Ini Dia Tips Menghindari Listrik Gampang Jeglek


Ini dia tips menghindari listrik gampang jeglek. Kebutuhan sehari-hari sudah sangat tergantung dengan listrik, ya. Mulai dari aspek apa saja, listrik tidak akan bisa lepas dari kebutuhan. Baik itu dalam rumah tangga, masyarakat, juga lingkup yang lebih besar. Dengan listrik, semua urusan menjadi lebih mudah.
Ini Dia Tips Menghindari Listrik Gampang Jeglek

Namun, kadang listrik gampang jeglek menjadi hal yang menjengkelkan, ya. Tentu saja, di saat-saat penting kejadian listrik jeglek sangat mengganggu aktivitas Anda. Penyebab dari jeglek atau turunnya meteran listrik dengan tiba-tiba ini pun mempunyai banyak penyebab. Anda tidak perlu khawatir jika di rumah mengalami hal yang serupa. Ada lho, tips untuk menghindari agar listrik di rumah tidak gampang jeglek. 

Bagaimana tipsnya? Yuk, simak ulasan berikut sampai selesai!

Hindari Menyalakan Alat Elektronik Bersamaan


Salah satu penyebab dari listrik yang gampang jeglek adalah karena hal yang satu ini. Untuk Anda yang hobi menyalakan beberapa alat elektronik dalam waktu yang bersamaan, sebaiknya ubah mulai sekarang. Hal tersebut akan memicu turunnya meteran listrik di rumah sehingga terjadilah jeglek itu tadi. Ini disebabkan, alat elektronik yang dinyalakan akan membuat lonjakan arus listrik yang jauh lebih besar dibandingkan alat yang dalam posisi standby.

Tentu Anda bisa menyimpulkan bagaimana jadinya jika alat elektronik ini dinyalakan bersama-sama. Sebaiknya, Anda menyalakannya secara bergantian atau bergiliran. Misal dengan memberi jeda beberapa menit antara menyalakan alat yang satu dengan yang lainnya. Jika aliran listrik sudah mulai stabil lagi, barulah nyalakan alat elektronik yang lain.

Minimalisir Menyalakan Pompa Air


Tips selanjutnya untuk menghindari listrik gampang jeglek adalah dengan meminimalisir menyalakan pompa air di rumah Anda. Kenapa harus begitu? Karena, pompa air merupakan salah satu alat elektronik yang jika dinyalakan akan menimbulkan lonjakan arus yang sangat besar. Ada baiknya jika Anda menyalakan pompa ini untuk sekali isi, jangan berkali-kali. Misalnya, sekalian nyalakan pompa air dalam waktu yang lama untuk memenuhi air di bak dari pada sering-sering menyalakannya ketika dibutuhkan. Hal ini akan mengurangi risiko sering jeglek pada instalasi listrik di rumah. Selain itu, tagihan listrik pun bisa jadi lebih ringan karena langkah sederhana ini.

Cobalah Untuk Memperbaiki Instalasi Listrik 


Kebocoran listrik, salah satu penyebabnya adalah karena alat instalasi listrik yang tidak memenuhi standar. Alat tersebut seperti kabel, teknik penyambungan, dan bisa juga groundingnya. Hal ini dapat membuat listrik sering jeglek bahkan bisa merusak alat elektronik yang sedang disambungkan ke instalasi tersebut.

 Hal ini disebabkan karena kebocoran listrik sendiri bisa membuat korsleting pada listrik. Korsleting ini akan mengakibatkan arus menjadi berlebih sehingga meteran listrik pun akan mengalami penurunan atau jeglek. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya saat pemasangan listrik di rumah, Anda harus memilih tukang listrik yang profesional dan bersertifikat demi kenyamanan dan keamanan Anda nantinya.

Pecah dan Bagilah Jalur Listrik di Rumah


Tips untuk menghindari listrik gampang jeglek berikutnya adalah menerapkan hal yang satu ini. Biasanya, mayoritas rumah akan menggunakan satu jalur listrik yang akan terhubung ke seluruh alat elektronik di dalam rumah. Alat elektronik itu lalu akan secara menyeluruh tersambung ke MCB (miniature cirkuit braker) di meteran listrik milik PLN. Hal inilah yang menyebabkan seringnya listrik jeglek di rumah karena seluruh arus berkumpul di satu titik.

Baca Juga 

Untuk menghindarinya, Anda bisa memisahkan jalur tersebut contohnya dengan menggunakan dua buah atau lebi MCB di rumah sebagai pemisah. Jadi, 1 MCB bisa digunakan untuk menampung arus listrik dari alat elektronik yang ada di ruang keluarga, tengah, ruang tamu, dan teras. Sedang 1 MCB yang lain bisa digunakan untuk menampung arus listrik dari elektronik yang ada di kamar tidur sampai dengan dapur. Setelah itu, dari kedua MCB ini barulah diarahkan ke meteran PLN seluruh arus listriknya.

Jangan Memakai Daya Listrik di Luar Kapasitasnya


Listrik gampang jeglek salah satunya disebabkan karena pemakaian kapasitas yang melebihi batas listrik di rumah Anda. Cara mengetahuinya mudah saja, Anda hanya perlu menghitung berapa watt daya yang telah digunakan. Pada saat listrik jeglek, hitunglah perkakas apa saja yang baru Anda nyalakan dan hitung total wattnya. Jika memang melebihi daya dari kapasitas listrik di rumah Anda, maka sudah jelas penyebab jegleknya listrik di rumah tersebut.

Tentu untuk mengatasi hal ini, Anda harus lebih bijak lagi dalam menggunakan listrik yang ada di rumah. Jangan sampai menggunakan secara berlebihan sampai melampaui kapasitas yang seharusnya. Dengan begini, sering jeglek mungkin dapat dihindari.

Penutup


Nah, itu dia cara menghindari listrik gampang jeglek di rumah Anda. Bagaimana, mudah bukan? Mulai sekarang, bijaklah dalam menggunakan listrik dan panggil tukang profesional jika terjadi masalah. Semoga bermanfaat!

Friday, July 26, 2019 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar