Tukang-listrik.com - Artikel ini akan berisi mengenai penjelasan mengenai Apa Itu Sensor Ultrasonik cara kerja, aplikasi, serta rangkaian dasar dari sensor ultrasonik. Penulis berharap tulisan ini dapat dijasikan salah satu referensi ketika pembaca mencari informasi mengenai sensor ultrasonik,

Apa Itu Sensor Ultrasonik

Sensor Ultrasonik yakni alat elektronika yang kemampuannya bisa merubah dari energi listrik diubah jadi energi mekanik dalam format gelombang bunyi ultrasonic. Sensor ini terdiri atas pemancar Ultrasonik yang diberi nama transmitter serta penerima ultrasonik diberi nama receiver. 


Alat ini diterapkan untuk mengevaluasi gelombang ultrasonik. Gelombang ultrasonik yaitu gelombang mekanik yang memiliki cirri-ciri longitudinal dan lazimnya memiliki frekuensi di atas 20 Khz. Gelombong Utrasonic bisa merambat via zat padat, cair ataupun gas. 


Gelombang Ultrasonik yaitu gelombang rambatan kekuatan dan momentum mekanik sehingga merambat via ketiga element tersebut sebagai interaksi dengan molekul dan sifat enersia medium yang dilewatinya.


Apa Itu Sensor Ultrasonik


Ada beberapa penjelasan mengenai gelombang ultrasonic. Sifat dari gelombang ultrasonik yang via medium menyebabkan getaran partikel dengan medium aplitudo sama dengan arah rambat longitudinal sehingga menciptakan partikel medium yang membentuk suatu rapatan atau lazim disebut Strain dan tegangan yang lazim disebut Strees. 


Pelaksanaan lanjut yang menjadikan terjadinya rapatan atau regangan di dalam medium disebabkan oleh getaran partikel secara periodik pada waktu gelombang ultrasonik lainya. Gelombang ultrasonik merambat melewati udara bekecepatan 344 meter/detik, mengenai obyek kemudian memantul kembali kepada Apa Itu Sensor Ultrasonik. 


Seperti yang sudah banyak orang diketahui, gelombang ultrasonik cuma bisa didengarkan oleh makhluk atau hewan tertentu seperti paus serta kelelawar. Kelelawar menggunakan gelombang ultrasonik guna berburu di malam hari, kmudian jika paus menggunakanya guna berenang di kedalaman laut yang sangat gelap. 


Rumus Sensor Ultrasonik


Rumus waktu yang dipakai modul sensor Ping guna mendapatkan pantulan pada jarak tertentu mempunyai rumus S = (tIN x V) : 2. 

 

Artikel Terkait


Rumus Sensor Ultrasonik ini memiliki kerangan sebagai berikut ini. (S) yaitu jarak antara sensor ultrasonik dengan obyek yang terdeteksi. (V) yaitu pesat rambat gelombang ultrasonik di udara dengan kecepatan normal (344 meter per detik) (tIN) yaitu selisih waktu pemancaran dan penerimaan pantulan gelombang. 


Prinsip kerja dari sensor ultrasonik


Pemakaian Apa Itu Sensor Ultrasonik sangat banyak sekali pengaplikasiannya dan hampir menyeluruh pada semua sktor dimulai dari sensor ultrasonik yang mngukur ketinggian air, sensor ultrasonik pakai arduino, sensor ultrasonik dan servo, berbagai rangkaian sensor ultrasonik arduino, serta masih banyak yang lainnya 


Ada 3 prinsip kerja dari sensor ultrasonik yaitu, sinyal dipancarkan via pemancar gelombang ultrasonic. Sinyal yang dipancarkan akan merambat sebagai gelombang bunyi memiliki kecepatan bunyi sepanjang 344 meter/secon. Serta yang terakhir sinyal yang sudah didapatkan akan diproses guna menghitung jaraknya.


Aplikasi Sensor Ultrasonik


Pada bidang kesehatan, gelombang ultrasonik bisa diaplikasikan gunamengamati organ-organ pada tubuh manusia seperti untuk mendeteksi tumo, otak dan menghancurkan batu ginjal. Gelombang ultrasonik juga dimanfaatkan pada alat USG (ultrasonografi) yang awam dipakai oleh dokter kandungan.


Pada ilmu pertahanan, ultrasonik diaplikasikan sebagai radar, di darat ataupun di lautan. Gelombang ultrasonik diaplikasikan kapal pemburu guna mengenal eksistensi kapal selam, dipasang untuk mengetahui kapal yang berada di atas permukaan air, mengevaluasi kedalaman palung laut, serta mendeteksi ranjau.

 

Penutup

 

Demikianlah Penjelasan mengenai Apa Itu Sensor Ultrasonik semoga anda yang sedang belajar tentang komponen kelistrikan, utamanya snsor ultrasonic ini senatiasa diberi kemudahan serta kelancaran dalam menjalankan aktivitasnya. Sampai jumpa

RELATED POSTS

Be the first comentator!

Comment Policy
Emoticon
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
}D
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
$-)
(y)
x-)
(l)
Use of Tag & Image in Comments
Menggunakan PRE (block element)
[pre] ... [/pre]

Menggunakan CODE (block element)
[code] ... [/code]

Memasukkan IMG (gambar)
[img src='...'/]

Catatan:
  • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
  • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
  • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
HTML Parser
Input:
Output: