Ini Dia Macam-Macam Pembangkit Listrik yang Harus Anda Tahu


Ini dia macam-macam pembangkit listrik yang harus Anda tahu. Dari masa ke masa, perkembangan teknologi semakin pesat saja, tak ubahnya dengan teknologi listrik. Jika zaman dulu semua masih serba susah tanpa listrik, sekarang sebaliknya, semua serba mudah.
Ini Dia Macam-Macam Pembangkit Listrik yang Harus Anda Tahu

Hal ini tidak lepas dari peranan macam-macam pembangkit listrik yang juga terus berkembang. Pembangkit ini merupakan alat yang mampu memproduksi energi listrik. Bagian yang utama dari pembangkit adalah generator. Generator sendiri merupakan mesin yang berputar dan bisa mengubah energi mekanis menjadi energi listrik. Tentu, hal ini menggunakan prinsip medan magnet serta penghantar listrik. 

Mesin generator adalah penghasil energi yang sangat bermanfaat untuk sebuah pembangkit listrik. Apa sajakah macam pembangkit yang ada di era sekarang ini? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)


Anda tentu sudah mengenal pembangkit listrik yang satu ini, ya. PLTA adalah salah satu pembangkit yang menggunakan aliran air sebagai penggerak turbin generatornya. Proses dari sebuah pembangkit listrik bertenaga air ini sebenarnya sederhana dan erat kaitannya dengan waduk, sungai atau bendungan. Air yang ada di tempat-tempat tersebut akan dialirkan ke arah turbin. Akhirnya, turbin pun akan menggerakkan generator sehingga bisa menghasilkan energi listrik. PLTA masih sangat banyak digunakan di pedesaan yang masih terdapat banyak sungai besar. 

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)


Macam-macam pembangkit listrik selanjutnya adalah yang satu ini. Anda pasti juga sudah mengenalnya, bukan? PLTU menggunakan uap hasil pemanasan ketel uap atau boiler. Uap inilah yang nantinya akan menggerakkan turbin dan generator di pembangkit listrik tersebut. Dilihat dari hal ini, maka bisa disimpulkan bahwa energi utama dari sebuah PLTU adalah bahan bakar. Bahan bakar ini berfungsi untuk memanaskan air yang akan menimbulkan uap penggerak turbin. Generator pun akan bergerak, dan listrik pun akan dihasilkan.

Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)


Berikutnya, pembangkit listrik juga menggunakan tenaga surya. Pembangkit semacam ini biasa digunakan di skala rumahan yang kecil. Namun, sekarang ini gedung-gedung besar juga sudah mulai menggunakannya. Cara kerja dari PLTS adalah dengan menggunakan panel surya untuk menyimpan energi listrik. Energi tersebut disimpan dari panas ke dalam baterai dan bisa digunakan setiap saat jika dibutuhkan. Iklim yang ada di Indonesia sebenarnya sangat cocok untuk mengembangkan PLTS ini. 

Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG)


Pembangkit listrik dengan tenaga gas juga merupakan salah satu dari macam-macam pembangkit listrik. PLTG menggunakan gas sebagai bahan utamanya yang dapat menggerakkan turbin serta generator pada sebuah pembangkit listrik. Dengan ini, gas yang ada di ruang pembakaran akan memiliki tekanan yang tinggi sehingga bisa membuat turbin bergerak. Karena itulah maka akan muncul aliran listrik. Pembangkit ini juga menggunakan bahan bakar yang berbentuk cair ataupun gas. 

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP)


Apakah jenis pembangkit listrik yang satu ini masih asing di telinga Anda? Ya, PLTP merupakan pembangkit listrik yang memanfaatkan panas dari uap bumi untuk menggerakkan turbin atau generatornya. Prinsip kerja dari PLTP ini sebenarnya hampir sama dengan PLTU. Hanya saja, untuk PLTP uap panas yang dihasilkan berasal langsung dari panas bumi. Karena hal itulah maka PLTP ini banyak ditemukan di daerah pegunungan. 

Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD)


Macam-macam pembangkit listrik yang satu ini menggunakan bahan bakar solar sebagai penggerak turbin dan generatornya. Pembangkit diesel ini biasanya hanya digunakan untuk skala rumahan saja. Putaran pada poros diesel lah yang akan menggerakkan generator dan berubah menjadi energai listrik. PLTD ini biasanya dihasilkan oleh genset. Karena banyaknya perumahan yang menggunakan energi pembangkit yang satu ini, tidak heran jika kemudian banyak perusahaan yang juga berlomba-lomba untuk membuat genset dengan kualitas baik dan harga terjangkau. 

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN)


Baca Juga  
Pembangkit yang satu ini adalah pembangkit listrik yang menggunakan reaksi pembelahan inti urianium dalam reaktor nuklir sebagai bahan bakarnya. Dibanding bahan bakar seperti gas, minyak, atau batu bara, pembangkit yang satu ini jelas lebih ramah lingkungan. Prinsip kerjanya pun tak jauh beda dari pembangkit listrik konvensional. Sedangkan di Indonesia sendiri, PLTN masih perlu penelitian yang lebih mendalam lagi. 

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB)


Macam-macam pembangkit listrik yang lainnya adalah yang satu ini. PLTB atau pembangkit listrik dari angin adalah pembangkit yang memanfaatkan tenaga angin. Turbin angin yang digunakan akan terus berputar sehingga generatornya juga akan berputar. Inilah yang kemudian akan menghasilkan energi listrik. Untuk membangun PLTB ini ada beberap hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah kestabilan dan kecepatan angin yang ada. 

Penutup


Nah, itu dia macam-macam pembangkit listrik yang ada saat ini. Bagaimana, banyak sekali macamnya,bukan? bila masih ada yang belom di jelaskan di atas mohon maff  dan bisa ada yang mau di tanyakan silahkan bisa langsung di kolom kometar di bawah ini. Semoga bermanfaat!

Thursday, May 16, 2019 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar