Dampak Dari Pemadaman Listrik dan Solusinya


Dampak Dari Pemadaman Listrik dan Solusinya - Saat ini listrik sudah menjadi kebutuhan primer bagi manusia. Listrik sudah banyak digunakan untuk keperluan pekerjaan baik di kantor, perdagangan, restoran, rumah maupun kegiatan lainnya. Jika ketersediaan daya listrik berkurang maka sering terjadi pemadaman listrik secara bergilir.
Dampak Dari Pemadaman Listrik dan Solusinya

Pemadaman secara bergilir ini pastinya sudah banyak dialami oleh siapa pun dan memberikan dampak pada pengguna apalagi pemadaman terjadi tanpa adanya informasi sebelumnya. Banyak orang yang akan mengeluh dengan pemadaman listrik. Mereka tidak bisa menggunakan air, menonton televisi atau menggunakan ponsel karena baterainya yang habis. 

Banyak sekali dampak yang dirasakan oleh hampir semua golongan masyarakat akibat pemadaman listrik ini. Berikut ini beberapa dampak dari pemadaman listrik yang dirasakan para penggunanya:

Terlambatnya laju informasi


Melalui media elektronik seperti handphone, televisi atau radio Anda dengan cepat bisa mendapatkan informasi. Jika terjadi pemadaman listrik, Anda akan sulit mendapatkan informasi tersebut. Apalagi jika Anda sedang membutuhkan informasi yang bersifat darurat. Misalnya dari teman, rekan kerja, ataupun keluarga. Mungkin Anda hanya bisa mendapatkan informasi dari tetangga atau masyarakat sekitar saja. Anda akan cukup kesulitan mendapat informasi dari kejauhan. 

Terbengkalainya Pekerjaan Rumah


Salah satu dampak dari pemadaman listrik yang paling dikeluhkan ialah pekerjaan rumah yang dikerjakan sehari-hari menjadi terbengkalai. Misalnya memasak, mencuci, menyetrika, dan lain sebagainya yang biasanya menggunakan listrik dan harus dilakukan secara manual. Biasanya para ibu rumah tangga akan merasa kerepotan dengan hal ini. Bila menggunakan toren air mungkin kegiatan mandi, mencuci dan sejenisnya dapat terbantu karena air sudah di tampung. Namun bila hanya mengandalkan pompa air maka ketersediaan air otomatis terbatas. 

Banyak Pengeluaran Tak Terduga 


Dampak dari pemadaman listrik yang cukup menyita perhatian Anda yaitu jika sudah membuat pengeluaran yang di luar dugaan. Misalnya Anda tiba-tiba harus membeli lilin untuk penerangan saat malam hari. Apalagi jika pemadaman lebih dari satu malam. Tentunya lilin yang harus di beli lebih banyak lagi. Atau Anda tiba-tiba harus membeli termos es untuk menyimpan barang dari kulkas agar tidak mencair. Hal-hal tersebut memang di luar keinginan Anda walaupun mati lampu merupakan hal yang wajar saja bisa terjadi. Tapi bila dalam waktu yang lama tentu dampak yang terjadi akan berbeda lagi. 

Tidak Adanya Hiburan


Apabila terjadi pemadaman listrik televisi atau radio yang biasa dijadikan sumber hiburan utama dalam kehidupan sehari-hari Anda tidak dapat digunakan. Di tambah lagi pada zaman milenial ini hiburan nomor satu sering di dapat dari ponsel smartphone. Terbayang jika listrik padam lalu ponsel habis baterai, maka ponsel tidak dapat digunakan. Otomatis sumber hiburan Anda seperti game, Youtube, Whatsapp, dll, tidak dapat Anda gunakan pula. 

Meningkatnya Risiko Tindakan Kriminalitas


Jika listrik padam terutama di malam hari otomatis cahaya yang ada akan sangat minim. Anda akan menggunakan cahaya bantuan dari lilin, lampu semprong atau senter. Pada keadaan seperti itu, para penjahat akan lebih mudah melakukan tindakan kejahatan dengan menyusup ke rumah warga atau ke kantor dengan kondisi cctv yang tidak menyala. 

Dampak dari pemadaman listrik ini cukup fatal apabila sampai terjadi. Terlebih gerak-geriknya tidak akan begitu terlihat jelas. Jadi sebaiknya jika mulai padam listrik Anda harus lebih hati-hati dan waspada. Kunci seluruh pintu dan jendela dengan benar jangan sampai ada celah hingga maling bisa masuk ke rumah Anda.
Baca Juga
Beberapa hal di atas merupakan dampak umum dari pemadaman listrik yang terjadi baik di rumah, kantor atau tempat lainnya. Anda dapat meminimalisir dampak dari pemadaman listrik dengan memiliki sumber energi listrik seperti genset (generator set). Genset yaitu mesin yang dapat mengubah energi mekanis menjadi energi listrik melalui induksi elektromagnetik. Genset menghasilkan arus searah (DC) dan arus bolak-balik (AC) dan keduanya dapat digunakan untuk penerangan.

Genset tersebut membutuhkan waktu kurang lebh dari 20 detik untuk menyalakan kembali listrik yang padam. Pada genset terdapat AVR (Automatic Voltage Regulator) yang memuat MT (Mutual Reactor) yaitu sejenis trafo CT (Current Transformer) yang menghasilkan arus listrik berdasarkan besar arus beban yang melaluinya. 

ATS (Automatic Transfer Switch) yaitu switch otomatis pada genset memindahkan power supply ke PLN tanpa pemadaman terlebih dahulu pada saat listrik padam atau saat mengalami gangguan. Sehingga tidak menggangu pengguna dan otomatis genset mati dalam waktu kurang lebih 5 detik. Dengan begitu dampak dari pemadaman listrik tidak begitu terasa oleh Anda. 

Genset ini biasanya hanya digunakan oleh sebuah perusahaan menengah ke atas seperti supermarket, bank, instansi pemerintah, rumah sakit hingga sebuah gedung pertemuan. Hal tersebut karena beberapa tempat sangat rentan dan menimbulkan bahaya bila listrik padam terutama di rumah sakit.  

Namun sebuah desa juga bisa menggunakannya agar tidak terkena dampak dari pemadaman listrik tersebut. Genset bisa digunakan untuk para warga yang dialirkan untuk setiap rumah. Walaupun memerlukan biaya yang banyak serta genset dengan jumlah yang banyak, tetapi keuntungan yang bisa di dapatkan juga cukup banyak.

Monday, August 19, 2019 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar