Lebih Irit, Ketahui Cara Hemat Listrik Mesin Cuci!  - Di zaman yang serba canggih ini segala sesuatu kini dibutakan alat yang lebih praktis. Salah satunya dalam hal mencuci yang kini banyak tersedia mesin untuk mencuci. Tak perlu repot mengeluarkan banyak tenaga menyikat baju satu per satu.
Lebih Irit, Ketahui Cara Hemat Listrik Mesin Cuci!

Mesin cuci kini sudah menjadi bagian hidup bagi banyak rumah tangga karena sangat praktis dan dapat lebih menghemat waktu. Mesin ini kan sangat membantu terutama bagi ibu rumah tangga yang memiliki balita atau waktu yang terbatas karena harus bekerja. Tak heran banyak produsen yang menawarkan berbagai mesin cuci dengan fitur canggih, karena memang banyak peminatnya.

Menggunakan mesin cuci memang erat kaitannya dengan kenaikan tagihan listrik. Hal ini karena peralihan dari mencuci dengan tenaga manusia ke tenaga mesin. Namun tidak berarti tagihan listrik dan air Anda akan melonjak secara signifikan terutama jika Anda mengetahui cara hemat listrik mesin cuci secara bijak. Beralih ke mesin cuci memang akan menaikkan tagihan listrik rumah, tapi ada siasat jitu memakai mesin cuci secara hemat listrik agar tagihan tidak terlalu membengkak. Jika cermat maka akan sangat menguntungkan bagi Anda. 

Langkah awal Anda dapat memilih siklus cuci yang lebih singkat dan gunakan detergen yang berkualitas sehingga lebih efisien mengangkat kotoran dalam waktu singkat. Baca buku manual tentang mesin cuci Anda untuk dapat mengetahui fitur-fitur apa saja yang bisa lebih menghemat listrik.

Lalu apa saja cara hemat listrik mesin cuci tapi tetap bisa menggunakan mesin cuci untuk membantu keperluan rumah tangga? Ada banyak cara untuk menghemat listrik rumah tangga tanpa harus menghindari penggunaan mesin cuci. Rahasianya adalah dengan mengetahui apa saja yang mengonsumsi banyak energi listrik pada mesin cuci dan bagaimana cara untuk menyiasatinya.
Cara hemat listrik dengan mesin cuci diawali dengan mengetahui fitur apa saja yang dapat menghabiskan banyak energi listrik. Selain itu, pilihan detergen yang tepat juga merupakan salah satu cara untuk dapat menghemat energi. Berikut ini penjelasannya!

Fitur Siklus Cuci Singkat


Fitur ini berarti cucian dapat dibilas sekali saja untuk menyingkat waktu dalam mencuci sehingga dapat lebih menghemat listrik. Jika cucian terlihat lebih kotor dari biasanya karena noda makanan, lumpur, dan noda lainnya, maka kucek bagian yang bernoda dengan menggunakan sedikit detergen sebelum memasukkan pakaian tersebut ke mesin cuci. Cara hemat listrik mesin cuci ini tentu sangat memengaruhi tagihan listrik.

Detergen yang Berkualitas


Pilihan detergen juga berpengaruh besar terhadap penghematan listrik dan air. Detergen yang dapat mengangkat noda dan kotoran secara efektif serta mudah untuk dibilas merupakan pilihan yang tepat untuk menghemat energi. Detergen berkualitas juga mudah larut di air sehingga daya cucinya lebih maksimal, bahkan pada air dingin sekalipun. Detergen yang mudah larut juga berarti memerlukan siklus untuk mencuci dengan sekali bilas saja.

Penuhi Tabung Cuci 


Ini merupakan cara hemat listrik mesin cuci yang perlu dijadikan kebiasaan. Dengan memenuhi tabung cuci, tidak ada air yang terbuang sia-sia dan berarti juga tidak perlu sering-sering menggunakan mesin cuci. Cara ini tentu akan lebih menghemat penggunaan listrik sehingga tagihannya tidak terlalu membengkak.

Suhu Air yang Rendah


Baca Juga 
Apa pun yang mengeluarkan energi panas biasanya dapat mengonsumsi banyak listrik. Demikian juga dengan fitur pemanas air yang ada pada mesin cuci. Oleh sebab itu, memilih menggunakan suhu air yang rendah atau dingin merupakan satu langkah penghematan listrik yang paling signifikan. Hal yang satu ini tampak sederhana namun tentunya berpengaruh pula pada tagihan.

Keringkan Secara Alami


Beberapa mesin cuci dilengkapi dengan fitur pengering cucian, selain memeras. Fitur ini juga dapat menyerap banyak listrik karena untuk mengeringkan cucian maka mesin perlu menghasilkan panas. Oleh karenanya, akan lebih menghemat listrik jika Anda dapat mengeringkan cucian secara alami di udara yang terbuka. 

Jika perlu sekali menggunakan pengering, gunakan sebentar saja hanya sekitar 10-15 menit kemudian jemur cucian di udara terbuka. Manfaat menjemur cucian adalah cucian dapat beraroma lebih segar dan juga tidak kusut jika dijemur dengan benar. Cara hemat listrik mesin cuci ini tidak terlalu mengandalkan mesin cuci untuk mengeringkan. Lebih hemat listrik dan juga efektif untuk merapikan pakaian. Namun bukan berarti mengabaikan fitur pengering. Anda hanya harus mengetahui cara yang tepat untuk menggunakan pengering tersebut.

Penggunaan mesin cuci memang sangat menghemat tenaga namun beberapa hal di atas mengenai cara hemat listrik mesin cuci perlu untuk diperhatikan agat Anda tidak banyak mengeluarkan uang untuk membayar tagihan listrik. Tidak hanya menghemat waktu, Anda juga dapat lebih menghemat pengeluaran untuk listrik. Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT

Jadilah komentator pertama!

Kebijakan Komentar
Emoticon
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
}D
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
$-)
(y)
x-)
(l)
Penggunaan Tag & Gambar di Komentar
Menggunakan PRE (block element)
[pre] ... [/pre]

Menggunakan CODE (block element)
[code] ... [/code]

Memasukkan IMG (gambar)
[img src='...'/]

Catatan:
  • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
  • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
  • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
HTML Parser
Input:
Output: