Cegah Tagihan Membengkak dengan Menghemat Listrik – .Kini listrik telah menjadi salah satu unsur yang nyaris tidak bias dipisahkan dari kehidupan umat manusia.  Berbagai sector dan kegiatan mulai dari skala rumah tangga, instansi, kantor dan perkantoran, hingga industri pun membutuhkan listrik gunamenunjang aktivitas dan produksi hariannya.

Cegah Tagihan Membengkak dengan Menghemat Listrik

Pada skala rumah tangga penggunaan utama listrik adalah untuk mencukupi kegiatan dan juga aktivitas penunjang rumah tangga seperti mencuci,memasak,penerangan,hiburan, dan juga sarana untuk kegiatan produktif lainnya seperti bekerja dari rumah. Banyak sedikitnya kegiatan penggunaan listrik di rumah merupakan factor utama yang akan menentukan besar-kecilnya tagihan listrik bulanan Anda.

Apa bila tidak menginginkan tagihan listrik bulanan yang membengkak, maka menghemat listrik merupakan kunci utama yang harus bias Anda lakukan. Ada berbagaicara yang bias digunakan untuk melakukan penghematan listrik agar tagihan tidak jebol. Berikut adalah beberapa tips yang bias Anda coba praktikkan di rumah.

Mematikan Lampu Penerangan Yang Tidak Perlu


Melakukan penghematan listrik salah satunya bias dilakukan dengan mengurangi penggunaan alat-alat listrik yang tidak diperlukan. Terkadang banyak yang tidak menyadari terdapat sejumlah lampu-lampu penerangan baik di dalam maupun luar ruangan yang masih menyala bahkan ketika hari sudah terang. Tentu hal ini termasuk salah satu bentuk pemborosan yang harus di hindari.

Mungkin banyak diantara Anda yang berpikir bahwa itu ‘hanya’ satu atau dua buah lampu saja. Namun apa bila lampu-lampu ini menyala hampir 24 jam setiap hari, maka sudah berapa banyak daya yang dikonsumsi selama 30 hari? Tentu ia bias memberikan sumbangsih yang agak signifikan pada tagihan Anda. Ingat, ini baru lampu. Belum peralatan yang lainnya. Oleh karena itu, mematikan sejumlah peralatan yang tidak diperlukan merupakan langkah penting dalam upaya untuk menghemat listrik dalam jangka panjang.

Gunakan Peralatan Seperlunya Dan Sesuai Kebutuhan


Tips penting berikutnya yang bias digunakan untuk melakukan penghematan konsumsi listrik adalah dengan menggunakan peralatan elektronik sesuai dengan kebutuhan dan seperlunya saja. Sebagai contoh, hanya nyalakan TV jika Anda ingin mencari hiburan. Apabila tidak ingin menontonnya, maka sebaiknya hindari untuk menyalakan televise karena selain bias menaikkan jumlah Kwh Anda, hal ini juga bias menyebabkan tv menjadi lebih cepat rusak.

Jangan Sering Mencuci Dan Menyetrika Bila Menggunakan Mesin Listrik


Tidak bias dipungkiri bahwa mencuci dan menyetrika merupakan komponen yang sangat penting dalam rumah tangga. Tentu Anda tidak akan membiarkan pakaian kotor menumpuk sehingga menghabiskan persediaan pakaian bersih Anda, bukan? Jika Anda termasuk yang mencuci dengan menggunaka nmesin cuci, maka sebaiknya jangan terlalu sering mencuci dalam jumlah yang sedikit.

Mencuci dalam jumlah sedikit dan terlalu sering maka secara akumulatif juga akan bias meningkatkan konsumsi daya listrik Anda yang akan berakibat pada meningkatnya jumlah tagihan bulanan listrik rumah tangga. Pun demikian pula dengan setrika. Sebaiknya tidak melakukan setrika terlalu sering dalam jumlah yang sedikit agar dapat menghemat listrik dan tidak membuat tagihan menjadi bengkak.

Perawatan atau Service Ac


Hal ini juga terkadang kita laei atau sering lupa untuk mengecek ac kita karena hal ini adalah sangat penting juga untuk anda yang mau menghemat listik, karena kalau ac lama tidak di cek atau di service bisa naik amper.

Artikel Terkait



Apaitu naik amper, yang di maksud naik amper di sini adalah contoh Ac 1 Pk yang biasa menggunakan daya 600 -  700 watt kalau naik amper bisa sampai 800 - 900 watt jadi hal ini yang sering membuat tagihan listrik kita membengkak tampa kita sadari.

Menggunakan Tangki atau Tandon air


Penting juga buat kita yang sering menggunakan air dan tidak bisa kita pungkiri kalau memang air bersih adalah kebutuhan kita setiap harinya, jadi kalau kita mempunyai tangki air yang cukup untuk menampung air untuk beberapa hari kita tidak perlu menyalakan pompa air setiap kita membutuhkan air.

Karena kalau kita keseringan menyalakan atau mematikan pompa air itu bisa menaikian atau boros penggunaan listrik kita, jadi saran dari saya anda menggunakan tangki dan hemat penggunaan listrik untuk beberapa hari sekali kita perlu menyalakan pompa air tidak setiap hari.

Biarkan Cahaya Mudah Masuk Ruangan


Tips berikutnya yang bias digunakan untuk melakukan penghematan listrik adalah dengan membiarkan cahaya mudah masuk kedalam ruangan. Hal ini bertujuan agar ruangan tetap bias terlihat terang terutama pada pagi dan siang hari sehingga Anda tidak memerlukan lampu penerang tambahan. Dengan memudahkan cahaya masuk kedalam ruangan, tentu hal ini akan bias mengurangi penggunaan lampu-lampu ruangan terutama pada siang hari yang imbasnya bias menekan pengeluaran bulanan listrik Anda.

Penutup


Demikian lah beberapa tips singkat mengenai cara menghematl istrik yang bias dicoba di praktikkan di rumah. Melakukan penghematan pada konsumsi listrik merupakan hal penting yang perlu dilakukan oleh setiap orang. Tindakan penghematan pada konsumsi listrik maka selain menjadi sarana untuk menekan tagihan listrik Anda setiap bulannya.

RELATED POSTS

Be the first comentator!

Comment Policy
Emoticon
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
}D
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
$-)
(y)
x-)
(l)
Use of Tag & Image in Comments
Menggunakan PRE (block element)
[pre] ... [/pre]

Menggunakan CODE (block element)
[code] ... [/code]

Memasukkan IMG (gambar)
[img src='...'/]

Catatan:
  • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
  • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
  • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
HTML Parser
Input:
Output: