Alasan Seringnya Listrik Padam di Rumah Anda


Alasan Seringnya Listrik Padam di Rumah Anda – Listrik seringkali padam tiba-tiba ditenga-tengah aktivitas Anda dirumah? Hal itu tentu membuat Anda kesal, apa lagi jika listrik mati ketika film atau sinetron yang Anda tonton sedang seru-serunya, atau ketika Anda sedang lapar-laparnya rice cooker yang sedang menanak nasi tiba-tiba mati. Penyebab padamnya listrik ini bukan hanya karena gangguan listik dari pusat, tetapi bias saja pemadaman tersebut terjadi karena arus listrik di rumah Anda sendiri. 
Alasan Seringnya Listrik Padam di Rumah Anda

Jika pemadaman terjadi terus menerus di rumah Anda, tidak perlu khawatir karena kejadian ini disebabkan karena beberapa faktor yang berdampak pada listrik turun atau padam. Lalu faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan listrik menjadi padam? Berikut kami rangkum beberapa faktor yang menjadi alas an mengapa listrik sering padam di rumah Anda dalam ulasan berikut ini:

Pemakaian Arus Listrik Melebihi Daya Listrik Rumah


Setiap rumah memiliki daya listrik yang berbeda-beda, bisa 450 watt, 900 wat, 1300 watt, atau lebih. Besarnya daya listrik bergantung pada banyaknya alat-alat elektronik yang dapat di nyalakan pada waktu yang sama. Jika daya listrik rumah kecil, tentu jumlah alat elektronik yang dapat Anda nyatakan terbatas. Oleh karena itu, untuk menghindari listrik padam, Anda harus mengetahui terlebih dahulu besaran daya listrik yang ada di rumah, sehingga pengguanaan alat elektronik dapat Anda atur dengan baik untuk menghindari padamnya listrik.

Adanya Masalah Instalasi Kelistrikan


Pemasangan atau instalasi kelistrikan tidak dapat dilakukan secara asal, harus dilakukan dengan baik dan dilakukan oleh orang yang paham betul dengan kelistrikan. Jika terjadi kesalahan instalasi listrik, maka listrik di rumah Anda akan sering turun atau padam. Kemudian, untuk menangani masalah instalasi kelistrikan tersbut, Anda harus memanggil ahli kelistrikan yang dapat memeriksa jenis kesalahan pada saat proses instalasi. Ketika memanggil ahli kelistrikan, Anda juga dapat meminta untuk dilakukan pengecekan kondisi listrik di rumah secara keseluruhan, agar listrik padam tiba-tiba tidak terjadi lagi di rumahAnda.

Adanya Masalah pada Mini Circuit Breaker (MCB)


MCB ini adalah alat yang berfungsi untuk memutuskan sambungan arus listrik jika kelebihan beban. Kerusakan pada MCB akan menyebabkan listrik di rumah Anda padam, dan tidak akan kembali menyala apa bila MCB belum diperbaiki. Oleh karena itu, Anda perlu untuk merawat MCB dengan melakukan pengecekan secara berkala khususnya jika di rumah Anda listriknya sering mati atau padam secara tiba-tiba. Apabila MBC di rumah rusak, Anda dapat menggantinya dengan yang baru dan jika perlu panggil ahlli kelistrikan untuk menggantinya sebagai upaya menghindari listrik padam kembali.

Pemasangan Sekring Bermasalah


Penyebab lain yang mengakibatkan sering padamnya listrik di rumah secara tiba-tiba adalah sekring yang tidak terpasang dengan benar. Jika sekring yang dipasang longgar, maka kemungkinan besar listrik dirumah mudah terputus karena sekring bias saja terlalu panas atau arus listrik yang telalu berat. Pilihan terbaik yang bias Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan kotak circuit breaker otomatis sebagai pengaman. Pemasangan kotak sekring mudah dilakukan, dan mungkin bias Anda lakukan sendiri dengan catatan listrik harus dimatikan terlebih dahulu untuk menghindari adanya korsleting listrik.

Kabel Listrik Tidak Sesuai Standar


Baca Juga
Tidak sembarang kabel dapat anda gunakan untuk lisrtik di rumah, terdapat standar tertentu yang ditentukan PLN atau SNI mengenai kelayakan kabel untuk digunakan. Setidaknya terdapat tiga kabel yang sering digunakan dalam instalasi listrik yaitu kabel NYA, NYM, dan NYY yang penggunaannya harus disesuaikan dengan kapasitas daya listrik di rumah Anda. Besar kabel arus pengantar yang digunakan haruslah lebih besar dari rating MCB, jika tidak sesuai maka akan menjadi penyebab listrik padam di rumah Anda. Jika Anda merasakurang pengetahuan mengenai standarisasi kabel listrik, sebaiknya Anda hubungi ahli kelistrikan untuk membantu pemilihan kabel yang tepat.

Korsleting Arus Listrik


Korsleting arus listrik diakibatkan oleh adanya hubungan pendek arus listrik yang menyebabkan listrik mati. Adanya korsleting listirk dirumah, dapat Anda buktikan dengan kondisi fuse box dan sekring yang terpasang masih bagus. Jika listrik mati karena korsleting listrik, segera matikan semua alat elektronik yang tersambung dengan listrik. Jauhkan pula sumber korleting dari jangkauan anak-anak untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Masalah korsleting ini tidak dapat dianggap remeh karena banyak kejadian yang sampai merenggut korban jiwa. Oleh karena itu, jika mengetahui listrik padam secara tiba-tiba karena korsleting, segeralah hubungi ahli kelistrikan untuk memperbaikinya.

Penutup


Itu tadi beberapa faktor yang mungkin menjadi alas an sering padamnya listrik di rumah Anda. Karena permasalahan listrik ini tidak bias dianggap remeh, maka sebaiknya Anda perlu berhati-hati untuk memperbaikinya. Jika Anda kurang memahami masalah kelistrikan, segera hubungi ahlinya apa bila masalah listrik padam ini sering terjadi. Semoga bermanfaat!

Monday, October 28, 2019 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar