Inilah Cara Menambah Daya Listrik PLN yang Wajib Dipelajari


Inilah Cara Menambah Daya Listrik PLN yang Wajib Dipelajari . Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk cukup banyak. Banyaknya jumlah penduduk Indonesia juga berpengaruh terhadap tingkat kebutuhan masyarakat, salah satunya dalam bidang listrik.
Inilah Cara Menambah Daya Listrik PLN yang Wajib Dipelajari

Saat ini hampir 90% masyarakat indonesia menggunakan peralatan rumah tangga yang membutuhkan listrik sebagai daya utamanya. Peralatan-peralatan yang membutuhkan daya listrik ini memang sangat membantu melancarkan kegiatan yang ada dalam rumah tangga. Namun kadang masih ada beberapa masyarakat yang kesulitan menggunakan peralatan rumah tangga ini karena kurangnya daya listrik yang dimiliki.

Menyadari hal ini, pihak PT. PLNpun menyediakan layanan penambahan daya listrik bagi masyarakat yang membutuhkan tambahan daya untuk kegiatan sehari-hari. Informasi cara menambah daya listrik yang disediakan PLN-pun mulai banyak disebarluaskan agar masyarakat bisa menggunakan layanan ini dengan maksimal. Untuk menambah daya listrik, masyarakat sebenarnya hanya perlu mengikuti setiap arahan petugas PLN. Namun tentu saja ada proses-proses yang harus dilakukan agar penambahan daya ini bisa terlaksana. Berikut 2 cara untuk menambah daya listrik yang bisa dilakukan oleh masyarakat.

Mendatangi Kantor PLN


Untuk menambah daya listrik, tentu saja Anda harus mendapatkan bantuan dari pihak PLN. Untuk mendapatkan layanan penambahan daya listrik, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mendatangi kantor PLN yang terdekat dengan lokasi rumah Anda. Cara menambah daya listrik ini bisa membantu Anda untuk lebih mengetahui proses kerja PLN dengan lebih detail sehingga Anda akan yakin dengan hasil kerja yang diterima.

Namun sebelum Anda mengunjungi kantor PLN, ada baiknya Anda menelepon terlebih dahulu ke unit PLN terdekat dengan lokasi Anda dan berbicaralah dengan bagian pelayanan pelanggan. Saat menelepon, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai dokumen apa saja yang harus disiapkan untuk menambah daya listrik.

Alangkah baiknya jika saat mendatangi kantor PLN, Anda sudah membawa seluruh dokumen persyaratan yang dibutuhkan. Adapun persyaratan yang harus dilengkapi di antaranya fotocopy rekening listrik terakhir, fotocopy KTP pemohon, serta denah lokasi bangunan. Cara menambah daya listrik melalui kantor PLN ini juga membutuhkan biaya yang harus dibayar.

Biaya yang dikeluarkan untuk menambah daya listrik berbeda-beda tergantung pada daya yang dibutuhkan. Adapun rincian biaya yang harus dikeluarkan diantaranya meliputi biaya penyambungan yang dihitung dari selisih kenaikan daya, biaya uang jaminan pelanggan, dan biaya materai. Setelah menyediakan biaya tersebut, Anda hanya tinggal membayar biaya di loket pembayaran dan menunggu arahan selanjutnya dari petugas PLN.

Layanan Online


Dalam rangka pemerataan listrik di seluruh Indonesia, PT. PLN mulai melakukan inovasi-inovasi yang cukup mumpuni. Salah satu inovasi yang dilakukan adalah dengan menyediakan layanan pelanggan online. Salah satu layanan PLN yang tersedia secara online adalah layanan penambahan daya listrik. Cara menambah daya listrikonline ini sangat cocok digunakan oleh masyarakat yang enggan beranjak ke unit PLN.

Untuk menambah daya listrik secara online, Anda bisa mengakses situs resmi PT. PLN. Setelah memasuki situs tersebut, Anda hanya perlu mengisi data-data yang dengan tepat seperti data id meter hingga data pelanggan. Jika seluruh data sudah lengkap terisi, Anda akan mendapatkan informasi biaya yang harus dibayarkan.

Dalam situs online ini, Anda juga bisa melakukan pengajuan pengurangan daya. Jika layanan yang Anda gunakan adalah layanan pengurangan daya, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun.Jika Anda telah menyetujui perhitungan biaya yang tertera dalam situs tersebut, Anda akan mendapatkan email konfirmasi dari PLN.

Setelah menerima e-mail konfirmasi, cara menambah daya listrikviaonline berikutnya adalah dengan mengklik link yang diberikan dalam email. Link tersebut merupakan link kode bayar atas biaya penambahan daya listrik yang diajukan. Pelanggan cukup membayar biaya di tempat yang sesuai dnegan petunjuk pada email. Setelah biaya penambahan dibayarkan, pelanggan hanya perlu menunggu hingga petugas PLN datang dan menaikkan daya sesuai dengan pengajuan.

Baca Juga 



Fasilitas penambahan daya listrik ini bisa diajukan oleh masyarakat yang sudah menggunakan listrik prabayar maupun yang masih menggunakan listrik pascabayar. Namun perlu diketahui bahwa jika Anda masih menggunakan listrik pascabayar maka saat mengajukan penambahan daya ini Anda akan diberikan meteran listrik baru dengan sistem prabayar.

Cara menambah daya listrik yang berpengaruh pada perubahan sistem ini masih mengalami penolakan beberapa kalangan. Sistem prabayar atau listrik pintar ini dianggap memberikan tagihan yang cukup tinggi. Pengajuan penambahan daya listrik ini akan selesai dalam jangka waktu sekitar 7 hari kerja jika lokasi bangunan mudah dijangkau dan seluruh proses pengajuan telah di selesaikan.

Itulah beberapa informasi yang perlu difahami bagi masyarakat yang berniat untuk menambah daya listrik. Masyarakat bebas menentukan akan mengajukan penambahan daya listrik melalui kantor PLN ataupun melalui online sesuai dengan kenyamanan masing-masing. 

Kedua cara menambah daya listrik tersebut hanya memiliki perbedaan pada proses pengajuannya saja, namun tetap memiliki proses yang sama saat pelaksanaannya. Sebelum memutuskan untuk menambah daya, alangkah baiknya Anda mempertimbangkan kembali kebutuhan listrik Anda selanjutnya karena hal tersebut akan menentukan perubahan perekonomian keluarga Anda.

Wednesday, August 21, 2019 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar