Inilah Cara Cek Tagihan Listrik yang Perlu Diketahui! - Listrik merupakan suatu kebutuhan pokok bagi masyarakat di zaman ini. Tanpa listrik, maka akan banyak kegiatan yang tertunda pelaksanaannya. Misalnya, pekerjaan di suatu pabrik yang mesinnya membutuhkan listrik sebagai daya penggeraknya. Jika tidak ada listrik, tentu saja mesin-mesin tersebut tidak dapat beroprasi. Dan kegiatan di pabrik tersebut tentunya akan terhenti.

Inilah Cara Cek Tagihan Listrik yang Perlu Diketahui!

Lebih khusus lagi, penggunaan listrik tentu dibutuhkan di setiap rumah sebagai daya untuk menghidupkan alat-alat elektronik dan lampu sebagai penerang di kala siang atau malam. Namun penggunaan listrik ini tidak hanya dinikmati begitu saja, ada biaya yang ditanggungkan kepada pemakai per bulan. Hal ini tergantung seberapa besar pemakaian listrik di rumah. Lalu, bagaimana cara mengetahui cek tagihan listrik? Berikut ulasannya!

Pada dasarnya terdapat dua jenis pemasangan listrik di rumah, yaitu listrik prabayar dan pascabayar. Tentu istilah ini mirip dengan pulsa untuk ponsel, konsepnya pun sama. Listrik prabayar adalah sistem pembayaran listrik dengan pulsa atau token dimana setiap nominal pulsa tertera pada meteran listrik. Jika sudah mau habis, segera isi pulsanya. Tanda pulsa listrik atau token sudah menipis adalah terdengarnya bunyi beep-beep pada meteran listrik sebagai pengingat.

Sedangkan listrik pascabayar adalah sistem pembayaran listrik setelah menggunakan fasilitas listrik selama 1 bulan. Istilah simpelnya, dipakai dulu baru bayar. Sistem pascabayar inilah yang bisa dilakukan cek tagihan listrik, sedangkan prabayar tidak.

Jika melalui telepon, Anda tinggal menghubungi customer service PLN dan menanyakan perihal tagihan listrik. Lakukan panggilan ke call centre PLN di 123, jangan lupa cantumkan kode area. Misalnya, daerah Jakarta, berarti telepon ke (021)-123. Kemudian ikuti petunjuk langsung dari operator. Untuk melakukan panggilan ke nomor call centre PLN, dikenakan tarif telepon normal. 

Selain lewat telepon, Anda juga bisa cek tagihan listrik melalui SMS. Ada dua pilihan, pertama cek tagihan pada kurun waktu 1 bulan. Kedua bisa cek tagihan secara continue. Artinya, Anda akan berlangganan setiap bulan untuk mendapat informasi mengenai tagihan listrik. Cara cek tagihan listrik per bulan adalah kirim sms dengan format REK (spasi) No ID Pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, REK 8990887689 kirim ke 8123.

Jika ingin berlangganan pemberitahuan informasi tagihan listrik maka kirim sms dengan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID pelanggan, kirim ke 8123. Misalnya, PLN ON 987343847361 kirim ke 8123. Jika ingin berhenti berlangganan pemberitahuan tagihan, caranya kirim sms dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID pelanggan,lalu kirim ke 8123.

Bagi pengguna internet, bisa mengunjungi situs website tertentu untuk cek tagihan listrik. Cara lain untuk mengecek tagihan listrik adalah melalui ponsel berbasis iOS. Terdapat beberapa aplikasi pada App Store yang tersedia untuk mengecek tagihan listrik Anda . Misalnya, PLN Mobile dan Info Cek Tagihan Listrik. Semuanya dapat diunduh secara gratis pada ponsel Anda.

Salah satu aplikasi untuk cek tagihan populer untuk listrik yang banyak digunakan oleh pengguna iOS adalah PLN Mobile. Aplikasi ini merupakan suatu aplikasi resmi dari PT PLN. Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk mengecek tagihan, tapi juga dapat digunakan untuk cek riwayat pemakaian listrik, token listrik, info progress permohonan, info status listrik dan sebagai sarana pengaduan atas keluhan pelanggan.

Baca Juga

Selanjutnya ada pula cara cek tagihan listrik melalui Android. Tak perlu khawatir, bukan hanya pengguna iOS saja yang dapat mengecek tagihan listrik melalui gadget mereka, pengguna Android juga bisa.  Bahkan, aplikasi yang tersedia di Android lebih banyak jika dibandingkan iOS. Namun tentu lebih baik gunakan aplikasi resmi dari PT PLN seperti PLN Mobile for Android. Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk cek tagihan melalui gadget berbasis Android adalah unduh aplikasi PLN Mobile di Google Play. 

Anda bisa juga berlangganan Email PLN dengan mendapatkan pemberitahuan mengenai tagihan listrik melalui email. Untuk mendapatkan email berupa e-billing yang berisikan tagihan listrik ini, Anda terlebih dahulu harus terdaftar di e-billing PLN. Dulu caranya dapat langsung daftar pada website, namun karena terdapat perubahan antarmuka laman resmi PLN, Anda bisa menanyakan hal tersebut via email di pln123@pln.co.id atau lewat akun media sosial resmi PLN.

Alternatif lain untuk mengetahui cek tagihan listrik PLN adalah dengan langsung datang ke kantor cabang PLN terdekat dengan kediaman Anda. Dengan langsung menyambangi kantor cabang PLN tersebut, Anda bisa langsung menanyakan informasi terkait tagihan listrik dan status tagihan di loket yang tersedia. 

Itulah beberapa cara untuk cek tagihan listrik yang dapat Anda lakukan. Pilihlah cara yang paling mudah Anda lakukan agar mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Jadilah komentator pertama!

Kebijakan Komentar
Emoticon
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
}D
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
$-)
(y)
x-)
(l)
Penggunaan Tag & Gambar di Komentar
Menggunakan PRE (block element)
[pre] ... [/pre]

Menggunakan CODE (block element)
[code] ... [/code]

Memasukkan IMG (gambar)
[img src='...'/]

Catatan:
  • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
  • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
  • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
HTML Parser
Input:
Output: