam Kode Meteran Listrik Prabayar

Dengan menggukan Meteran Listrik Prabayar ini pelanggan bisa memonitori atau melihat seberapa pemakaian Tenaga listrik yang di gunakan, selain mudahnya kita mengecek berapa penggunaan listrik kita keunggulan lainya kita tidak perlu lagi untuk membayar listrik ke kantor PLN, kita bisa mengisi langsung dengan cara seperti kita mengisi pulsa hp, dengan layar digital dengan tombol angka di meteran lebih mudah untuk kita semua menggunakannya.

Namun nyatanya listrik prabayar ini ada berbagai kendala yg dapat terjadi sewaktu-waktu serta kalian wajib mengetahuinya.Dan kendala itu salah satunya munculnya tulisan “Periksa” pada kode meteran listrik prabayar.

Untuk anda yang baru menggunakannya pasti bingung dan bertanya-tanya kenapa muncul tulisan periksa dalam layar digital meteran prabayar, Jangan bingung dan panik dulu mungkin anda berpikir pulsa listrik anda habis atau meteran rusak, Tulisan itu muncul karena banyak hal yang perlu anda periksa tak lain ke instalasi dalam rumah anda.

Penyebab Keluar Tulisan Periksa dalam Kode Meteran Listrik Prabayar


1.Pemasangan Grounding.

Pemasangan grounding yg tak benar ini menjadi salah satu penyebab munculnya “PERIKSA” . Kesalahan pemasangan ini sebab tak lebih hati-hati serta tak lebih teliti. Pemasangan grounding di KWH listrik prabayar wajib dipasang sebelum pemasangan KWH, sebab apabila dipasang diakhir seusai pemasangan KWh, jadi dapat timbul “PERIKSA” pada meteran.

2.Kualitas Kabel yang digunakan.

Meskipun sepele penggunaan kabel sangat berpengaruh pada arus yg terjadi, jadi kabel yg berdiameter 1.5 mm juga dapat menyebabkan munculnya goresan pena “PERIKSA”. Jadi standart penggunaan kabel merupakan dg ukuran diameter 1.5 mm. 

3.Listrik Bocor

Bocornya listrik ini juga menjadi salah satu penyebab , yg mana kebocoran ini biasanya dikarenakan oleh tutorial menyambung kabel yg buruk, jadi kabel terkelupas alias adanya kabel yg terkelupas sebab dimakan oleh tikus, dan dapat juga nilai kabel yg kurang baik menjadi penyebabnya.

4.Tegangan Listrik Tidak Stabil


Kondisi tegangan listrik yg naik turun dan adanya gangguan jaringan faktor ini juga dapat memicu munculnya Error di meteran listrik pra bayar. Biasanya faktor ini timbul saat terjadi dimusim penghujan. Karena adanya kabellistrik yg tertimpa pohon tumbang, Tiang yg terkena petir, dan lain-lain.


5.Tombol Temper

Pada setiap meteran listrik pra bayar tentu ada suatu tombol keamanan yg memproteksi meteran dari gangguan dari luar.Tombol ini akan bertujuan mengamankan meteran dari orang-orang yg mau mencoba membuka meteran. Ketika cover dibuka otomatis tombol temper ini akan menyala dan terjadi error. permasalahan semacam inilah yg tidak sedikit terjadi pada pelanggan listrik pra bayar.

Cara Mengatasi Tulisan Periksa Dalam Kode Meteran Listrik Prabayar 


Setelah semuanya kita cek dan sudah mengetahui masalah yang memunculkan tulisan Periksa dalam meteran listrik Prabayar anda, jangan anda langsung sembarangan memperbaikinya sendiri lebih baik kita tlfn ke pihak PT PLN (Persero) melalui Call canter Di nomer 123,  Biasanya setelah kita tlfn dan mengadu apa keluhan kita mereka memberikan kode temper, kode temper itu adalah sebuah angka yang digunakan untuk mereset meteran prabayar kita biasanya kode itu berjumplah 20 Digit, setelah anda mendapatkan kode temper dari pihak pln anda bisa memasukan sendiri ke meteran anda dan bila tulisan periksa hilang berarti yang error meterannya.

Penutup


Di atas adalah cara untuk memperbaiki meteran listrik prabayar kita yang keluar tulisan periksa, bila artikel ini bermanfaat silahkan share apabila anda merasa kurang faham anda bisa bertanya di kolom komentar di bawah ini

Tuesday, March 06, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar