Begini Cara Menghidupkan Token Listrik yang Mati


Begini cara menghidupkan token listrik yang mati. Token listrik menjadi alternatif yang sangat membantu bagi sebagian orang, ya. Pasalnya, banyak orang yang juga tidak mau terbebani dengan membayar tagihan listrik bulanan. Akhirnya, mereka memilih untuk menggunakan token listrik yang pengisiannya fleksibel.
Begini Cara Menghidupkan Token Listrik yang Mati

Namun, kadang kala token listrik ini punya masalah yaitu mati dengan sendirinya. Tentu hal tersebut didasari penyebab yang menjadikan token mati tiba-tiba. Tidak perlu panik, Anda bisa menghidupkan token listrik yang mati itu dengan cara-cara yang akan dipaparkan di bawah ini. Namun, sebelumnya Anda juga harus mengecek terlebih dahulu meteran tersebut dan menemukan penyebabnya sebelu mencoba untuk menghidupkan kembali token yang mati.

MCB Kwh yang Rusak


Salah satu penyebab matinya meteran listrik token adalah MCB Kwhnya sudah rusak. MCB memang tidak bisa tahan lama karena memiliki usia pakai yang terbatas. Karenanya, sebaiknya Anda memanggil teknisi atau tukang listrik untuk mengganti MCB yang rusak ini. 

Coba Lihat MCB Kwh Meter


Jika Kwh meternya menyala tapi kondisi MCB sedang mati, maka cobalah nyalakan kembali MCB. Jika sudah dinyalakan MCB tetap mati, maka kemungkinan beban listrik di rumah Anda sudah terlalu tinggi. Kurangilah pemakaian listrik di rumah sebelum menghidupkan token listrik kembali. 

Coba Lihat Layar Kwh Meter


Lihatlah lampu indikator di Kwh meter token listrik Anda. Jika memang mati dari PLN, maka semua lampu indikatornya akan mati juga. Jika hanya indikator yang menyala dan layarnya mati, maka mungkun token Anda kelebihan beban atau terkena petir.

Cek Token Tetangga Anda


Cobalah untuk mengecek meteran listrik milik tetangga Anda, menyala ataukah mati. Jika mati, berarti PLN memang sedang melakukan pemadaman. Namun, jika menyala, berarti token Anda memang mengalami kerusakan. 

Baca Juga 

Setelah mengecek meteran tersebut, barulah Anda bisa menemukan penyebabnya. Setelah itu, Anda bisa mencoba untuk menghidupkan token listrik di rumah Anda yang mati. Begini langkah-langkah yang bisa Anda coba sendiri untuk mengatasinya.

Coba Diamkan Meteran Terlebih Dahulu


Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mendiamkan meteran yang mati terlebih dahulu selama beberapa detik. Hal ini bisa diterapkan apabila posisi sakelar MCB berada di posisi off dan listrik tiba-tiba saja mati. Cobalah Anda diamkan meteran selama beberapa detik terlebih dahulu, bisa sampai 1 menit. Setelah itu, coba nyalakan kembali MCB ke posisi on. Kemungkinan, listrik token Anda akan kembali menyala. 

Bebaskan Beban Listrik Rumah Anda


Jika sudah menggunakan cara menghidupkan token listrik di atas namun tidak juga berhasil, gunakan cara yang satu ini. Cara ini efektif digunakan bila MCB yang sudah Anda on-kan kembali pada posisi off lagi secara otomatis. Jika begitu, maka Anda harus membebaskan seluruh beban listrik di rumah atau mematikannya lebih dahulu.

Kemungkinan, token Anda mati mendadak karena beban yang sudah terlalu berat. Untuk tahu berapa beban yang ada di meteran listrik token Anda dengan mengetik token kode rahasia. Setelah dicoba, mungkin saja listrik Anda akan kembali menyala.

Coba Isi Pulsa Listrik


Kemungkinan lain yang menyebabkan token listrik Anda mati adalah karena kehabisan pulsa. Hal ini memang terdengar konyol tapi juga sering terjadi. Apa lagi jika Anda dan keluarga memang baru saja keluar atau bepergian dalam jangka waktu lama. Kemungkinan listrik mati tentu karena kehabisan pulsa. Untuk menghidupkannya, tentu Anda harus membeli pulsa listrik untuk mengisi token tersebut. Namun, lebih dulu tentu Anda harus mengecek dulu di meteran token supaya bisa mengetahui bahwa pulsa listrik Anda telah habis.

Coba Panggil Tukang Listrik Profesional


Jika berbagai cara menghidupkan token listrik di atas sudah dicoba namun listrik rumah Anda belum juga mau menyala, maka gunakan cara terakhir ini. Panggillah petugas teknisi PLN resmi untuk memperbaiki listrik Anda. Jika tidak memungkinkan, maka panggil saja tukang listrik yang memang sudah profesional. Tidak perlu susah-susah mencari, karena tukang listrik online pun kini sangat mudah ditemukan. Anda tinggal menghubungi 082299093210, kemudian memanggilnya kapan saja Anda perlukan. Anda tidak perlu takut tertipu jika benar memilih tukang yang bersertifikasi dan profesional tentunya. Jadi, pastikan Anda benar memilih yang terpercaya di situs web yang resmi. Sangat praktis, bukan? Dengan begitu, masalah token listrik yang mati ini akan terselesaikan.

Itu dia beberapa cara untuk menghidupkan token listrik di rumah Anda yang mati dengan tiba-tiba. Jangan cemas dulu, cobalah dulu cara di atas satu per satu, dan jangan pula luput memeriksa penyebabnya. Jika sudah dilakukan namun belum juga menyala, maka Anda tinggal memanggil tukang listrik profesional saja. Demikian, semoga bermanfaat!

Sunday, July 14, 2019 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar