Tips Hemat Listrik Saat Tinggal di Apartemen


Tips Hemat Listrik Saat Tinggal di Apartemen - Listrik adalah kebutuhan yang sangat penting dan tidak bisa digantikan dengan apapun. Tetapi listrik juga merupakan tagihan tetap setiap orang yang harus dibayarkan setiap bulannya. Tagihan listrik tergantung kebiasaan Anda dalam menggunakan daya listrik melalui perabotan rumah tangga. Walaupun tidak setiap orang memiliki kebiasaan yang sama dalam menggunakan perabotan rumah, ada sejumlah hal yang harus segera mulai Anda lakukan agar Anda bisa lebih hemat listrik di apartemen seperti yang akan dijelaskan berikut ini.
Tips Hemat Listrik Saat Tinggal di Apartemen

Gunakan Lampu Hemat Energi


Listrik paling identik dengan lampu. Karena pada awal perkembangannya listrik pertama digunakan untuk menyalakan lampu. Jika Anda ingin hemat listrik di tempat tinggal Anda, maka Anda perlu memperhatikan soal lampu. Lampu merupakan perangkat utama yang memakan daya listrik paling besar. Tetapi secara teknis lampu bukanlah yang paling boros listrik. Penggunaan lampu yang cukup sering membuatnya yang paling utama soal pemborosan.

Sebagian apartemen dibuat tanpa mendukung penggunaan cahaya matahari. Sehingga membuat Anda harus menyalakan lampu di siang hari. Terlebih lagi bila Anda tinggal di apartemen yang terdiri dari banyak ruangan, tidak semua ruangan dibuat dengan jendela. Oleh karena itu Anda harus menggunakan solusi lainnya, yakni penggunaan lampu hemat energi. Cukup melihat tanda hemat energi (Energy Saver) di lampu tersebut. Contohnya lampu TL, lampu Halogen, dan lampu LED. 

Gunakan Trik Pendingin Alami


Salah satu tips hemat listrik di apartemen yang cukup cerdas ialah dengan menggunakan trik pendingin alami. Pada musim kemarau pemakaian listrik akan lebih besar. Hal tersebut dikarenakan penggunaan pendingin ruangan yang berlebihan. Walaupun cuaca panas tidak dapat dihindari namun Anda masih dapat membuat ruangan sejuk dengan teknik yang alami dan unik.

Anda dapat membuka jendela dan menyalakan kipas angin. Buka kedua jendela, kemudian tempatkan kipas membelakangi jendela yang terbuka agar udara panas keluar. Hal tersebut dapat menciptakan udara sejuk karena udara dari jendela lain dapat mengalir masuk. Selain itu Anda dapat memanfaatkan tanaman yang diletakkan di jendela apartemen. 

Tutup Jendela Jika Ingin Menggunakan AC 


Agar tinggal di apartemen dapat hemat listrik, Anda dapat mencari AC yang hemat energi. Jangan lupa untuk menutup gorden jendela agar cahaya panas matahari tidak masuk ke dalam apartemen. Jika Anda tetap ingin membuka jendela dan mematikan AC, Anda dapat gunakan awning di luar jendela. Awning yaitu semacam gorden eksterior yang berfungsi untuk memantulkan cahaya matahari agar tidak masuk. Apabila Anda membutuhkan kaca jendela baru, maka gantilah dengan yang benar-benar berkualitas. Terdapat beberapa kaca jendela yang diklaim mampu menahan hingga 70% cahaya matahari. Walaupun mahal, penggunaan kaca ini bisa menghemat biaya listrik di kemudian hari.

Gunakan Microwave Oven


Baca Juga
Memasak merupakan kebutuhan utama pada era yang serba cepat ini. Salah satunya menggunaakan mesin pemanas makanan atau oven. Oven ini membutuhkan daya listrik yang sangat besar. Agar hemat listrik, pakailah microwave oven untuk memasak atau memanaskan makanan. Hal ini dikarenakan perangkat ini mampu menghemat 30 persen energi jika dibandingkan dengan oven biasa. Selain itu microwave oven tidak mengakibatkan dapur terasa panas karena ia bekerja dengan gelombang mikro, bukan dengan pemanas biasa.

Bijak Menggunakan Perangkat Elektronik


Penggunaan barang elektronik yang tepat dan sesuai dapat membantu Anda dalam menghemat listrik. Contohnya bila tidak ada orang di apartemen, maka tidak perlu menyalakan kipas angin atau AC, serta lampu. Biasakan selalu matikan semua perangkat elektronik (kecuali kulkas yang bisa menyebabkan kerusakan karena esnya mencair) saat Anda meninggalkan apartemen. Berhati-hatilah jangan biarkan kelalaian Anda menjadikan tagihan menjadi bengkak di bulan berikutnya. Intinya gunakan setiap barang seperlunya dan jangan berlebihan. 

Kurangi Menonton TV


Cara agar hemat listrik di apartemen lainnya adalah dengan mengurangi menonton TV. TV adalah perangkat yang tidak mengutamakan hemat energi. Iklan-iklan saat ini mengutamakan kualitas audio dan visualnya saja. Maka dari itu penggunaan TV harus diatur dengan bijak. Sebisa mungkin kurangi durasi dalam menonton tv. Jangan jadikan TV sebagai hiburan utama, apalagi bila Anda mempunyai anak kecil. Karena selain membuang energi listrik, namun juga berdampak buruk bagi perkembangan anak Anda.

Menjemur Pakaian


Tips hemat listrik di apartemen ini bisa berdampak besar walaupun pengerjaannya sangat sederhana. Jika dapat dikondisikan Anda dapat menggantung handuk, sprei, dan pakaian yang biasanya dikeringkan dengan mesin cuci. Pada saat mengeringkan pakaian maka membutuhkan energi untuk menghasilkan panas. Jadi Anda dapat memanfaatkan cahaya matahari guna mengeringkan pakaian Anda.

Penutup


Beberapa tips hemat listrik di atas dapat Anda lakukan dengan segera bila tidak ingin tagihan listrik terus membengkak. Walaupun cukup repot dan susah di awal, Anda bisa menjadikan penghematan sebagai motivasi Anda.

Sunday, August 18, 2019 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar