Hal yang Harus Dilakukan Ketika Listrik Padam Tiba-tiba


Hal yang Harus Dilakukan Ketika Listrik Padam Tiba-tiba – Mati listrik apa lagi secara tiba-tiba menjadi hal yang mengganggu dan membuat Anda merasa jengkel, karena dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Apa lagi jika listrik mati atau padam tiba-tiba di malam hari dan ternyata hanya terjadi di rumah Anda saja. Bagi kita yang awam terhadap hal-hal kelistrikan tentu akan bingung dan cenderung panic ketika hal tersebut terjadi. 

Hal yang Harus Dilakukan Ketika Listrik Padam Tiba-tiba

Padamnya listrik di rumah disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa diantaranya mungkin dapat kita perbaiki sendiri atau harus diperbaiki oleh orang yang ahli dalam bidang kelistrikan. Sebagai orang awam ada baiknya kita tidak boleh gegabah mengambil tindakan untuk memperbaiki listrik yang padam, karena hal-hal mengenai kelistrikan ini tidak jarang menimbulkan kejadian yang membahayakan. Namun, kita juga bukan berarti harus diam ketika listrik mati tiba-tiba. Terdapat beberapahal yang dapat kita lakukan ketika listrik tiba-tiba padam diantaranya:

Mengecek Display KWH Meter


Hal yang dilakukan ketika listrik padam secara tiba-tiba di rumahAnda adalah mengecek display KWH meter. Periksalah indikator LED atau display KWH meter apakah masih menyala atau tidak. Jika mati, maka sudah dipastikan bahwa padamnya listrik di rumah Anda disebabkan karena adanya gangguan listrik terjadi di pusat. Apa bila demikian, hal yang dapat Anda lakukan hanyalah menunggu hingga gangguan dari pusat telah diperbaiki dan listrik menyala normal kembali.

Sedangkan untuk listrik prabayar yang mati total, bias disebabkan karena berbagai hal. Biasanya pemadaman secara tiba-tiba terjadi karena adanya gangguan dari PLN setempat. Gangguan listri dirumah ini bias disebabkan karena pengaman KHW meter bereaksi terhadap petir, kelebihan tegangan (over voltage), atau kelebihan beban (over current). Jika terjadi masalah-masalah tersebut, maka pengaman akan memutusarus listrik dan menyebabkan listrik padam atau mati. Untuk mengatasi masalah ini, jika Anda tidak memahami masalah kelistrikan sebaiknya segera memanggil teknisi yang ahli untuk memperbaikinya.

Mengecek Kondisi Mini Circuit Breaker (MCB)


Hal lain yang dapat dilakukan ketika listrik rumah tiba-tiba padam adalah dengan mengecek kondisi MCB pada KWH meter. Jika KWH meter masih menyala dan kondisi MCB berada pada mode OFF, Anda bias mencoba untuk memindahkan kembali MCB kedalam mode ON. Kondisi MCB dalam keadaan OFF ini bias saja disebabkan karena beban listrik di rumah terlalu tinggi, dan MCB secara otomatis memutus kontaknya karena arus listrik yang mengalir melebihi batas.

Kemudian jika Anda sudah mencoba untuk memindahkan mode ON pada MCB tetapi saklarnya kembali pada kondisi OFF, jangan pernah sekali-kali Anda mencoba untuk memaksakan MCB menyala pada kondisi ON karena ini adalah tanda bahwa listrik padam di rumah Anda terjadi karena korsleting listrik. Sekedar informasi untuk Anda, korsleting listrik ini terjadi karena adanya hubungan pendek arus listrik. Jika terjadi korsleting, hal pertama yang harus dilakukan adalah mematikan seluruh perangkat listrik. Setelah itu, coba untuk menyalakan MCB pada mode ON, jika bisa tetap dalam mode ON maka Anda dapat memulai menyalakan perangkat elektronik satu persatu.

Jika listrik kembali padam saat mencoba menyalakan salah satu perangkat elektronik, maka dapat ditebak bahwa perangkat tersebutlah yang menyebabkan korsleting listrik. Apa bila Anda masih merasa tidak yakin, cobalah untuk memanggil teknisi ahli untuk melakukan pemeriksaan kondisi listrik di rumah Anda secara keseluruhan dan memperbaikinya.

Memeriksa Saklar MCB yang Mungkin Sudah Usang


Baca Juga 
Hal ini dapat Anda lakukan jika setelah melakukan cara pertama dan kedua ternyata perangkat listrik di rumah tidak ada yang salah dan juga tidak terdapat gangguan pada instalasi listrik. MCB yang tetap berada pada posisi yang turun ini kemungkinan di sebabkan karena saklar mekanis yang ada pada MCB mengalami kerusakan dan menyebabkan listrik padam. Kerusakan pada saklar ini bias terjadi akibat factor usia penggunaan, sehingga saklar mengalami penuruanan kualitas dan menyebabkan MCB sering kali turun. 

Memperbaiki atau mengganti perangkat pada MCB tidak boleh dilakukan oleh sembarangan  orang. Perbaikan atau penggantian haruslah di lakukan oleh seorang teknisi ahli kelistrikan agar tidak terjadi kesalahan yang mungkin akan menyebabkan permasalahan atau kejadian yang tidak di inginkan. Oleh karena itu, segeralah hubungi teknisi apa bila listrik padam di rumah Anda di sebabkan oleh hal ini agar masalah tertangani dengan baik dan listrik kembali menyala normal.

Itu lah beberapa hal yang dapat Anda lakukan jika listrik di rumah tiba-tiba padam. Tidak perlu panik, dan cobalah ikuti arahan-arahan tersebut. Sebagai catatan, selain di sebabkan karena masalah-masalah yang di jelaskan diatas, padamnya listrik di rumah Anda bias juga terjadi sebagian dengan kondisi meteran tidak turun yang di sebabkan karena instalasi listrik yang kurang baik. Kemudian, yang perlu Anda ingat adalah jangan pernah raguu ntuk memanggil teknisi untuk memulihkan kondisi listrik padam dengan cara yang lebih aman. Semoga bermanfaat!

Friday, November 15, 2019 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar