Inilah Syarat Memasang Listrik Baru yang Wajib Anda Ketahui


Inilah Syarat Memasang Listrik Baru yang Wajib Anda Ketahui. Listrik saat ini termasuk dalam salah satu kebutuhan pokok masyarakat. Listrik digunakan dalam seluruh kegiatan yang dilakukan masyarakat mulai dari penerangan hingga memasak. Di Indonesia sendiri saat ini berlaku 2 jenis listrik yaitu listrik prabayar dan listrik pascabayar.
Inilah Syarat Memasang Listrik Baru yang Wajib Anda Ketahui

Listrik pascabayar merupakan layanan energi listrik yang dibayar pleh masyarakat setelah satu bulan penggunaan terlebih dahulu. Listrik pascabayar ini sudah digunakan sejak bertahun-tahun lamanya. Seiring berjalannya waktu, PT. PLN mulai mengeluarkan program listrik baru yang diberi nama listrik pintar atau yang lebih dikenal dengan listrik token.

Listrik pintar yang sering disebut listrik prabayar dinilai memberikan keuntungan lebih banyak daripada listrik pascabayar.Bagi masyarakat yang ingin menggunakan listrik pintar, syarat memasang listrik baru ini sangat penting untuk diperhatikan. Sesuai namanya, listrik prabayar ini hanya bisa digunakan setelah penggunanya membayar biaya listrik terlebih dahulu sebelum listrik digunakan.

Listrik prabayar ini hampir mirip dengan pulsa pada telepon seluler. Jika pulsa telepon tidak diisi, maka handphonepun tidak akan bisa digunakan. Begitu juga listrik token, jika listrik token ini tidak diisi stroomnya terlebih dahulu maka ia tidak akan bisa digunakan untuk membantu kegiatan sehari-hari.

Untuk memasang listrik baru, ada beberapa persyaratan dan proses yang harus ditempuh oleh masyarakat. Syarat memasang listrik baru ini wajib dipenuhi agar pengguna merasa nyaman saat menggunakan listrik prabayar.

Listrik prabayar ini dianggap memberikan layanan yang lebih mudah dan menguntungkan. Salah satu keuntungannya berkaitan dengan biaya yang harus ditanggung masyarakat. Setelah menggunakan listrik prabayar, pengguna tidak akan terpaku dengan tanggal tagihan perbulan. 

Syarat memasang listrik baru yang pertama kali harus diperhatikan masyarakat berhubungan dengan dokumen kependudukan yang dimiliki. Masyarakat harus menyediakan salinan KTP untuk melakukan pendaftaran ke kantor pelayanan PLN terdekat.

Selain KTP, calon pengguna listrik prabayar juga harus membawa denah atau peta lokasi rumah yang akan dipasangi listrik. Hal ini diperlukan untuk mempermudah petugas saat melakukan survei lapangan. Jika proses pengajuan pemasangan listrik ini bukan dilakukan oleh pemilik rumah asli maka orang yang melakukan pengajuan harus membawa surat kuasa saat mengajukan proses pemasangan ke kantor PLN.

Setelah semua syarat memasang listrik baru tersebut dipenuhi, pengguna harus melengkapi berkas administrasi permohonan baru dan menunggu petugas PLN melakukan survey lapangan ke rumah yang akan dipasang listrik. Proses survey lapangan ini sangat berguna untuk mengetahui informasi teknis yang dibutuhkan seperti jarak rumah ke tiang listrik dan trafo terdekat. Jika proses survey lapangan ini tidak dilakukan, maka sudah dapat dipastikan pihak PLN tidak akan mrmasang listrik di rumah tersebut.

Pemasangan listrik prabayar ini bisa dianggap sebagai transksi jual beli antara masyarakat dengan pihak PLN. Masyarakat yang ingin melakukan pemasangan listrik harus mengeluarkan sejumlah biaya sebagai pengganti perlengkapan listrik yang nantinya digunakan oleh masyarakat tersebut. Biaya yang dibayarkan ini juga termasuk syarat memasang listrik baru yang wajib dipenuhi oleh masyarakat yang ingin memasang listrik.

Pemasangan perangkat listrik akan di lakukan oleh petugas PLN setelah masyarakat menyelesaian seluruh persyaratan dokumen dan biaya yang diperlukan. Biaya pemasangan listrik baru ini meliputi biaya gunaa penyambungan (BP), uang jaminan sebagai langganan (UJL), biaya materai, serta membeli token listrik atau stroom perdana minimal lima ribu rupiah. Rata-rata biaya yang harus dikeluarkan untuk pemasangan listrik baru ini berkisar antara satu hingga satu setengah juta rupiah.

Baca Juga

Selain dengan pengajuan langsung ke kantor PLN, pemasangan listrik baru juga bisa diajukan secara online. Untuk melakukan pengajuan pemasangan listrik baru, masyarakat bisa mengunjungi website resmi PLN dan mengikuti seluruh instruksi yang ada. Syarat memasang listrik baru via online ini hanya satu yaitu pengguna harus mengisi seluruh dana dengan tepat dan membayar biaya pemasangan yang harus dibayar.

Jika data yang diisi saat mengajukan pemasangan secara online, maka pengguna akan menerima notifikasi untuk mengkoreksi data. Untuk melakukan pengajuan pemasangan listrik baru secara online, sangat disarankan agar pengguna memiliki jaringan internet yang stabil agar proses pengajuan bisa dilakukan dalam jangka waktu yang singkat. Jika masyarakat memiliki keluhan atau permasalahan listrik yang mengganggu, masyarakat bisa menghubungi pihak PLN atau bisa menggunakan jasa kami klik di sini.

Itulah beberapan syarat memasang listrik baru serta proses yang harus dijalani saat mengajukan pemasangan listrik baru. Saat akan memasang listrik baru, sangat penting untuk masyarakat mempertimbangkan layanan listrik mana yang sesuai dengan kebutuhan. Seluruh inovasi yang dilakukan pihak PLN bertujuan agar seluruh masyarakat bisa merasakan manfaat listrik. 

Saat manfaat listrik dirasakan oleh seluruh masyarakat, maka aktifitas sehari-hari masyarakat akan lebih terbantu dan beban masyarakat bisa lebih ringan. Bijaklah memilih layanan listrik, karena layanan listrik yang Anda gunakan akan menentukan kestabilan ekonomi Anda.

Friday, August 16, 2019 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar