Langkah Mudah Cara Hemat Listrik Token yang Bisa Dicoba – Listrik merupakan salah satu sumber tenaga yang sudah lumrah digunakan oleh masyarakat. Karena tanpanya, aktifitas tidak akan berjalan dengan lancar. Namun, jika peggunaan listrik tidak diawasi dengan baik, maka biaya bulanannya akan naik sehingga membutuhkan dana yang besar untuk pembayarannya. 

Langkah Mudah Cara Hemat Listrik Token yang Bisa Dicoba

Listrik naik disebabkan karena beberapa hal, diantaranya adalah penggunaan item yang memang menyedot daya listrik yang besar, atau karena penggunaan peralatan listrik yang berlebihan. Selain itu, pembelian listrik menggunakan token juga dikenai pajak oleh pemerintah, sehingga besaran kWh yang didapatkan jauh lebih kecil dibandingan dengan harga pembeliannya. 

Agar Anda tidak mengeluarkan biaya yang besar untuk membayarkan tagihan listrk token, berikut merupakan cara hemat listrik token yang bisa Anda coba. Dengan begitu, penggunaanya lebih awet dan tidak cepat habis. 

Gunakan Daya Listrik Sesuai Kemampuan


Daya listrik merupakan hal penting yang sering disepelekan banyak orang. Dua daya listrik paling rendah, yakni 450 VA dan 900 VA sampai sekarang masih mendapatkan bantuan subsidi dari pemerintah, sehingga harganya cukup terjangkau. Kedua listrik tersebut memang diperuntukkan bagi masyarakat yangkurang mampu. 

Dengan begitu, jika Anda menggunakan kedua daya listrik diatas maka besaran kWh yang di dapatkan lebih besar dibandingkan dengan biaya pembeliannya. Berbeda dengan penggunaan daya listrik yang lebih besar, yang mana ia tidak mendapatkan dana subsidi dari pemerintah. Jadi, sebaiknya Anda memilih menggunakan daya listrik sesuai dengan kemampuan. 

Ganti Lampu Rumah dengan LED


Cara hemat listrik token selanjutnya adalah mengganti lampu rumah Anda dengan lampu LED. Dengan begitu, daya yang dibutuhkan jauh lebih rendah dibandingkan dengan jenis lampu normal pada umumnya. Selain itu, lampu LED juga memiliki keunggulan, diantaranya adalah lebih terang, tidak cepat panas, dan menghasilkan warna yang lebih natural. 

Artikel Terkait



Berdasarkan keunggulannya tersebut, bisa disimpulkan bahwa lampu LED tetap bisa bersinar dengan terang walau dengan daya listrik yang kecil. Selain itu, gunakan lampu dengan watt yang rendah untuk tempat-tempat yang sekiranya tidak membutuhkan cahaya terang karena ukurannya yang kecil, seperti kamar tidur ataupun kamar mandi. 

Menggunakan AC Hemat Daya


Jika Anda berencana untuk membeli AC, sebaiknya beli dengan fitur hemat energi dan hemat daya, sehingga pemakaian listrik lebih terjangkau. Tips lainnya adalah membeli AC yang sesuai dengan besaran daya listrik yang dimiliki oleh rumah. Untuk ruangan yang lebih kecil, Anda bisa menggunakan AC dengan ukuran ½ sampai ¾ PK. 

Cara hemat listrik token dengan memakai AC juga tidak sulit untuk di aplikasikan, yang penting Anda tidak terlalu boros dalam menggunakannya. Ruang yang lebih luas, seperti ruang tamu bisa Anda gunakan AC dengan ukuran yang lebih besar, dari ukuran 1 hingga 1,5 PK. Jangan lupa matikan AC jika sudah tidak diperlukan untuk menjaga penggunan listrik tetap hemat. 

Selain ketiga cara diatas, terdapat cara lain yang bisa Anda praktekkan, misalnya saja dengan menggurangi penggunaan mesin cuci. Seperti yang telah diketahui, penggunaan mesin cuci bagian pengering memerlukan daya listrik yang cukup besar. Jika di musim kemarau, sebaiknya panaskan pakaian dengan cara yang alami di bawah matahari.

Demikianlah langkah sederhana yang bisa Anda gunakan untuk melakukan cara hemat listrik token. Dengan melakukan banyak kegiatan secara manual, bijak dalam penggunaan peralatan listrik, dan menggantinya dengan daya yang lebih rendah bisa membuat listrik token Anda lebih hemat.

RELATED POSTS

Be the first comentator!

Comment Policy
Emoticon
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
}D
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
$-)
(y)
x-)
(l)
Use of Tag & Image in Comments
Menggunakan PRE (block element)
[pre] ... [/pre]

Menggunakan CODE (block element)
[code] ... [/code]

Memasukkan IMG (gambar)
[img src='...'/]

Catatan:
  • Isi ... pada tag PRE dan CODE dengan kode yang ingin dimasukkan
  • Isi ... pada tag IMG dengan link gambar yang ingin ditampilkan
  • Parse terlebih dahulu kode yang ingin dimasukkan pada tab sebelah kanan (☷), caranya yaitu masukkan kode yang ingin diparse ke dalam box input, lalu hasil parse akan muncul pada box output
HTML Parser
Input:
Output: