Pengertian Sutet Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Sutet Serta Kelebihan dan Kekurangannya - SUTET adalah singkatan dari Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi dengan kekuatan 500 kV yang ditujukan untuk menyalurkan energi listrik dari pusat-pusat pembangkit yang jaraknya jauh menuju pusat-pusat beban sehingga energi listrik bisa disalurkan dengan efisien. 
Pengertian Sutet Serta Kelebihan dan Kekurangannya
Tujuan penaikan tegangan listrik tersebut adalah untuk mengurangi energi listrik yang terbuang akibat diubah menjadi energi panas saat melewati kabel listrik sehingga energi listrik bisa disalurkan secara efisien. Hal tersebut penting dilakukan mengingat keadaan geografis dari Indonesia itu sendiri yang sangat luas dan terdiri atas pulau-pulau dimana tidak semua pulau memiliki sember daya alam yang mampu diolah menjadi energi listrik sedangkan listrik merupakan kebutuhan pokok masyarakat dan industri yang harus dibagi secara merata ke tiap-tiap daerah demi mewujudkan “Keadilan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.

Dari sekian banyak bentuk energi yang ada, energi listriklah yang paling banyak dimanfaatkan oleh manusia, hal tersebut dikarenakan energi listrik sangat mudah diubah menjadi bentuk energi yang lain, sehingga hanya dengan memanfaatkan energi listrik maka kebutuhan energi yang lain akan dapat terpenuhi, selain itu energi listrik juga dapat disimpan dan digunakan sewaktu- waktu sesuai kebutuhan jadi akan lebih hemat.

Mengingat kebutuhan masyarakat akan listrik yang begitu besar, maka sesuai dengan UUD 1945 yang menyatakan bahwa “aset yang menyangkut harkat hidup orang banyak dikuasai oleh negara” pemerintah mengambil alih pengelolaan listrik yang ada di Indonesia dalam sebuah Perusahaan Listrik Negara (PLN). PLN berkewajiban menyuplai listrik untuk kemudian dimanfaatkan sebesar-basarnya untuk kepentingan masyarakat dan negara.

Kelebihan dan Kekurangan Sutet


Dalam upaya terlaksananya pembangunan yang merata maka PLN bertugas untuk mendistribusikan listrik dari sumber pembangit listrik ke daerah- daerah lain yang membutuhkan. Mengingat luas negara Indonesia yang sangat luas sehingga jarak yang dibutuhkan dari sumber pembangkit listrik ke daerah tujuan juga sangat jauh. Jika ditinjau maka ini merupakan suatu masalah, kerena apabila listrik ditransmisikan pada jarak yang jauh melalui suatu konduktor, maka lama-kelamaan energi listrik tersebut akan berkurang karena telah berubah menjadi energi panas pada kebel listrik. Untuk menghindari hal tersebut maka salah satu cara yang dilakukan oleh PLN yaitu dengan menaikan tegangan listrik, hal tersebut sesuai dengan hukum fisika yaitu pada tegangan yang sangan tinggi dan kuat arus yang rendah maka listrik tidak akan berubah menjadi energi panas saat dilewatkan pada suatu konduktor.

Sutet sendiri dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu sutet pipa bawah tanah atau bawah air, dan sutet kontsruksi udara. Indonesia sebagai negara yang berbentuk kepulauan menggunakan kedua jenis sutet ini, sutet bawah air digunakaan untuk mendistribusikan listrik antar satu pulau dengan pulau lain, sedangkan sutet kontruksi udara digunakan untuk mendistribusikan listrik di darat. Di negara-negara yang memiliki wilayah sangat luas seperti usa dan russia digunakan tegangan yang lebih tinggi dari 500kv, dan diistilahkan dengan saluran udara tegangan ultra tinggi (sutut) yang besarnya berkisar 765kv sampai 1100kv dimana jenis saluran yang digunakan adalah kontstruksi udara karena biaya pambuatan serta perawatannya lebih murah dan mudah.

Kelebihan adanya Sutet, antara lain untuk menyalurkan energi listrik dari pusat-pusat pembangkit yang jaraknya jauh menuju pusat-pusat beban sehingga energi listrik bisa disalurkan dengan efisien, sedangkan kekurangannya sutet, yakni :

1. Terkena radiasi elektromagnetik

Radiasi elektromagnetik yang ada di aliran listrik diyakini dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Terutama orang yang bermukim sangat dekat dengan gardu listrik maupun SUTET sangat berpotensi terkena radiasi elektromagnetik.

Baca Juga  Manfaat Sutet Dalam Menyalurkan Energi Listrik

2. Kemungkinan terkena penyakit electrical sensitivity

Masyarakat yang hidup di dekat tiang listrik baik gardu listrik hingga SUTET sangat berpotensi menyebabkan hypersensitive atau yang sering kali dikenal sebagai electrical sensitivity. Gejala penyakit ini antara lain pusing, sakit kepala, dan keletihan kronis.

3. Bahaya Kuat Medan Magnet yang Ditimbulkan SUTET 500 KV

Mengatasinya kuat medan magnet yang ditimbulkan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) dengan kekuatan 500 KV inilah yang menimbulkan radiasi yang dikhawatirkan dapat menganggu kesehatan makhluk hidup khususnya manusia. Menurut IRPA dan WHO, batasan panjang kuat medan magnet yang diduga dapat menimbulkan efek biologis untuk umum adalah 0,5 mili tesla..

Kesimpulan


Demikian yang dapat kami bagikan tentang Kelebihan dan Kekurangan Sutet, dimana Sutet sendiri dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu sutet pipa bawah tanah atau bawah air, dan sutet kontsruksi udara. Indonesia sebagai negara yang berbentuk kepulauan menggunakan kedua jenis sutet ini, sutet bawah air digunakaan untuk mendistribusikan listrik antar satu pulau dengan pulau lain, sedangkan sutet kontruksi udara digunakan untuk mendistribusikan listrik di darat. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tuesday, November 06, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar