Penasaran Apa Saja Manfaat Listrik Statis dalam Kehidupan Kita? Berikut Ini Ulasannya!


Penasaran Apa Saja Manfaat Listrik Statis dalam Kehidupan Kita? Berikut Ini Ulasannya! - Sebagian kita mungkin tidak terlalu mengenal apa itu listrik statis dan kegunaanya dalam kehidupan sehari-hari. Listrik statis itu sendiri merupakan ilmu yang mempelajari sifat-sifat listrik dan pengumpulan muatan listrik statis dalam suatu benda.
Penasaran Apa Saja Manfaat Listrik Statis dalam Kehidupan Kita

Sedangkan manfaat listrik statis dalam kehidupan kita sangat berperan dalam segala aspek kehidupan. Penasaran apa saja manfaatnya? Berikut ini ulasannya;

Penggumpal Asap


Akibat adanya listrik statis pencemaran udara tidak akan terjadi. Pengumpal asap yang digunakan oleh pabrik semen, baja, dan industri kimia lainnya yang dapat mengeluarkan banyak asap akan membersihkan partikel-partikel abu akibat dari pembakaran gas sehingga pencemaran udara menjadi berkurang.

Pelat logam dan kawat merupakan komponen dari alat pengumpal. Kerja pengumpal asap ini ialah membuat kawat menjadi bermuatan negatif sehinga abu yang lewat di kawat akan keluar dengan kondisi bermuatan negatif.

Pelat logam pada pengumpal asap bermuatan positif sehingga partikel abu yang bermuatan negatif akan mengumpal sebab pelat logam pada alat ini menarik dan mengumpalkan partikel abu tersebut. Gumpalan yang dihasilkan terbuang ke dasar cerobong sehingga pencemaran udara bisa berkurang.

Mesin Fotokopi


Jika kita berkecipung di dunia kerja atau di dunia pendidikan tentu sangat membutuhkan mesin fotokopi untuk memperbanyak berkas-berkas kerja atau tugas sekolah kita. Alasan inilah mengapa manfaat listrik statis terhadap dua aspek kehidupan kita ini sangat kita butuhkan, khususnya untuk mesin fotokopi.

Mesin foto kopi juga memiliki komponen pelat logam yang sama dengan pengumpal asap. Bedanya pelat logam yang di mesin foto kopi dilapisi selenium yang berada di bagian tengah dan terdapat bubuk hitam halus (toner) di dalam baki pengembangnya. 

Pelat logam pada mesin foto kopi bermuatan positif yang berfungsi menarik partikel bermuatan negatif dari toner tersebut. Pola toner atau bubuk halus berwarna hitam itu kemudian dipindahkan ke atas kertas lalu dipanggang. Proses kerja mesin foto kopi ini terjadi di era 1960-an , sekarang  masih tetap sama hanya saja prosesnya lebih otomatis.

Cat Semprot


Manfaat listrik statis lainnya berguna untuk cat semprot. Adanya gesekan mulut pipa semprot dan udara  dengan butiran cat dari aerosol dapat menghasilkan muatan. Jika benda yang ingin di cat  diberikan muatan yang berbeda dengan hasil gesekan tadi, maka butiran cat akan menempel ke benda tersebut.

Artikel terkait 

Printer Laser


Kita yang terjun di dunia pendidikan dan kerja di kantor pasti juga mengenal dan sangat membutuhkan alat elektronik yang satu ini selain mesin foto kopi, berkas-berkas atau dokumen penting kerjaan dan tugas sekolah kita yang diketik di laptop pasti ada sebagian yang perlu dicetak dengan printer, khususnya printer laser.

Printer laser sudah banyak digunakan dari pada printer inkjet. Karena keunggulan printer laser yang lebih akurat, cepat dan juga ekonomis membuat banyak orang memilih printer jenis ini.

Komponen drum yang bermuatan positif pada printer laser berputar, sedangkan lasernya akan bersinar melintasi permukaan yang tidak memiliki muatan kemudian laser juga membuat gambar pada kertas yang muatannya negatif. 

Kertas tersebut akan melewati fuser kemudian mengalami pemanasan. Sehingga sering kita jumpai kertas yang baru keluar dari mesin printer terasa panas.

Cukup lumayan membantu kehidupan kita sehari-hari bila mengingat beberapa manfaat listrik statis di atas. Perannya yang cukup membantu perindustrian, pekerjaan kantor, serta tugas-tugas kuliah kita. Tentu mempelajari tentang listrik statis ini cukup penting dalam kehidupan kita.

Thursday, June 18, 2020 - tanpa komentar

0 komentar untuk artikel ini. Ingin berkomentar?

Emoticon Emoticon

Perlihatkan Semua Komentar Tutup Semua Komentar