Tukang-listrik.com - Listrik statis merupakan peristiwa kelistrikan yang acap kali terjadi di mana partikel bermuatan di transfer atau bermigrasi dari satu daerah ke daerah yang lain. Umpamanya ketika menyisir rambut, tanpa terasa rambut terangkat mengikuti arah sisiran. Peristiwa ini adalah fenomena listrik statis. Bagimanakah bisa terjadi amati penjelasan berikut! 

Pengertian dan Fenomena Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam listrik statis terdapat fenomena perpindahan muatan. Selama proses penggosokan dua buah benda satu sama lainnya, muatan tidaklah muncul. Kondisi muatan didasarkan pada perpindahan muatan. 


Fenomena Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari


Salah satu benda kehilangan elektron, sementara itu benda lain mendapatkan elektron. Pada penggosokan batang kaca dengan sutera, misalnya saja, elektron dipindah atau ditransfer dari kaca ke sutera atau sebaliknya.

Misalnya benda yang memiliki muatan positif didekatkan ke benda netral, benda yang bermuatan akan menarik muatan yang berlawanan dan menolak muatan yang sejenis dalam benda netral tersebut. 

Akibatnya, salah satu sisi benda netral (yang lebih mendekati dengan benda bermuatan positif) berubah bermuatan negatif kemudian sisi lainnya berubah menjadi bermuatan positif. Proses ini dinamakan dengan pengisian muatan dengan induksi.


Contoh Fenomena Listrik Statis yang Sering Kamu Jumpai.


1. Terbentuknya petir saat hujan.


Dikala akan hujan, kumpulan awan menyusun awan besar sehingga terjadi pergesekan antara awan satu dengan awan lainnya. Pergesakan ini akan menjadikan elektron bergerak secara bebas hingga membentuk pergesekan muatan listrik yang turun dari awan ke dataran bumi yang kemudian dinetralkan.


2. Menggosokkan batang plastik bersamaan dengan kain wol.


Kedua benda hal yang demikian mempunyai muatan netral, tetapi ketika dua benda hal yang demikian digesekkan karenanya akan terjadi perpindahan elektron dari kain woll ke penggaris plastik, yang menyebabkan penggaris plastik mendapati muatan negatif dan kain woll memdapati muatan positif.


3. Mesin Fotokopi.


Mesin foto kopi mempunyai bagian pelat logam berlapiskan selenium yang berada pada bagian tengah lalu terdapat baki pengembang dengan toner (bubuk hitam halus) didalamnya. Pola toner setelah itu akan dialihkan keatas kertas kosong kemudian dipanggang diatasnya


4. Percikan api terhadap ban truk dengan jalan raya / aspal.


Fenomena Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari selanjutnya adalah Percikan api terhadap ban truk dengan jalan raya. Adanya gesekan antara ban mobil atau truk dengan jalan mewujudkan muatan listrik yang negatif padahal komponen badan logam mobil atau truk yang berdekatan dengan ban menjadi bermuatan positif sebab adanya induksi. 

Hal ini bisa berdampak pada munculnya percikan api dan dapat berdampak bahaya adalah bisa membakar muatan mobil tersebut yang memiliki sifatgampang terbakar sepeti bensin.


5. Cat Semprot.


Sistem dari cat semprot yakni adanya pergesekan antara butiran cat dari aerosol dengan mulut pipa semprot dan udara sehingga menjadikan beban. Apabila benda yang akan di cat di beri bobot yang berlawanan, karenanya butiran cat tersebut akan beratensi ke badan benda.

Baca Juga


6. Menggosokan kain sutra dengan kaca.


Kain sutra yang digosok-gosokkkan dengan batang kaca. Karenanya akan terjadi tanggapan tarik-menarik antara dua benda tersebut. Ini dikarena elektron dari batang kaca akan bermigrasi ke kain sutera sehingga batang kaca akan mempunyai muatan positif dan batang kaca akan mempunyai muatan negatif

Cukup sampai disini penjelasan mengenai Pengertian dan Fenomena Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari, ternyata banyak sekali contoh-contoh yang terjadi dalam khidupan sehari-hari kita, akan tetapi kita tidak menyadarinya. Semoga artikel ini membantu kalian untuk memahami apa itu listrik statis serta contohnya. Sekian

RELATED POSTS

Be the first comentator!

Comment Policy
Emoticon
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
}D
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
$-)
(y)
x-)
(l)
Use of Tag & Image in Comments
Menggunakan PRE (block element)
[pre] ... [/pre]

Menggunakan CODE (block element)
[code] ... [/code]

Memasukkan IMG (gambar)
[img src='...'/]

Catatan:
  • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
  • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
  • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
HTML Parser
Input:
Output: