Tukang-listrik.com - Artikel ini akan berisi mengenai apa itu motor listrik serta penjelasannya. Dalam dunia kelistrikan, Mesin listrik yakni suatu istilah umum untuk suatu peralatan/mesin yang mengaplikasikan kekuatan listrik seperti Motor listrik, Generator listrik, Transformator dan juga peralatan lainnya. 
Apa Itu Motor Listrik dan Bagian-Bagiannya

Masing masing dari bagian hal yang demikian mengkonversi kekuatan yang terkait dengan listrik. Mesin listrik statis yakni suatu mesin yang tak memiliki bagian yang bergerak, contohnya: Transformator. Mesin listrik dinamis yakni mesin listrik yang memiliki bagian yang bergerak, contohnya motor listrik dan generator.

Penjelasan Apa Itu Motor Listrik 


Apa itu motor listrik yakni mesin yang mengkonversi kekuatan listrik menjadi kekuatan mekanik(gerak) untuk melakukan suatu aktifitas contohnya: Menggerakkan pompa dan juga Menggerakan komressor. 

Padahal Generator listrik yakni suatu mesin yang mengkonversi kekuatan menjadi kekuatan listrik contohnya: Generator di PLTA akan menjadikan kekuatan listrik kalau turbin di PLTA dapat digerakkan oleh air. 

Bahwa suatu kekuatan mekanik dari air dapat diubah menjadi kekuatan listrik. Berikutnya yakni Transformator, Transformator adalah mesin listrik yang berfungsi sebagai converter suatu kekuatan listrik (AC), bagus itu dalam arus atau tegangan. 


Pengertian Motor listrik


apa itu motor listrik yakni suatu alat yang merubah kekuatan listrik menjadi kekuatan mekanik. Teladan ini berkebalikan dengan generator listrik. Dalam klasifikasinya menurut sumber tenaganya, motor listrik dibagi menjadi 2 macam, yakni motor AC dan juga motor DC. 

Motor AC yakni motor yang mengaplikasikan arus bolak-balik (Alternating Current) sebagai sumber tenaganya. Padahal motor DC yakni motor yang mengaplikasikan arus paralel (Direct Current). Kedua motor ini memiliki prinsip kerja yang berbeda. Motor AC tak dapat diterapkan pada sumber tegangan DC. Begitupun sebaliknya.

Bagian umum pada motor listrik


Masing masing jenis motor memiliki komponen yang beragam misalnya commutator di motor DC oleh karena itu pembahasan mengenai komponen motor listrik akan dibahas di halaman yang lain. Akan tetapi motor listrik juga mempunyai komponen yang awam. Bagian awam pada motor listrik antara lain:

1. Frame/Housing


Frame ialah casing/penutup pada motor listrik. Frame ini pakai standart guna memudahkan pemasangan terhadap komponen-komponen motor lainnya. Baik dalam segi dimensinya ataupun peletakannya.

2. Rotor


Rotor ialah komponen yang bergerak pada motor listrik. Rotor ini dapat berupa rangkaian shaft dan lilitan konduktor yang akan menciptakan medan magnet sehingga dapat menimbulkan gaya yang dapat memutar shaft.

Artikel Terkait

3. Stator


Stator ialah komponen statis pada motor yang terdiri lilitan konduktor ataupun permanen magnet. Rangkaian stator biasanya memiliki laminasi yang bertujuan guna meminimalisir losses di motor listrik. Sehingga dapat meningkatkan effisiensi motor listrik.

4. Bearing


Bearing ialah komponen yang awam diterapkan pada mesin yang berputar. Bearing ini memeiliki misi guna mengurangi gaya gesek yang diakibatkan oleh perputaran rotor. Apabila rotor bergesekan dengan komponen lainnya, maka hal ini dapat menimbulkan panas pada motor sehingga komponen pada motor dapat saja terbakar/meleleh.

Transformator / Trafo


Transformer atau umum disebut dengan Trafo merupakan suatu mesin listrik yang bertujuan untuk mengubah tegangan pada metode kelistrikan sehingga bisa digunakan pada jenjang yang sama. Misalnya mengubah tegangan 6kV pada generator menjadi tegangan 20kV yang akan digunakan untuk distribusi listrik. 

Selesailah artikel mengenai apa itu motor listrik serta penjelasannya semoga kalian-kalian yang sedang belajar tentang komponen kelistrikan, utamanya snsor ultrasonic ini senatiasa diberi kemudahan serta kelancaran dalam menjalankan aktivitasnya. Sampai ketemu lagi
RELATED POSTS

Be the first comentator!

Comment Policy
Emoticon
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
}D
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
$-)
(y)
x-)
(l)
Use of Tag & Image in Comments
Menggunakan PRE (block element)
[pre] ... [/pre]

Menggunakan CODE (block element)
[code] ... [/code]

Memasukkan IMG (gambar)
[img src='...'/]

Catatan:
  • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
  • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
  • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
HTML Parser
Input:
Output: