Cara pasang hendel listrik ke genset manual atau otomatis

Cara pasang hendel genset manual atau otomatis - Sebagian besar orang sekarang sudah memakai genset di rumah atau di pabrik – pabrik besar, Genset di gunakan sebagai pengganti arus listrik dari PLN, karena mungkin kawasan yang kita sering mati lampu atau pemadaman dari Listrik PLN, di saat listrik padam genset bisa di gunakan untuk pengganti aliran listrik di rumah kita atau di tempat lain yang padam.

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara pasang hendel listrik ke genset, mungkin masih banyak orang awam atau pemula di bidang instalasi jadi saya buat artikel ini agar kita bisa sama-sama belajar untuk memasang genset di rumah kita sendiri atau di kantor tempat kita bekerja.

Cara Memasang Hendel Listrik PLN ke Genset Manual


Pertama kita akan belajar cara memasang kabel listrik PLN dan Genset dengan benar dan Aman, biar tidak terjadi konsleting atau arus pendek yang bisa menimbulkan kebakaran karena itu kita harus bener-bener memperhatikan instalasi.

Tutorial Memasang hende



Cara pasang hendel listrik ke genset manual atau otomatis
  • Pertama yang harus anda lakukan sebelum memasang kabel dan hendel genset anda harus mematikan arus listrik dari Pln atau dari genset, Itu sangatlah penting
  • Selanjutnya anda lihat di Hendel Genset yang pastinya ada 3 bagian tempat kita memasang kabel, anda bisa pilih 2 bagian saja karena bagia satunya bisa kita buat untuk cadangan bila bagian salah satu mengalaman kerusakan
  • Dan untuk yang bagian tengah seperti Contoh Gambar di atas itu adalah tempat kabel untuk masuk ke instalasi rumah kita atau tempat yang kita pengen menggunakan genset
  • Untuk terminal yang ada di atas anda bisa memasang kabel yang dari Pln, dan untuk terminal bagian bawah anda bisa memasang kabel dari genset, anda pun bisa menggunakan secara terbalik terminal yang atas dari genset dan yang bawah dari PLN yang terpenting semua itu harus bener-bener di perhatikan dan jangan lupa untuk mengencangkan baut-baut yang berda di terminal hendel
  • Yang terahir untuk pemasangan kabel anda jangan lupa untuk sejajarkan kabel fasa dan netral, jika anda memasang bagian tengah terminal kita pasang posisi kabel fasa di sebelah kanan maka netral di bagian kiri, begitu juga dengan kabel terminal untuk bagian fasa dan netral baik dari PLN maupun dari genset.
Baca Juga  Cara Mengetahui Daya Listrik serta Ilmu Kelistrikan

Contoh Pemasangan Kabel di Hendel Genset

 

  • Jika kabel fasa yg menuju ke instalasi rumah dipasang di sebelah kanan dari terminal tahap tengah, jadi kabel fasa dari PLN serta kabel fasa dari Genset juga wajib dipasang disebelah kanan pada masing-masing terminal, serta kabel netral dipasang disebelah kiri pada masing-masing tahap terminal Handel.
  • Pastikan pemasangan seluruh kabel telah terpasang dengan benar serta kencang (tidak longgar).
  • Pastikan semua kabel telah terpasang dengan benar serta kencangkan, sebelum listrik dinyalakan kembali.

Cara Pasang Saklar Genset Secara Otomatis


Fungsi relay di sini merupakan sebagai switch otomatis yg akan merubah arah jumper dari masukan PLN ke masukan Genset pastinya switch dimaksud memakai magnit. magnit dibentuk dari gulungan (coil) yg diberi tegangan 200v AC. Relay dikendalikan oleh tegangan dari PLN, apabila PLN dalam kondisi menyala jadi relay akan mengarahkan jumper switch ke PLN serta meneruskannya ke jaringan rumah. Sedangkan apabila PLN mati jadi switch akan mengarahkan jumper ke GENSET kemudian genset otomatis nasib dengan bantuan 2 buah kaki pin (s1) yg membuka switch starter Genset serta genset akan nasib serta mengalirkan arus listrik sesuai alur jumper kemudian mengalir ke jaringan rumah.
Cara pasang hendel listrik ke genset manual atau otomatis

dan inilah pin dari socket Relay MK2P kalian tentu dapat memasangnya sendiri yg pastinya di rakit diatas suatu papan kecil
Cara pasang hendel listrik ke genset manual atau otomatis

Pemasangan switch otomatis memakai relay ini khusus buat generator set (genset) yg memakai starter battery (genset aki). Kekurangan dari sistem relay ini merupakan tak adanya sistem delay untuk memberi waktu pada genset melakukan warmup (pemanasan). jadi genset kemungkinan mengalami kejutan alias beban penuh ketika menyala dalam kondisi dingin.

Catatan


Bila anda merasa ragu atau kurang percaya untuk memasang sendiri handel tersebut, sebaiknya anda meminta bantuan teknisi listrik yg sudah berpengalaman untuk memasangnya, bisa juga anda menghubungi kami untuk memasang Hendel Genset untuk wilayah Jabodetabek.

Thursday, March 29, 2018 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar