Dampak Positif dan Negatif Sutet - Sudah sangat banyak sekali penelitian yang menyebutkan tinggal didekat Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) ‎dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan bagi masyarakat yang rumahnya memiliki jarak terlalu dekat dengan SUTET. 
Dampak Positif dan Negatif Sutet
Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jarman menjelaskan, bahwa ada banyak bahaya yang bisa ditimbulkan bila berada terlalu dekat dengan menara atau pun kabel SUTET, salah satunya ancaman tersengat listrik bertegangan tinggi.‎ Wilayah yang layak untuk dibangun saluran listrik ini sebenarnya sudah ditentukan. Sehingga ada istilah "Jarak Bebas Minimum", dimana tidak ada penduduk yang menetap atau tinggal di sekitar area tersebut.

Dampak Positif dan Negatif Sutet


Berbagai macam dampak negatif dari sutet, baik itu dampak bagi lingkungan maupun kesehatan. Berikut dampak sutet untuk kesehatan, antara lain :

1.Leukimia


Sumsum tulang mampu menghasilkan sel-sel darah putih (leukosit) yang berperan dalam sistem imunitas, sehingga tubuh punya kemampuan untuk melawan infeksi. Paparan radiasi SUTET dapat memicu penyakit leukemia, yaitu sejenis kanker yang menyerang leukosit. Dr.Gerald Draper beserta tim peneliti dari "Chilhood Cancer Research Group" di Oxford University menemukan fakta bahwa risiko leukemia meningkat sebesar 70 persen pada bayi yang lahir di wilayah dekat aliran voltase tinggi (kurang dari 200 m). Bahkan, penelitian tersebut menemukan 400 kasus leukemia dalam satu tahun. Kasus penyakit ini tidak terjadi pada mereka yang bermukim, 600 meter dari area tersebut.


2.Kanker  


SUTET mampu menimbulkan radiasi gelombang elektromagnetik yang sangat kuat. Radiasi ini dapat memicu pertumbuhan sel abnormal dan tidak terkendali. Pastinya anda dapat menebak apa yang terjadi. Kerusakan sel sehat yang disebabkan oleh tumor ganas.

3.Cacat pada bayi


Radiasi gelombang elektromagnet yang dihasilkan oleh SUTET juga dapat menyebabkan penyimpangan genetik pada bayi, sehingga dapat menimbulkan penyesalan bagi orang tua.

4.Electrical sensitivity


Dr. Anies, M.Kes pada tahun 2004 pernah mengatakan bahwa radiasi SUTET dapat mengakibatkan kondisi medis yang disebut Electrical sensitivity. Penyakit ini biasanya ditandai dengan gejala seperti pusing, sakit kepala, dan keletihan kronis. 

5.Limfoma


Pada tahun 1979, dua ilmuwan yang bernama Wertheimer dan Leeper mengemukakan teori bahwa paparan medan elektromagnetik dari SUTET dapat mengakibatkan risiko penyakit limfoma, penyakit kulit, ketidak-suburan pada pria, dan mudah marah (emosi tidak stabil).

Baca Juga Bahaya Sutet Dekat Rumah

Sedangkan dampak positif sutet untuk menyalurkan energi listrik dari pusat-pusat pembangkit yang jaraknya jauh menuju pusat-pusat beban sehingga energi listrik bisa disalurkan dengan efisien. 

Akhir Kata


Demikian yang dapat kami bagikan tentang Dampak Positif Dan Negatif Sutet, dimana Sutet selain memiliki dampak negatif untuk lingkungan dan kesehatan, Sutet juga memiliki dampak positif untuk menyalurkan energi lsitrik. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
ARTIKEL TERKAIT

Jadilah komentator pertama!

Kebijakan Komentar
Emoticon
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
}D
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
$-)
(y)
x-)
(l)
Penggunaan Tag & Gambar di Komentar
Menggunakan PRE (block element)
[pre] ... [/pre]

Menggunakan CODE (block element)
[code] ... [/code]

Memasukkan IMG (gambar)
[img src='...'/]

Catatan:
  • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
  • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
  • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
HTML Parser
Input:
Output: