Begini Tips Menghemat Listrik di Rumah Agar Tagihan Tidak Bengkak


Begini tips menghemat listrik di rumah agar tagihan tidak bengkak. Listrik sudah menjadi kebutuhan sehari-hari yang penting dalam kehidupan rumah tangga. Fungsi ini seperti untuk mencuci pakaian, sarana hiburan dengan televisi, dan masih banyak lagi. Tanpa adanya listrik, rumah akan sepi dan kegiatan menjadi susah.

Begini Tips Menghemat Listrik di Rumah Agar Tagihan Tidak Bengkak

Namun, satu hal yang biasanya menjadi masalah adalah soal biaya tagihan listrik yang melonjak. Bila memakai pulsa, maka Anda tentu akan sebal jika setiap 3 hari sekali token di rumah sudah berbunyi. Begitu pula dengan tagihan listrik bulanan, Anda tentu akan heran bila tagihannya tiba-tiba membengkak. Kalau begitu, Anda tentu perlu menghemat listrik di rumah supaya tidak terjadi pemborosan.

Bagaimanakah tips untuk menghemat listrik ini? Simak ulasan berikut sampai selesai, ya!

Matikan Barang Elektronik yang Tidak Digunakan


Pertama, Anda harus pandai-pandai mengelola untuk menyalakan barang elektronik yang menggunakan listrik. Hal ini khususnya berlaku untuk orang yang sering menyalakan alat yang menggunakan listrik, padahal alat tersebut tidak digunakan. Contoh yang paling sering terjadi adalah membiarkan televisi menyala sepanjang waktu padahal tidak ada yang menontonnya. Tanpa disadari, hal ini akan membuat pemakaian listrik menjadi cukup besar. Solusinya tentu dengan mematikan alat elektronik yang menggunakan listrik apabila tidak digunakan. 

Cabutlah Kabel yang Tidak Digunakan Dari Sakelar


Kedua, menghemat listrik di rumah bisa diupayakan pula dengan cara ini. Anda yang memiliki kebiasaan membiarkan charger tetap tercolok pada sakelar padahal charger tersebut tidak digunakan, ubahlah. Perlu Anda ketahui bahwa arus listrik tetap akan mengalir ke perangkat yang masih tercolok dengan sakelar, meski peralatan tersebut dalam keadaan tidak menyala. Tentu ini akan membuat arus listrik terbuang sia-sia dan menambah tagihan listrik Anda. Sebaiknya, cabutlah segala peralatan yang sudah tidak digunakan dari sakelar.

Matikanlah Lampu di Jam Tertentu


Pemerintah pernah menggalakkan aturan untuk mematikan lampu di jam tertentu karena ini memang berpengaruh besar pada besarnya tagihan listrik. Jika Anda termasuk orang yang sering menggunakan lampu di siang hari, maka ubahlah kebiasaan itu mulai sekarang. Biarkan sinar matahari yang menjadi penerang di rumah. Bila tetap terasa gelap, maka tidak ada salahnya mengganti beberapa genting rumah dengan genting yang transparan. Hal tersebut meski hanya langkah kecil saja, namun akan membantu menurunkan biaya tagihan listrik di rumah. 

Nyalakanlah AC Seperlunya Saja


Mungkin Anda sudah tahu bahwa AC merupakan alat elektronik yang punya daya tinggi dan sangat berpengaruh pada besar kecilnya pengeluaran tagihan listrik rumah Anda. Tips menghemat listrik di rumah yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan AC secara tepat dan bijak. Nyalakanlah AC jika memang diperlukan, dan sesuaikan suhu AC dengan berapa jumlah orang yang ada di dalam ruangan. Mengatur suhu AC terlalu kecil bisa membuat tagihan listrik di rumah Anda semakin membengkak. Jika perlu, gunakan timer yang ada di AC supaya AC bisa mati secara otomatis jika Anda lupa mematikannya. 

Gunakan Setrika dengan Benar


Selain AC, setrika juga merupakan salah satu barang elektronik yang bisa menaikkan tagihan bulanan listrik di rumah Anda. Daya listrik untuk setrika ini bahkan lebih besar dari televisi dan alat elektronik lainnya. Saat menyetrika, gunakanlah pengaturan panas otomatis untuk menghemat listrik. Setrika yang seperti ini akan mati secara otomatis jika suhunya sudah tinggi. Hal ini tentu akan membantu Anda menekan biaya tagihan listrik. 

Baca Juga  

Pandai-pandai Memilih Mesin Cuci


Mesin cuci juga merupakan barang elektronik yang bisa memakan daya besar. Anda harus pandai-pandai memilih alat yang satu ini untuk menghemat listrik di rumah. Pilihlah mesin cuci dengan bijak sesuai dengan kebutuhan Anda sehari-hari. Kapasitas mesin cuci yang semakin besar akan membutuhkan daya listrik yang semakin besar pula. Pilih mesin yang cocok dengan kebutuhan sehari-hari Anda dan keluarga. Jangan pula mencuci melebihi kapasitas yang ditetapkan dalam mesin tersebut. Karena, semakin banyak maka daya yang digunakan akan semakin banyak pula. 

Gunakanlah Kulkas Dengan Benar


Kulkas atau lemari es merupakan alat elektronik yang terus menyala. Jika Anda akan bepergian atau meninggalkan rumah, maka alangkah baiknya matikan saja kulkas dan kosongkan bagian dalamnya. Ini akan membantu meringankan biaya tagihan listrik rumah Anda. Selain itu, aturlah suhu kulkas pada suhu yang tidak terlalu rendah. Karena, semakin rendah suhu lemari es ini, konsumsi energi listrik yang dibutuhkan justru akan semakin besar. Lakukan juga perawatan pada kulkas dengan rutin supaya suhunya tetap terjaga dan bisa meminimalisir daya pada listrik.

Penutup


Nah, itu dia beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menghemat listrik di rumah. Bagaimana, mudah atau susah menurut Anda? Jika sudah terbiasa, tentu tidak ada kata susah lagi, ya! Semoga bermanfaat!

Sunday, July 21, 2019 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar