Tukang-listrik.com - Sumber Energi listrik merupakan kekuatan yang diciptakan dari pelbagai sumber dan diperlukan oleh kelengkapan listrik. Listrik yang memiliki satuan ampere (A), konsumsi tenaga listrik watt dan tegangan listrik dengan satuan volt (v). Listrik banyak di konversikan menjadi kekuatan lain untuk mendorong aktivitas seperti lampu, genset dan setrika (panas).

Beragam Jenis Sumber Energi Listrik yang Perlu Kamu Tahu

Listrik emang mengendalikan peranan yang sangat penting dalam kehidupan kita. Dapat dibilang listrik sudah menjadi sumber kekuatan utama dalam setiap aktivitas manusia bagus di rumah tangga ataupun industri. Mulai dari kelengkapan dapur sampai mesin pabrik-pabrik besar malah pesawat terbang, semua memerlukan listrik. 

Jika disuruh menceritakan jenis-jenis sumber kekuatan listrik yang diciptakan atau ditanya mengenai dari mana listrik berasal, pastinya jawabannya merupakan dapat didapat dari sumber kekuatan batu bara, minyak, sang surya, panas bumi, angin, gelombang dan nuklir. Lebih jelasnya mari kita bahas Jenis Sumber Energi Listrik.


Berikut merupakan model Jenis Sumber Energi Listrik


1. Minyak


Diesel memakai minyak sebagai bahan bakar untuk menjadikan energi listrik. Minyak bisa dengan gampang ditemukan di Indonesia sebab kaya akan dengan sumber tenaga. Generator diesel atau genset banyak dipakai di Indonesia yang masih kekurangan akan pasokan listrik, terlebih di tempat-tempat. 

Minyak merupakan salah satu sumber energi yang tak bisa diperbaharui mengingat butuh jutaan tahun untuk memprosesnya, alternative lainnya yakni mencari alternatif daya lain.


2. Angin


Angin merupakan salah satu sumber daya listrik yang diperoleh secara cuma-cuma,melainkan dalam perakteknya kita membutuhkan pembangkit listrik/ turbin yang cukup besar untuk bisa kekuatan dari angin hal yang demikian. 

Pembangkit ini membutuhkan daerah yang lapang dan mempunyai kwalitas angin yang cepat. Tenaga| angin banyak di manfaatkan didaerah pegununggan.


3. Matahari 


Tenaga Matahari merupakan tenaga terbaharukan yang di manfaatkan sebagai substitusi daya minyak. Tenaga Matahari mengaplikasikan panel surya sebagai media. Tenaga sang surya ini memang tak terbatas, melainkan butuh tarif yang cukup besar untuk membangun reaktornya. Tenaga ini tak bisa diterapkan dikala cuaca sedang mendung atau berawan.


4. Gelombang


Kekuatan ini memanfaatkan gelombang laut atau ombak yang ada di laut untuk mewujudkan energi listrik. Energi ini benar-benar bagus untuk lingkungan sebab tak memunculkan polusi. Hal yang diperlukan untuk mengambil kekuatan ini yakni sebuah reactor. 


5. Batu Bara


Batu baru sungguh-sungguh gampang di dapatkan, banyak sekali Negara penghasil batu bara yang alhasil dimanfaatkan sebagai tenaga listrik. Batu bara sesungguhnyabenar-benar tak ramah lingkungan, mengingat asap yang diciptakan pada ketika pelaksanaan ini betul-betul membahayakan bagi kesehataan ozon dan lingkungan di sekitarnya.

Baca Juga


6. Nuklir


Nuklir ialah salah satu sumber tenaga yang maha dahsyat. Selain sebagai pembangkit listrik nuklir juga dipakai pada senjata-senjara modern ketika ini. Hal bagus pada energi nuklir yaitu dengan memakai sedikit bahan bisa menciptakan energi yang cukup besar. 

Kelemahan nuklir yakni tak boleh terjadi kekeliruan atau kecelakaan kerja sebab bisa menjadi petaka yang cukup besar. Nuklir seharusnya ditangani oleh orang-orang yang telah memiliki kualifikasi dibidangnya. Perlu perhatian lebih jikalau suatu Negara berkeinginan memakai tenaga nuklir ini


Penutup


Sekian penjelasan perihal Jenis Sumber Energi Listrik berasal. Berkembangnya zaman kian banyak sumber tenagaterbarukan yang ramah lingkungan dan stabil. Manusia terus menghasilkan inovasi penemuan penemuan kreatifbaru yang hebat dan bisa di pakai secara optimal untuk masa yang akan datang.


RELATED POSTS

Be the first comentator!

Comment Policy
Emoticon
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
}D
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
$-)
(y)
x-)
(l)
Use of Tag & Image in Comments
Menggunakan PRE (block element)
[pre] ... [/pre]

Menggunakan CODE (block element)
[code] ... [/code]

Memasukkan IMG (gambar)
[img src='...'/]

Catatan:
  • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
  • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
  • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
HTML Parser
Input:
Output: